Indonetwork, Elektronik – Memiliki properti atau tempat bisnis khususnya di area kota besar tentu tidak mudah. Maraknya tindak kejahatan dengan berbagai cara membuat masyarakat bingung akan menindak kejahatan yang semakin merajalela. Dahulu penggunaan CCTV Panasonic Jakarta hanya dilakukan pada kantor pusat swasta maupun fasilitas negara yang perlu dijaga ketat, akan tetapi saat ini semua orang dapat memasang teknologi ini sebagai fasilitas pengamanan.

Teknologi CCTV Panasonic Jakarta tentu sudah banyak diminati setiap konsumen. Merek besar ini sudah terkenal kualitasnya baik sebagai barang elektronik rumahan maupun kamera digital. Akan tetepi sebelum Anda menggunakan CCTV sebagai pengamanan fasilitas, Anda perlu tahu tips memasang CCTV  yang efektif sebagai perangkat keamanan.

Alasan Penting Harus Pake CCTV di Jakarta

Seiring perkembangannya waktu pemasangan CCTV (Closed Circuit Television) sudah banyak menjadi kebutuhan di berbagai kota besar di Indonesia. Maraknya tindakan kejahatan baik dari pihak eksternal maupun internal bagi pelaku usaha terkadang tidak terkontrol dengan baik, bahkan pemasangan CCTV di Jakarta sendiri menjadi syarat wajib yang dilakukan pengelola perkantoran.

Pemasangan fasilitas ini dapat Anda maksimalkan pada seluruh area guna mendapatkan keuntungan seperti:

1. Pengawas Keamanan

Fungsi utama dari fasilitas ini adalah sebagai pengawas keamanan untuk memantau dan merekam segala aktivitas yang terjadi di suatu lokasi selama 24 jam tanpa henti. Jika sesuatu terjadi pada area yang tidak bisa Anda awasi secara langsung, maka CCTV mampu merekam sekaligus menampilkan video secara live sehingga Anda tetap bisa memantau kondisi suatu tempat.

2. Mencegah Terjadinya Kejahatan

Terkadang pemasangan CCTV di area yang terlihat oleh orang lain berguna untuk mencegahnya terjadi kejahatan. Sang penjahat yang melihat ke lokasi penempatan kamera akan memiliki risiko ketahuan dan tertangkap pada kamera CCTV. Penjahat bahkan orang yang sedang Anda awasi akan merasa sungkan untuk melakukan tindakan yang tidak dikehendaki.

3. Bukti Kasus Hukum

Ketika Anda berhasil menangkap pelaku kejahatan, maka video CCTV dapat digunakan sebai bukti akurat untuk kasus hukum seseorang. Oknum kejahatan tidak akan bisa mengelak bahkan tidak mungkin lepas dari jeratan hukum ketika Anda memiliki bukti visual nyata.

4. Memberikan Rasa Aman

Rasa aman yang dirasakan oleh pelaku usaha atau pemilik properti, dirasakan ketika pemasangan CCTV dapat mencegah terjadinya kejahatan. Penjahat akan mudah tertangkap ketika melakukan kejahatan karena pergerakannya dapat terpantau monitor.

5. Monitor Kegiatan

Monitoring kegiatan dari kamera CCTV dapat terpantau melalui banyak media seperti komputer maupun ponsel. Sehingga Anda tetap dapat mengaksesnya secara fleksibel dimana saja dan kapan saja. Anda tidak perlu hadir ke suatu tempat untuk melihat pergerakan orang sekitar, karena dalam satu monitor Anda dapat memantau banyak lokasi yang terpasang CCTV diwaktu yang bersamaan.

Bisa Anda bayangkan ketika properti atau investasi Anda tidak dijaga dengan maksimal oleh pemasangan CCTV dengan baik. Akibatnya risiko kejahatan akan semakin meluas tanpa adanya pengawasan dan rasa khawatir dari pelaku kejahatan. Sebab itu banyak orang yang meningkatkan keamanannya menggunakan CCTV yang dapat dipantau dengan fleksibel.

Tips Pasang CCTV Pada Lokasi Bisnis
Sumber: Istockphoto

Tips Pasang CCTV Pada Lokasi Bisnis

CCTV memiliki beragam jenis dan bentuk yang dapat Anda sesuaikan dengan fungsinya, beda bentuk alat juga dapat mempengaruhi letak pemasangan. Maka dari itu sebelum proses pembelian Anda harusnya telah mengetahui lokasi pemasangan yang strategis baik pada rumah maupun toko Anda.

Setelah memilih CCTV yang tepat sesuai kebutuhan dan budget maka tahap selanjutnya Anda dapat memasang produk pada berbagai lokasi yang dikehendaki. Berikut tips yang perlu dipertimbangkan:

1. Posisikan CCTV di Sudut yang Tersembunyi

Pastikan Anda meletakkan CCTV di area sudut atau lokasi yang tersembunyi yang tidak mudah ditemukan orang lain. Hal ini berfungsi supaya kamera tidak mengganggu aktifitas orang lain, dan orang lain bisa berperilaku seperti biasanya tanpa harus merasa terus diawasi. Begitupun ketika ada orang jahat yang mencoba masuk ke dalam rumah, mereka tidak akan mudah menemukan CCTV untuk mengambil dan merusaknya.

2. Atur Ketinggian CCTV di Posisi yang Pas

Pemasangan CCTV di area yang lebih tinggi, tentu akan memperluas daya jangkauan yang mampu ditangkap kamera pengintai. Akan tetapi hasil resolusi gambar yang ditangkap juga akan semakin berkurang alias buram. Sebaiknya letakkan CCTV di area yang pas dengan pencahayaan yang jelas untuk mendapatkan gambar yang lebih efisien.

3. Pastikan Perangkat CCTV Tetap Aman

Selain untuk melindungi properti Anda, pastikan pemasangan CCTV juga ditempatkan pada lokasi  yang aman. Umumnya jika Anda menginginkan CCTV outdoor maka terdapat spesifikasi khusus yang harus dipenuhi seperti anti air dan dilengkapi dengan pelindung topi agar tidak terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung. Pemasangan alat ini juga sebaiknya dapat terhindar dari serangga yang dapat merusak komponen

4. Teliti Ketika Memasangkan Kabel

Pemasangan kabel tentu harus dilakukan dengan cerdik agar tidak mudah terlihat dan membuat area pemasangan terasa berantakan, biasanya kabel akan ditutupi dengan papan gypsum untuk mengelabui orang yang berlalu lalang. Namun saat ini terdapat CCTV yang telah dibekali kemampuan wireless sehingga tidak perlu melibatkan kabel yang banyak.

5. Perhatikan Kapasitas Penyimpanan Rekaman Video

Biasanya kapasitas penyimpanan CCTV Panasonic beragam tergantung kebutuhan yang Anda beli.Video rekaman mampu menyimpan hingga 30 hari sebelum nantinya video akan terhapus dengan sendirinya, karena ruang penyimpanan akan digunakan untuk video selanjutnya.

6. Lakukan Perawatan Supaya Awet

Jika Anda telah memasang CCTV pada lokasi yang diinginkan, jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan cara membersihkan komponen kamera secara rutin dan memeriksa tata letak yang diinginkan agar tidak berubah posisi.

Rekomendasi Produk CCTV Panasonic

Banyak konsumen yang telah menggunakan fasilitas CCTV khususnya di daerah Jakarta baik pada area rumah maupun tempat usaha. Para konsumen merekomendasikan CCTV Panasonic Jakarta sebagai pilihan utama dalam menjaga keamanan properti Anda karena fiturnya yang lengkap dan canggih serta tersedia dalam banyak variasi model sesuai keinginan Anda.

Jika Anda ingin melakukan instalasi CCTV Panasonic Jakarta, maka Citra Karya Teknik dapat membantu perusahaan Anda untuk lebih aman dan terjaga dengan baik.  Merk CCTV Panasonic tentu telah dikenal luas oleh masyarakat sehingga kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Tentunya Citra Karya Teknik juga akan memberikan harga terbaik sesuai dengan budget Anda.


Author

%d bloggers like this: