Indonetwork, Percetakan – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan perusahaan Anda, salah satunya menggunakan merchandise. Merchandise adalah segala bentuk produk yang menampilkan nama perusahaan atau brand, logo dan profil lainnya, yang diberikan kepada calon customer ataupun karyawan pada sebuah acara atau kegiatan. Produk merchandise paling populer dipesan konsumen yaitu cetak flashdisk custom yang berisi logo perusahaan, sebuah tulisan promosi dengan model yang unik dan trendi.

Biasanya produk dari merchandise merupakan barang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga dapat dimanfaatkan secara terus menerus dan bukan barang yang habis digunakan. Berikut beberapa produk merchandise yang umumnya diberikan perusahaan baik untuk kebutuhan internal perusahaan maupun eksternal. Simak terus informasi dibawah ini!

Baca juga: SEGUDANG MANFAAT DARI PENGGUNAAN ALUMINIUM FOIL

Fungsi Merchandise Bisnis

Tahukah Anda, bahwa semakin banyak memberikan merchandise bisnis pada pihak yang potensial memiliki manfaat yang lebih luas bagi perusahaan. Bahkan strategi ini patut dipertimbangkan baik untuk perusahaan besar maupun pelaku usaha kecil dan menengah. Berikut beberapa fungsi merchandise perusahaan untuk karyawan dan klien baru, yaitu:

1. Menarik Perhatian

Faktor utama ketika karyawan atau klien Anda, menggunakan merchandise yang telah diberikan seperti cetak flashdisk custom murah. Banyak orang yang akan merasa penasaran dengan desain atau model yang tidak umum pada flashdisk, sehingga flashdisk mampu menarik perhatian orang lain. Ketika produk Anda mampu menarik perhatian orang lain, maka produk dapat menjadi ajang pengenalan merek atau memperkuat posisi merek di benak pelanggan.

2. Menunjukkan Eksistensi Perusahaan

Ketika Anda menggunakan merchandise dapat memberikan kesan yang lebih positif bagi para konsumen maupun karyawan, bahkan pemberian merchandise dapat berguna untuk meningkatkan kepercayaan pihak terkait pada perusahaan tersebut. Bahkan loyalitas tersebut dapat mempererat hubungan satu dan lainnya.

Fungsi Merchandise Bisnis
Sumber: Istockphoto

3. Media Promosi

Secara umum merchandise memiliki tujuan sebagai media promosi luar ruang yang dapat dipindah tangankan namun tidak mudah rusak. Perusahaan akan mendapatkan kesan positif dari pelanggan karena dianggap loyal. Padahal produk yang diberikan merupakan wadah yang paling luas, banyak konsumen yang mungkin saja memposting produk yang digunakan sebagai alat promosi ke sosial media.

4. Wujud Apresiasi Karyawan

Saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikan hampers merchandise sebagai bentuk apresiasi pada karyawan pada ajang tertentu. Selain dapat meningkatkan loyalitas karyawan karena pembagian hadiah, produk juga dapat digunakan media branding perusahaan saat karyawan menggunakan produk tersebut di luar jangkauan kantor.

Isi Merchandise Custom

Merchandise biasanya dibuat secara custom semenarik mungkin, baik bentuk maupun desain yang disesuaikan dengan identitas kebutuhan perusahaan. Hal itu bertujuan supaya merchandise menjadi pusat perhatian bagi masyarakat sekitar dan pesan yang tertera di dalamnya dapat disampaikan dengan baik.

Produk yang paling sering ditemui dan fungsional, jika dijadikan merchandise pada kebutuhan bisnis dan operasional kantor, seperti:

1. Mug

mug media promosi
Sumber: Istockphoto

Gelas atau mug merupakan media promosi yang cukup mahal dan diminati banyak orang. Umumnya mug digunakan untuk souvenir pada acara seminar yang dikunjungi oleh audience penting tertentu. Biasanya desain mug dibuat simpel namun elegan dengan printing logo perusahaan yang berada di tengah.

2. Payung

payung media promosi
Sumber: Istockphoto

Media promosi payung biasanya digunakan oleh instansi perusahaan yang cukup besar seperti bank atau perusahaan BUMN, karena dinilai budget promosi yang cukup mahal. Dengan desain yang minimalis dan terkesan elegan pada logo perusahaan akan memudahkan orang lain untuk membacanya.

3. Tote Bag / Goodie Bag

totebag media promosi
Sumber: Istockphoto

Jenis tas ini sudah banyak digunakan sebagai merchandise perusahaan, selain harganya yang lebih murah dan fungsinya untuk menyimpan berbagai barang. Tas ini juga bisa dijadikan sebagai media promosi luar ruang yang efisien, karena menggunakan berbagai jenis bahan, diantaranya adalah bahan spunbond, kain blacu, flexi, kanvas, furing, dll.

4. Pulpen

pulpen media promosi
Sumber: Istockphoto

Ide merchandise selanjutnya yaitu, cetak pulpen print dengan kualitas pulpen yang dapat disesuaikan dengan budget Anda. Logo perusahaan umumnya berada pada badan pulpen yang mudah dibaca orang lain. Media promosi ini tergolong lebih murah sehingga umumnya di bagian pada berbagai acara kecil maupun besar.

5. Flashdisk / USB

flashdisk media promosi

Flashdisk merupakan benda kebutuhan sehari-hari, apalagi dengan bentuknya yang relatif kecil membuat flashdisk mudah disimpan dan dibawa ke mana saja. Biasanya cetak flashdisk custom yang lebih efektif sebagai media promosi dibuat dengan bentuk seperti kartu atm yang unik, sehingga produk tidak mudah hilang seperti flashdisk kebanyakan.

6. Powerbank 

powerbank media promosi
Sumber: Istockphoto

Media promosi selanjutnya dengan harga yang cukup bersaing yaitu cetak powerbank custom. Benda yang satu ini pasti sangat disukai oleh kebanyakan orang karena akan sangat membantu sekali saat baterai handphone mulai habis, sehingga jika Anda menggunakan media promosi ini tentu karyawan atau klien akan senang dan menganggap perusahaan Anda sangat loyal.

7. Tumbler

tumbler media promosi
Sumber: Istockphoto

Terakhir, barang yang tidak kalah diminati yaitu tumbler. Tumbler merupakan botol dengan fungsi manfaat yang mampu diisi dengan air panas maupun dingin. Saat ini cetak tumbler custom  tersedia dalam berbagai macam bentuk dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan masing-masing dengan tambahan area printing yang cukup luas di sekeliling botol.

Baca juga: 5 FUNGSI ID CARD UNTUK KARYAWAN KANTORAN

Jasa Cetak Merchandise Kantor

Demikianlah beberapa rekomendasi produk yang paling sering diminati perusahaan dalam memilih merchandise untuk kebutuhan karyawan maupun calon klien baru. Jika Anda berminat meningkatkan strategi promosi perusahaan, dengan jasa cetak merchandise kami menyarankan vendor spesialis di bidangnya yaitu Armada Digicard. Perusahaan yang berdiri selama belasan tahun di Jakarta dan sudah dipercaya menjadi vendor jasa cetak yang memiliki kualitas baik. 

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang disediakan oleh Armada Digicard. Semakin banyak pesanan cetak flashdisk custom yang Anda buat maka akan semakin murah harga satuan produk yang ditawarkan. Silakan melakukan konsultasi kebutuhan Anda terlebih dahulu, pelayanannya yang ramah dapat menyesuaikan budget promosi spesial untuk perusahaan Anda.


Author

%d bloggers like this: