Indonetwork, Peralatan Industri – Di dalam lingkungan industri, komersial, ataupun kesehatan kebersihan menjadi suatu hal yang sangat penting. Menentukan produk dan perlengkapan bangunan untuk memenuhi persyaratan industri terutama perawatan kesehatan harus mempertimbangkan banyak faktor selain kebersihan seperti fungsional, dan daya tahan. Maka dari itu, pabrik stainless steel juga memproduksi berbagai keperluan komersial termasuk dalam bidang kesehatan. Produk stainless steel tidak hanya bahan yang ramah lingkungan, namun juga memberikan banyak manfaat fungsional dan kesehatan. Berikut adalah 10 alasan utama mengapa produk stainless steel adalah pilihan terbaik untuk desain perawatan kesehatan.

1. Kuat

Baja adalah salah satu bahan terkuat yang dikenal masyarakat. Dibandingkan dengan jenis produk permukaan padat lainnya, stainless steel memiliki keunggulan kekuatan terhadap berat yang luar biasa yang membuatnya ideal untuk lingkungan perawatan kesehatan yang mengandalkan penahanan cairan dan kondisi sanitasi. Wastafel toilet stainless steel misalnya, dapat menahan benturan dan suhu ekstrem sehingga menjadikannya pilihan terbaik untuk lingkungan medis, laboratorium, dan industri.

Jual Stainless Steel Murah
Sumber: Shutterstock.com

2. Dapat Diproduksi dalam Berbagai Bentuk dan Ukuran

Baja austenitik tipe 304 adalah stainless steel nonmagnetik yang mengandung kromium dan nikel tingkat tinggi dan karbon tingkat rendah. Dikenal karena sifat mampu dibentuk dan kemudahan fabrikasinya, baja tahan karat tipe 304 dapat dipotong, dilas, dibentuk, dikerjakan dengan mesin, dan dibuat semudah baja tradisional, sehingga sangat cocok untuk berbagai aplikasi. Terdiri dari 18 persen kromium dan 8 persen nikel, tipe 304 kadang-kadang disebut sebagai stainless 18-8, dan bersifat nonmagnetik dan tidak dapat dikeraskan dengan perlakuan panas. Hampir tidak ada habisnya jumlah aplikasi baja tahan karat di fasilitas kesehatan. Dari peralatan medis, nampan, panci tempat tidur, dan tempat tidur hingga meja kursi dan masih banyak lagi.

Pabrik Stainless Steel
Sumber: M.made-in-china.com

3. Higienis

Permukaan stainless steel memiliki nilai kebersihan yang lebih tinggi dan membutuhkan konsentrasi desinfektan yang lebih rendah untuk mencapai tingkat kebersihan yang dibutuhkan. Hal ini sangat penting dalam lingkungan perawatan kesehatan, yang dipenuhi dengan senyawa kimia seperti yodium, pemutih, peroksida, pewarna, jaringan manusia, darah, dan cairan tubuh. Faktanya, efisiensi bahan pembersih pada baja tahan karat tiga sampai empat kali lebih besar dari pada polimer atau aluminium. Ketika dibersihkan dan dirawat dengan benar, permukaan stainless steel mengurangi beban biologis yang dapat menyebabkan penyakit dan infeksi.

Jual Stainless Steel Murah
Sumber: Shutterstock.com

4. Anti Gores

Permukaan stainless steel yang cerah dan mudah dirawat memberikan tampilan estetika modern dan menarik yang bertahan dari tahun ke tahun. Pengalaman telah menunjukkan bahwa stainless steel menjadi bahan yang unggul dibandingkan permukaan padat polimer karena sangat tahan terhadap chipping, retak, pewarnaan, goresan, serta masalah porositas secara keseluruhan. Stainless steel tahan terhadap penggunaan sehari-hari.

Sebagai perbandingan, bahan permukaan seperti polimer rentan terhadap goresan dan retakan mikroskopis. Permukaan ini harus diampelas secara teratur untuk menghilangkan ketidaksempurnaannya dan untuk mencegah akumulasi bakteri bioload yang berbahaya. Pengamplasan menghasilkan partikel debu di udara yang dapat membahayakan kesehatan melalui penghirupan, serta menciptakan lekukan pada material yang dapat menyebabkan masalah lebih lanjut dari waktu ke waktu. Sebagai perbandingan, baja tahan karat mempertahankan penampilan estetika aslinya terlepas dari kondisi penggunaan yang berat atau paparan bahan yang dapat menggores dan bernoda.

Baca Juga: FABRIKASI TANGKI STAINLESS STEEL DAN JENIS-JENISNYA

5. Tahan Karat

Digunakan dalam banyak aplikasi industri, arsitektur, kimia, dan konsumen selama lebih dari setengah abad, stainless steel pada dasarnya adalah baja karbon rendah, yang mengandung kromium dengan berat 10,5 persen atau lebih. Penambahan kromium inilah yang memberi baja sifat tahan karat yang unik. Kandungan chromium dari baja memungkinkan pembentukan lapisan chromium oxide yang kasar, melekat, dan tidak terlihat pada permukaan baja.

Jika rusak secara mekanis atau kimiawi, lapisan ini dapat menyembuhkan dirinya sendiri, dengan menyediakan oksigen, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil. Ini merupakan poin penting, mengingat material permukaan padat lainnya sering mengalami retakan mikro. Celah kecil ini, tidak terlihat dengan mata telanjang, dan merupakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri bioload yang tumbuh subur di lingkungan basah yang hangat. Retakan mikro tidak terjadi pada permukaan baja tahan karat yang dapat sembuh sendiri.

Baca Juga: APAKAH PERALATAN DAPUR STAINLESS STEEL AMAN UNTUK KESEHATAN?

6. Tahan Lama

Ketika total biaya siklus hidup dipertimbangkan, stainless sangat sering menjadi pilihan bahan yang paling murah karena daya tahan dan perawatannya yang rendah. Selain itu, stainless steel hanya membutuhkan perawatan minimal, yang ekonomis dan baik bagi lingkungan dan masyarakat. Secara keseluruhan, karena pengurangan biaya perbaikan dan pemeliharaan, penghematan jangka panjang dapat berkisar antara 30–40 persen dibandingkan dengan bahan alternatif. Para ahli menyimpulkan bahwa stainless steel merupakan pilihan terbaik dinilai dari ketahanan dan biayanya.

7. Dapat Didaur Ulang

Terakhir, namun tentu tidak kalah pentingnya, stainless steel 100 persen dapat didaur ulang dan tersedia pabrik stainless steel untuk melakukan pekerjaan tersebut. Faktanya, lebih dari 95 persen stainless steel yang baru digiling berasal dari skrap baja tahan karat yang direklamasi. Lebih lanjut, untuk mengurangi dampak lingkungan kualitas higienis alami dari stainless membuatnya tidak memerlukan bahan kimia pembersih yang keras sehingga mengurangi dampak lingkungan jangka panjang.

Pabrik Stainless Steel Terbaik

Selain stainless steel, PT. Sinar Djaja LKS juga menyediakan baja paduan, baja karbon, dan baja ringan dengan kualitas terbaik selama lebih dari 50 tahun. Sebagai distributor dan stockist baja terbesar di Indonesia, perusahaan tersebut telah dipercaya oleh para pelanggan dari seluruh Indonesia. Produk PT. Sinar Djaja telah terjamin pula harga dan kualitas produk yang telah teruji dan tersertifikasi oleh para ahli di industri ini. Pabrik stainless steel ini juga menyediakan ahli industri sehingga Anda bisa mendapatkan konsultasi berdasarkan proyek yang sedang Anda kerjakan.


Author

%d bloggers like this: