Indonetwork, Elektronik – Semakin majunya zaman, semakin pesat juga pembangunan, baik rumah, perusahaan, infrastruktur, ataupun industri. Tidak sedikit masyarakat membutuhkan kamera CCTV sebagi alat bantu pengawasan yang mereka pasang di sudut-sudut tertentu apalagi di sudut-sudut perkotaan terutama Jakarta. Selain  menjamin keamanan dari tindakan kriminal, perangkat ini juga berperan sebagai alat pantau apabila terjadi kecelakaan kerja atau kejadian lainnya. Sekarang ini sudah banyak berbagai jenis dan merk kamera pengaman yang disesuakan dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya yaitu CCTV panasonic yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Lalu apa saja keuntungan yang Anda dapatkan dari pemasangan CCTV Panasonic Jakarta?

Manfaat Memasang CCTV Panasinic Jakarta

Pemasangan kamera pengawas memberi banyak manfaat bagi masyarakat. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi alasan Anda kenapa perlu memasang CCTV:

1. Alat Bukti Pelaporan

Jika terjadi hal buruk di rumah, kantor, atau tempat industri, CCTV akan membantu Anda untuk melacak pelaku. Kejadian tersebut misalnya berupa pencurian dan perampokan. Rekaman yang dihasilkan akan menjadi bukti pelaporan Anda untuk diserahkan ke pihak yang berwajib.

2. Memonitor kehadiran orang yang datang

Pemasangan alat ini akan membantu Anda untuk memonitor kehadiran seseorang. Bahkan hal tersebut bisa dilakukan jika Anda tidak sedang di rumah. Tindak kejahatan kadang terjadi seketika tanpa rencana. Dengan kamera pengaman Anda bisa mengawasi gerak-gerik orang yang datang.

3. Membantu mencari barang yang hilang

Tidak sedikit orang lupa meletakkan barang berharga di rumah sendiri atau tempat-tempat yang familiar. Tentu saja itu terjadi karena ceroboh atau justru sengaja. Bagi Anda yang  sering lupa, sangat perlu untuk memasang kamera di tempat Anda sibuk beraktivitas, seperti kamar dan ruang kerja. Ini akan menjadi salah satu solusi jika terjadi kehilangan barang.

4. Meminimalisir Biaya asuransi rumah dan industri

Selain mencegah risiko kejadian buruk, Anda juga bisa menjadi lebih hemat karena meminimalisir biaya asuransi. Dengan adanya barang kecil ini, banyak manfaat yang didapatkan, termasuk tingkat keamanan yang tinggi.

5. Memangkas biaya keamanan

Dengan memasang kamera pengaman, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk petugas keamanan. Hal itu tidak lain karena CCTV mampu memonitor setiap sudut rumah Anda. Bagi perusahaan atau industri besar, petugas keamanan justru akan sangat terbantu untuk memantau dengan mudah aktivitas dari gambar yang terekam.

6. Mengintimidasi niat buruk seseorang

Jika Anda memasang perangkat kamera, maka akan mengurangi kemungkinan seseorang untuk melakukan tindak kejahatan. Orang tersebut tahu sedang diawasi, dan apabila tetap dilakukan, akan membahayakan identitasnya. Ini membuktikan bahwa perangkat keamanan bisa mempengaruhi penjahat untuk mengurungkan niat buruknya.

7. Memonitor aktivitas di rumah

Bagi Anda yang bekerja atau  sering beraktivitas di luar, perangkat ini akan sangat membantu untuk memantau keselamatan orang-orang di rumah. Apabila Anda juga tipe seseorang yang mudah rindu, Anda bisa mengecek aktivitas orang-orang tersayang melalui aplikasi di smartphone Anda. Namun, ini hanya berlaku untuk CCTV yang dilengkapi dengan tautan wifi.

Baca Juga: Cara menghubungkan CCTV ke HP melalui Wifi dengan mudah

Tips memilih CCTV untuk rumah dan industri

Jual CCTV Panasonic Jakarta
Sumber: Patekno.com

Penting sekali bagi Anda untuk memilih CCTV sesuai kebutuhan. Sebelum membeli, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya barang yang Anda dapat tidak keliru:

1. Ketahui jenis CCTV

Pada dasarnya ada dua jenis kamera CCTV yang banyak diketahui yaitu, kamera analog dan kamera wifi atau IP.  Kamera analog umunya digunakan untuk merekam gambar dengan durasi yang panjang. Pemasangannya sendiri sering dijumpai di outdoor, seperti depan rumah, gang, dan pinggir jalan. Perangkat ini terdiri dari kamera dan monitor khusus yang dihubungkan dengan catu daya.

Sedikit berbeda dengan Kamera wifi. Kamera jenis ini terhubung melalui jaringan internet. Anda bisa melakukan pengecekan lebih fleksibel melalui aplikasi ponsel. Dengan begitu, Anda perlu memastikan kestabilan internet yang terhubung dengan kamera dan aplikasi. Untuk ukuran memori penyimpananya juga variatif, dan sudut pandangnya pun bisa diatur sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 10 Jenis Kamera CCTV yang Paling Umum Digunakan

2. Pilih CCTV dengan kualitas gambar yang jelas dan optimal

Seperti yang diharapkan kebanyakan orang, Anda juga pasti menginginkan kamera dengan kualitas gambar yang baik. Bahkan jika digunakan saat malam dengan cahaya yang minim atau dalam keadaan gelap gulita. Jenis kamera tersebut dilengkapi dengan inframerah dan night vision. Kamera dengan inframerah akan menghasilkan gambar hitam putih, namun bisa menangkap gambar di tempat tanpa cahaya. Sedangkan kamera night vision, tetap bisa mengambil gambar berwarna, namun jika terlalau minim cahaya gambar akan menjadi gelap.

3. Pilih CCTV dengan jangkauan yang luas

Umumnya jarak pandang kamera CCTV mencapai 10-30 meter. Untuk penggunaan di luar rumah atau outdoor, sebaiknya gunakan kamera dengan jarak pandang yang jauh. Selain itu, pilihlah kamera pengaman yang bisa menangkap beberapa sudut  sekaligus di satu titik pemasangan.

4. Pertimbangkan kualitas gambar

Jumlah piksel pada kamera berpengaruh terhadap kualitas gambar  yang ditangkap. Kualitas yang maksimal tentu menjadi kepuasan tersendiri. Mislanya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, gambar tersebut bisa membantu untuk mendeteksi dengan mudah. CCTV panasonic sendiri memiliki resolusi tinggi dengan ketahanan yang terjamin. CCTV Panasonic Jakarta tersedia dalam tipe untuk 4 channel (CJ-HDR104), 8 channel (CJ-HDR108), 16 channel (CJ-HDR216), dan CPW103 dengan kualitas terbaik.

5. Sesuaikan ketahanan dengan tempat pemasangan

Kamera yang dipasang indoor dan outdoor tentu saja memiliki spesifikasi ketahanan yang berbeda. Hal tersebut sudah dirancang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Kamera dengan daya tahan hujan dan angin, biasanya didesain untuk pemasangan di luar ruangan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengecek nilai ingress protection pada kamera.

Penyedia Kamera CCTV Panasonic Jakarta

Dari paparan di atas, Anda menjadi lebih mengerti pentingnya memasang CCTV demi keamanan rumah dan industri. Untuk mendapatkan kamera pengaman terbaik, pasti Anda akan mempercayakan pembelian di perusahaan yang tepat. Bagi yang tinggal di wilayah Jakarta, Anda bisa menghubungi Citra Karya Teknik untuk kelengkapan kamera pengaman sesuai kebutuhan. Perusahaan ini menjual kamera CCTV panasonic dengan harga yang kompettitif. Selain itu, Anda akan mendapatkan pelayanan pemasangan yang memuasakan.


Author

%d bloggers like this: