Teknologi mengalami perkembangan yang sangat signifikan, termasuk pada perangkat kamera CCTV. Sekarang kamera ini bisa dikoneksikan dengan HP dengan WiFi saja. Apalagi cara menghubungkan CCTV ke HP melalui WiFi dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Dengan menggunakan HP, kita dapat memantau keadaan di sekitar CCTV dengan mudah. Kita tidak akan terpaku lagi pada layar monitor, namun melalui HP yang menjadi perangkat sering dipakai.

Pengaturan Kamera CCTV ke HP

sebelum kami berikan cara menghubungkan CCTV ke HP melalui WiFi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kamera CCTV terpasang Dengan Benar

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pastikan bahwa kamera CCTV telah terpasang dengan benar. Pasang kamera dengan sudut dan tinggi yang Anda inginkan. Dengan begitu kamera bisa memantau area yang menurut Anda memerlukan pengawasan ekstra.

Jika ruangan Anda berlantai, Anda bisa memasang kamera CCTV di bagian teratas anak tangga atau dinding paling atas. Sehingga kamera bisa lebih mudah untuk memantau lantai di paling bawah. Aktivitas yang berlangsung juga dengan mudah terpantau.

Baca juga: Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara Atau Tidak

2. CCTV dan DVR Dalam Keadaan Menyala

Pastikan juga kalau kamera CCTV dan DVR dalam kondisi menyala tanpa gangguan. DVR sendiri berfungsi untuk menyimpan dan mengolah rekaman kamera.

Untuk kamera CCTV yang dipakai pastikan memakai IP Camera atau Internet Protocol. Sehingga CCTV dapat terkoneksi dengan jaringan internet dan HP.

Sekarang ini telah ada DVR yang telah dilengkapi dengan port LAN atau Ethernet. Sehingga akan mempermudah Anda untuk menghubungkan DVR pada IP atau TCP. DVR juga bisa langsung terhubung dengan jaringan internet.

Cara Menghubungkan CCTV Ke HP Melalui WiFi

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk menghubungkan CCTV ke HP melalui WiFi. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Koneksikan CCTV dengan Internet

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan CCTV dengan internet. Ada dua cara supaya DVR CCTV dapat diakses melalui HP dengan memakai internet.

Cara pertama yaitu dengan memakai fitur Cloud Access P2P yang dapat mempermudah penggunanya melakukan akses tanpa IP Publik. Cara kedua yaitu dengan Dynamic Domain Name Server (DDNS). Namun pengguna harus punya IP publik.

Baca juga: CARA PASANG CCTV TANPA DVR DENGAN MEMAKAI MICROSD

2. Menghubungkan DVR dengan Server Relay

Supaya DVR dapat terhubung dengan server relay, DVR harus terkoneksi terlebih dahulu dengan jaringan internet. Kemudian aktifkan fitur Cloud Access P2P. Anda dapat memakai aplikasi CMS atau VMS yang juga terhubung dengan jaringan server relay.

Namun menghubungkan DVR melalui cloud access P2P jauh lebih mudah dan aman. DVR tidak akan terkena scan bot hacker dan tidak bisa dihack secara langsung oleh pengguna lain.

Login terlebih dahulu ke DVR sebagai admin, lalu tap menu untuk mengatur Cloud Access P2P. Pilihan ini umumnya ada pada bagian “Network: dengan nama platform access atau Cloud P2P Setting.

Nantinya Anda akan diminta verification code dimana kode tersebut dapat dipakai untuk menambahkan DVR ke aplikasi CMS dengan fitur Cloud P2P.

Jika DVR telah terkoneksi dengan internet lalu ada perubahan Register Status menjadi online dalam 1 hingga 2 menit. Anda tinggal refresh halaman untuk cek status tersebut.

Setelah itu install aplikasi VMS/CMS yang berasal dari vendor yang Anda miliki. Kemudian pilih opsi Tool dan beralih ke Device Management, kemudian klik Tab Server. Kemudian pilih Add New Device Type dan centang pada device yang akan Anda pakai, lalu klik OK.

Jika sudah berhasil login, klik Add Device dan masukkan kode serial number yang telah Anda miliki. Setelah itu masukkan kode verifikasi yang telah Anda buat sebelumnya lalu klik OK.

Jika serial yang Anda masukkan benar, maka akan muncul list device yang sesuai dengan model dna serial. Jika cara ini telah berhasil, maka Anda bisa memantau aktivitas CCTV melalui HP.

Baca juga: CARA CONNECT CCTV KE HP DENGAN MUDAH

Itulah cara menghubungkan cctv ke hp melalui wifi yang dapat Anda pakai. Kami sarankan pilih merk CCTV yang sudah bisa koneksi dengan HP seperti Panasonic. Anda bisa membelinya di toko yang  jual cctv panasonic jakarta, salah satunya Akses Citra.


Author

%d bloggers like this: