Indonetwork, Peralatan Industri – Sebelum ditemukannya mesin pengemas makanan otomatis, tentu berbagai produsen makanan hanya menggunakan alat seadanya. Bahkan merekatkan makanan pada zaman dahulu hanya menggunakan strapless, karet gelang, lem plastik bahkan plastik yang dipanaskan menggunakan lilin untuk mengunci makanan atau barang lainnya agar tidak terkena dari kotoran, debu, atau sebagainya.

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat tentu saja teknik seperti itu sudah ketinggalan jaman dan tidak akan membantu bisnis Anda berkembang dengan pesat, bahkan produk Anda bisa saja ditinggalkan oleh konsumen karena packaging yang tidak aman dan tidak menarik. 

Apa itu mesin pengemas otomatis?

Mesin pengemas adalah alat yang digunakan untuk membungkus atau membalut produk yang telah Anda buat agar lebih aman dan terbebas kontaminasi lingkungan. Pengoperasian alat ini juga dibuat secara otomatis, maksudnya adalah Anda tidak memerlukan operator khusus untuk menangani pengerjaan pengemas makanan karena mesin ini akan bekerja dengan sendirinya setelah di setting pada tahap awal penggunaan, sesuai keinginan pengguna.

Industries That Benefit Most from Automated Packaging Machinery
Sumber: technikpackaging.com

Perlu diketahui bahwa pengemasan makanan menggunakan alat ini tentu membantu prosedur pengerjaan lebih efisien dari segi tenaga kerja maupun waktu pengerjaan.

Para pelaku usaha tentu saat ini berlomba untuk menampilkan produk makanan atau minuman baik tampak dari luar yang terlihat menarik dan steril. Belum lagi di banyak konsumen di era digital ini akan mengunggah foto packaging produk Anda yang menarik ke sosial media dan membantu meningkatkan promosi produk. Semakin menarik pengemasan yang Anda buat maka akan semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk Anda.

Baca juga: INGIN SUKSES KEMBANGKAN USAHA RUMAHAN, CERMATI STRATEGI KERIPIK MAICIH

Fungsi Mesin Pengemasan Otomatis

Fungsi Mesin Pengemasan Otomatis
Sumber: istockphoto

Ketika Anda menggunakan mesin pengemas otomatis pada produk makanan segar maupun makanan ringan, banyak manfaat yang dapat dirasakan baik untuk konsumen maupun produsen, diantaranya yaitu:

1. Melindungi Produk dari Pengaruh Buruk Luar

Pengemasan makanan yang tertutup tentu membuat makanan lebih awet dan tidak mudah terkontaminasi dengan pengaruh buruk dari luar seperti pembusukan dan terkontaminasi dengan debu atau kuman yang akan berbahaya bagi kesehatan. Selain itu aroma, warna dan kualitas produk juga akan tetap terjaga dengan baik.

2. Mempermudah Penyimpanan Produk

Hal terpenting dalam situasi perdagangan yaitu, baik produsen atau pihak distributor makanan yang telah dikemas dengan baik akan memudahkan penghitungan yang biasanya terdiri dari 1 lusin, gross dan sebagainya. Anda tidak perlu menimbang secara manual takaran produk secara manual, mesin akan bergerak secara otomatis sesuai program yang Anda buat pada panel kontrol.

3. Melindungi Makanan agar Tidak Cepat Rusak

Dengan adanya pengemasan secara otomatis, tentu produk makanan akan tidak mudah rusak ketika proses pengiriman sampai ke tangan konsumen. Bukan hanya itu, aroma makanan yang telah di packing akan tetap terjaga dengan rapi di dalam kemasan sehingga kualitas produk akan terjaga selama produk belum terjual pada konsumen. Selain itu juga produk akan terhindar dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, dan benturan.

4. Memperluas Distribusi Makanan

Saat produk Anda dikemas secara rapi dan kokoh, maka pendistribusian makanan bukan saja untuk jarak yang dekat akan tetapi dapat meluas hingga ke seluruh pelosok Indonesia hingga mancanegara. Produk juga akan lebih aman sampai ke tangan konsumen karena terhindar dari risiko bahaya atau kerusakan selama proses pengiriman, seperti tercecer produk, terutama untuk bahan jenis cairan dan butiran.

5. Meningkatkan Identitas Produk

Produk yang menggunakan mesin pengemas otomatis tentu akan terlihat rapi, sehingga produk Anda akan lebih dikenal masyarakat. Belum lagi packaging yang menarik pada produk, sehingga Anda dapat menempelkan label atau merek pada luar kemasan sebagai sarana pengenalan identitas produk untuk konsumen. Semakin terkenalnya identitas produk Anda makan akan semakin luasnya distributor produk untuk pengembahangan usaha.

6. Menambah Daya Tarik Produk

Pengemasan dengan alat ini tentu akan terlihat lebih menarik dan meningkatkan daya tarik produk dimata konsumen, dengan strategi seperti ini Anda dapat meningkatkan nilai penjualan dan meningkatkan harga produksi sehingga keuntungan pun akan berkali-kali lipat.

7. Kenyamanan Bagi Konsumen

Tahukah Anda bahwa kenyamanan konsumen adalah prioritas bagi semua merk untuk mengembangkan merknya lebih terkenal. Konsumen tentu akan lebih tertarik, nyaman dan merasa aman ketika produk makanan yang dibelinya dibungkus dengan rapi dan menarik. Tujuannya agar produk tidak terkontaminasi dengan bakteri dari luar atau pengaruh lingkungan lainnya.

Packaged Food
Sumber: dreamstime.com

Tentu beberapa fungsi diatas menjadi bahan pertimbangan penting yang harus dipikirkan untuk produsen makanan khususnya makanan ringan yang lebih rentan alot ketika didistribusikan terlalu jauh dari pabriknya. Penggunaan mesin ini sebenarnya bukan saja untuk pengemasan makanan ringan akan tetapi makanan yang fresh seperti sayuran atau daging juga dapat packaging atau divakum menggunakan mesin ini agar lebih awet

Rekomendasi Mesin Pengemasan Otomatis

Setelah Anda mengetahui banyak fungsi dan keunggulan yang dapat dihasilkan dari mesin pengemas otomatis, tentu siapa yang tidak tertarik untuk menggunakan produk ini. Banyak perusahaan makanan atau minuman yang mengandalkan mesin ini untuk memperluas bisnis dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Jika Anda seorang wirausahawan di bidang food and beverage kini saatnya beralih pada mesin pengemasan otomatis yang lebih fungsional dan membatu sistem kerja di perusahaan Anda. Mesin dari PT Yasindo Jaya Bersama dapat mensuplai kebutuhan produksi Anda dengan berbagai tipe mesin pengemasan otomatis yang dimiliki. Jangan ragu dengan masalah harga, garansi produk maupun kualitas alat, karena PT Yasindo Jaya Bersama memiliki tenaga ahli yang profesional dan akan memberikan penawaran harga yang terbaik untuk membantu bisnis Anda lebih berkembang pesat.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks