Jasa rental mobil telah ada sejak lama dengan menyediakan berbagai layanan yang dapat menjadi pilihan. Akan tetapi, antara satu layanan jasa dengan layanan jasa lainnya tidak menyediakan pilihan yang sama.

Oleh karena itu, sebelum Anda menggunakan sebuah layanan jasa, Anda harus benar-benar meneliti mengenai seluk-beluk mulai dari perusahaan hingga jasa yang mereka tawarkan.

Hal ini akan dapat menghindarkan Anda dari berbagai permasalah baik dengan perusahaan layanan maupun jasa yang mereka tawarkan.

Rental Mobil Lepas Kunci

Sebagian besar rental mobil, memiliki layanan jasa sewa mobil dengan driver. Akan tetapi, beberapa layanan jasa rental mobil lainnya juga memiliki layanan dengan sistem lepas kunci. Rental mobil lepas kunci dapat membuat Anda merasa bebas berkendara tanpa merasa sungkan kepada driver.

Rental mobil lepas kunci adalah menyewa mobil tanpa sopir atau driver. Layanan seperti ini dapat memberikan Anda berbagai manfaat. Seperti tarif lebih terjangkau, karena Anda tidak perlu menambah biaya yang dikhususkan untuk sopir, perjalanan Anda menjadi lebih privat, Anda pun dapat mengelola waktu yang Anda punya semau Anda. Selain itu, Anda juga dapat beraktivitas dengan lebih nyaman di dalam mobil dan menghemat kursi, karena Anda tidak perlu menyisihkan satu kursi untuk sopir.

Biasanya, perusahaan yang memberlakukan persewaan lepas kunci memiliki persyaratan yang lebih ketat dibandingkan persewaan mobil pada umumnya. Persyaratan ini tentunya tidak paten dan tidak sama antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya.

Umumnya, mereka akan meminta Anda untuk menunjukkan sejumlah dokumen seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), KTP, Surat Izin mengemudi (SIM), fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan, dan fotokopi tagihan listrik. Beberapa dokumen ini akan dapat meyakinkan perusahaan bahwa Anda tidak akan menjual, menggadaikan, hingga membawa kabur armada mereka.

Baca juga: Keunggulan Mobil Toyota Alphard untuk Acara Penting

Tips Memilih Jasa Rental Mobil

Rental Mobil
Sumber: Pexels

Terdapat sejumlah tips yang bisa Anda ikuti untuk menjadi panduan sebelum Anda menjatuhkan pilihan kepada salah satu layanan jasa rental mobil.

Reputasi Perusahaan Rental Mobil

Selama pemasaran, perusahaan mungkin memperlihatkan sisi baik yang mereka punya, tetapi hal tersebut bukan menjadi ukuran yang serta merta Anda langsung menjatuhkan pilihan kepada mereka.

Periksa berbagai ulasan untuk meyakinkan Anda bahwa perusahaan mereka memiliki reputasi baik. Mulai dari ulasan online seperti sosial media, blog, menghubungi nomor perusahaan, hingga pendapat orang-orang di sekitar Anda.

Tanyakan kepada orang-orang di sekitar Anda apakah mereka pernah menggunakan perusahaan rental mobil tersebut. Jika mereka pernah menggunakan layanannya, kemudian tanyakan pendapat mereka, kekurangan serta kelebihan dari perusahaan rental tersebut.

Harga Sewa Mobil

Tips kedua, pastikan bahwa Anda menyewa sebuah mobil yang pas dengan biaya yang sudah Anda anggarkan. Jangan pernah terkecoh untuk mendapatkan harga yang murah, karena Anda mendapatkan mobil bagus. Begitu juga dengan harga yang mahal, karena Anda mendapatkan fasilitas super mewah.

Anda bisa meluangkan waktu untuk membandingkan beberapa harga antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Biasanya, harga sewa mobil dapat diukur dari jangka waktu penyewaan, kilometer, atau bahkan ukuran jam.
Untuk menghemat keuangan Anda, carilah perusahaan yang memiliki ukuran jarak tempuh tak terbatas dan menyertakan asuransi saat kendaraan di sewa.

Opsi Jenis Mobil

Sebelum memutuskan untuk memilih layanan jasa rental, Anda perlu mengetahui mobil apa yang Anda butuhkan. Hal ini bisa Anda pertimbangkan dengan mengukur berapa banyak orang yang akan ikut dalam perjalanan Anda, apakah Anda akan menempuh perjalanan yang cukup jauh, bagaimana karakteristik jalanan yang akan Anda lalui, apakah semua beraspal, berbaru, berpasir, dan lain sebagainya.

Jika Anda dapat mengukur dari berbagai sisi, maka Anda akan bisa mendapatkan kendaraan yang pas dan menguntungkan bagi Anda.

Baca juga: 7 Rekomendasi Mobil Mewah untuk Keluarga

Ekstra Layanan Rental Mobil

Rental Mobil
Sumber: Pexels

Biasanya, beberapa perusahaan rental mobil memiliki layanan ekstra seperti menyediakan alat GPS, wifi portable, air minum gratis, driver tambahan, opsi asuransi, jemput bandara, dan lain sebagainya. Anda bisa menanyakan kepada perusahaan untuk memperjelas mengenai layanan ekstra ini. Apakah layanan ekstra ini memerlukan biaya tambahan atau tidak.

Pengetahuan Perusahaan Tentang Armada Mereka

Pilihlah perusahaan yang mengerti tentang armada mereka. Dengan begitu, Anda bisa terbantu dan mendapatkan armada kendaraan yang cocok untuk perjalanan Anda. Mereka bahkan harus dapat menjelaskan mengenai lalu lintas di daerah tersebut dan bahkan memberikan rekomendasi tempat wisata pada daerah tersebut.

Akreditasi Rental Mobil

Periksalah apakah layanan jasa perusahaan rental mobil yang akan Anda pakai adalah bisnis yang telah terdaftar dan beroperasi secara legal. Untuk memastikan hal ini, Anda bisa langsung menanyakan kepada staf mereka. Hal ini dikarenakan kelegalan sebuah perusahaan sangat penting dan dapat menjadi sebuah masalah jika perusahaan yang Anda pilih adalah bisnis illegal.

Baca juga: 6 Tips Sebelum Melakukan Rental Mobil di Jakarta

Jasa Rental Mobil Jakarta

Apabila Anda sedang berada di Jakarta, mungkin Anda memiliki berbagai pilihan opsi untuk merental mobil. Akan tetapi, perusahaan Big Benjaya merupakan perusahaan yang dapat memberikan Anda layanan paling baik dengan layanan prima dan legalitas terpercaya. Mereka bahkan sudah terpercaya dan berpengalaman dalam melayani event dan group besar sejak tahun 2005. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi Big Benjaya saja untuk menemani perjalanan Anda.


Author

%d bloggers like this: