Indonetwork, Otomotif – Kendaraan merupakan aspek utama dalam melakukan perjalanan, memiliki kendaraan pribadi tentu dapat mempermudah mobilitas setiap orang khususnya di Jakarta baik untuk acara keluarga atau bepergian lainnya, namun tidak semua orang memiliki kondisi finansial yang baik untuk membeli mobil yang cukup mahal. Sehingga terciptalah jasa rental mobil Jakarta yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Berikut dibawah ini informasi yang harus Anda ketahui mengenai syarat, ketentuan dan tips sebelum melakukan rental mobil agar kedua belah pihak tidak merasa dirugikan.

Syarat dan Ketentuan Dalam Sewa Mobil

Tentunya setiap pemilik rental mobil di daerah tertentu menawarkan persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda, baik dilihat dari waktu peminjaman mobil, keluar kota atau tidak hingga jenis mobil yang akan Anda pinjam. Hal ini berguna untuk mempermudah baik peminjam maupun pemilik usaha rental. Umumnya Anda juga dapat menentukan pada pihak rental untuk menyediakan supir tambahan ataupun tidak.

Berikut dibawah ini beberapa persyaratan umum yang harus dipatuhi oleh peminjam, yaitu:

1. Syarat Sewa Mobil

Sebelum Anda menyewa sebuah mobil tentu terdapat persyaratan yang harus Anda lakukan, dan biasanya persyaratan tersebut harus disepakati oleh kedua belah pihak dengan menandatangani sebuah dokumen resmi. Semakin lama durasi Anda meminjam suatu mobil, maka akan semakin banyak persyaratan yang harus Anda patuhi. Biasanya jasa rental mobil Jakarta menyediakan penyewaan dalam hitungan jam, hari maupun bulanan.

Sebelum deal dengan pihak penyewa, pihak peminjam harus mempersiapkan dokumen, berupa:

  • Mengisi formulir biodata penyewa
  • Fotokopi bukti kepemilikan rumah atau tempat tinggal
  • Fotokopi PBB
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi KTP, KK, Pasport atau KITAS (pemohon dan penjamin)
  • Bersedia untuk kami survey alamat dan tempat tinggal anda
  • Memiliki penjamin
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • Pas foto 4 x 6 atau gambar diri lainnya
  • Fotokopi rekening tabungan/koran 3 bulan terakhir
  • Membayar uang deposito sebagai jaminan asuransi dan uang ini akan dikembalikan pada akhir sewa.
Syarat dan Ketentuan Dalam Sewa Mobil
Sumber: Istockphoto

2. Ketentuan Sewa Mobil

Jika persyaratan dokumen telah diserahkan dan Anda telah mendapatkan izin peminjaman dari pihak rental, maka tahap selanjutnya Anda harus memahami ketentuan selama meminjam mobil rental, seperti:

A. Jangan sampai mobil memiliki kelebihan muatan,

Muatan yang dimaksud bisa saja berupa penumpang atau barang, terlebih jika mobil penumpang yang digunakan dengan ukuran kecil Anda gunakan untuk memuat benda yang berat. Hal ini tentu akan membuat mobil lebih cepat rusak karena suspensi dan rem mobil akan bekerja secara tidak maksimal karena tidak mampu menahan beban yang berlebih.

B. Perhatikan kebersihan pemakaiannya

Jagalah kebersihan mobil, karena setelah digunakan, ada kemungkinan orang lain akan menyewa mobil itu lagi, sehingga Anda himbauan untuk jangan buang sampah sembarangan, jangan makan berat di dalam mobil serta hindari adanya risiko cairan yang tumpah, karena hal ini dapat membuat karpet mobil menjadi lembab.

C. Jangan mengemudi secara ugal-ugalan.

Hal ini berkaitan dengan reputasi mobil yang Anda gunakan dan keselamatan pengendara dan mobil selama perjalanan.

D. angan memodifikasi mobil

Mobil yang Anda gunakan harus kembali seperti keadaan awal, baik fasilitas interior maupun eksterior mobil. Anda juga tidak diizinkan untuk memodifikasi tanpa seizin pihak rental.

E. Perhatikan detail kendaraan

Sebelum Anda mengembalikan mobil pada jasa rental, sebaiknya pastikan tidak ada interior mobil yang Anda ambil ataupun eksterior yang rusak setelah jangka pemakaian.

F. Dilarang menggunakan mobil untuk kegiatan apapun yang melanggar hukum Republik Indonesia.

Hal ini dalam arti mobil tidak boleh cacat akan hukum seperti diguanakan oleh teroris ataupun mengantarkan jenis narkotika tertentu.

G. Jangan melebihi batas waktu peminjaman yang telah disepakati

Terakhir kembalikan mobil tepat waktu, karena jika hal ini terjadi Anda akan diberikan sanksi pembayaran oleh pihak rental sesuai durasi jam yang berlebih.

Tips Melakukan Rental Mobil

Tips Melakukan Rental Mobil
Sumber: Istockphoto

Sebelum Anda memilih mobil pada jasa rental mobil Jakarta, ada baiknya untuk memperhatikan tips dibawah ini agar tidak menimbulkan kerugian bagi pihak penyewa baik secara finansial dan keselamatan keluarga Anda, seperti:

1. Ketahui Kebutuhan Anda

Jika penumpangnya berkisar 2-3 orang, pilihlah bentuk mobil yang berukuran kecil agar biaya rental juga tidak begitu mahal. Selain digunakan untuk penumpang yang lebih sedikit mobil kecil jenis Alya, Jazz dan jenis sedan lainnya diminati konsumen, khususnya jika hanya perjalanan dalam kota saja.

2. akukan Survey Harga Mobil dan Tentukan jasa rental yang Aman

Tentu setiap pihak rental mobil memiliki kualitas mobil yang berbeda dan perawatan yang berbeda. sehingga aspek ini yang menjadi penentu harga rental mobil. Sebelum menentukan pilihan jenis mobil, sebaiknya lakukanlah survey pada beberapa rental mobil terpercaya untuk mendapatkan kualitas mobil terbaik dengan harga yang sesuai budget Anda.

3. Periksalah Kondisi Mobil yang Dipilih

Setelah menentukan jenis mobil yang Anda inginkan, periksalah kondisi mesin, bahan bakar dan fungsi lainnya. Bahkan jika pihak rental mengizinkan lakukan test drive terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi mobil saat di perjalanan,

4. Pahami Persyaratan yang Diberikan Pihak Rental

Tentu setiap jasa rental mobil memiliki syarat dan ketentuan yang harus Anda pahami, hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dari pihak penyewa maupun yang disewakan. Perlu Anda ketahui, setiap rental juga menawarkan standar persyaratan yang berbeda.

5. Bijaklah Dalam Menggunakan Mobil Rental

Saat Anda menggunakan mobil rental perhatikan kebersihan dan pemakaiannya. Ingat Anda hanya meminjam secara sementara pada pihak rental dan setelah mobil dikembalikan kemungkinan mobil akan digunakan oleh orang lain lagi.

Baca juga: KEUNGGULAN MOBIL TOYOTA ALPHARD UNTUK ACARA PENTING

Rekomendasi Jasa Rental Mobil Jakarta

Setelah Anda memahami syarat dan ketentuan proses jasa rental mobil Jakarta, Anda juga harus memahami dan memperhitungkan harga yang ditawarkan jasa rental mobil supaya tidak mudah ditipu. Setiap mobil rental tentu memiliki tarif harian yang berbeda-beda tergantung kondisi mobil dan tipe mobil yang Anda pilih. Semakin besar ukuran mobil dan tipe mobil yang digunakan pun semakin mewah maka harga perjamnya sendiri akan semakin mahal. Terlebih lagi jika Anda menggunakannya pada hari libur nasional dan libur mingguan.

Jasa rental mobil berkualitas dapat Anda temukan di Big Benjaya yang menyediakan berbagai pilihan tipe mobil di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Malang, Solo, Semarang. Perusahaan ini cukup berpengalaman dalam proses rental mobil yang mudah jangan takut masalah harga sewa karena Big Benjaya dapat memberikan harga spesial yang fantastis pada Anda.


Author

%d bloggers like this: