Indonetwork, Percetakan – Sablon kaos hingga saat ini masih begitu digemari oleh setiap kalangan. Anda dapat mendesain sendiri gambar atau foto yang Anda inginkan sesuai dengan keinginan dan permintaan Anda. Kaos sablon juga dapat memberikan ciri khas pada setiap orang yang menggunakannya.

Sablon kaos juga dapat memberikan kesan bagaimana seseorang dapat mengekspresikan dirinya dari kaos yang sedang diunakan. Anda dapat menemukan kaos sablon pada gerai-gerai terdekat dari rumah, tempat usaha atau grosir pakaian dengan kualitas yang sesuai dengan budget yang Anda keluarkan.

Seperti pakaian lainnya, jenis kaos sablon juga memiliki cara perawatannya tersendiri agar tetap awet. Karena tentunya jika sablon retak atau luntur akan mengurangi estetika kaos yang Anda kenakan. Nah, berikut kami akan mengulas jenis dan cara merawat kaos sablon agar tahan lama. 

Jenis Sablon Kaos Terbaik

Pertama-tama, mari berkenalan terlebih dulu dengan berbagai jenis sablon kaos yang umum digunakan. Ini juga bermanfaat untuk dicermati saat Anda ingin menyablon kaos manual.

Sablon Rubber

Atau biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan sablon karet. Jenis sablon satu ini memiliki tingkat pelekatan sangat baik pada kaos.

Sablon rubber juga mampu menutupi serat bahan atau kain karena memiliki tekstur cetakan sablon yang elastis. Biasanya jenis sablon ini digunakan pada kaos yang berwarna gelap. Rubber sablon juga terkenal dengan harga pasaran yang relatif murah dengan jenis sablonan yang awet dan kuat meskipun sering di setrika, lho!

Sablon Flocking

Atau biasa Anda sering dengar dengan sebutan sablon bahan beludru. Sablon jenis ini memiliki tekstur halus dan lembut seperti bulu halus. Hal ini membuat sablon flocking memiliki kesan elegant, menawan, mewah dan mudah timbul atau 3D. Jenis sablon ini juga sering digunakan pada seragam olahraga sepak bola.

Baca Juga: 10 Cara Menyablon Kaos dengan Mudah

Sablon Plastiol

Merupakan salah satu jenis sablon cetak kaos dengan kisaran harga yang relatif mahal karena memiliki daya rekat yang awet dan sangat kuat. Sablon jenis ini dapat berbentuk raster dan membutuhkan suhu minimal 160 derajat Celsius untuk kemudian dapat mengeringkan jenis bahan yang sudah di sablon plastiol. Sablon plastion juga sudah diakui oleh standar internasional, lho!

Sablon DTG (Direct to Garment)

cara merawat kaos sablon
Sumber: Freepik/halayalex

Merupakan sablon dengan menggunakan teknik mencetak kertas printer. Sablon direct to garment tersebut adalah jenis penyablonan yang tidak menggunakan media cetak untuk mendesainnya.

Anda dapat menggunakan berbagai jenis warna gradasi pada jenis sablon DTG sehingga tidak cepat bosan dalam memilih warna trendy dan proses sablon DTG tidak memerlukan waktu yang panjang atau lama.

Sablon 3D

Anda akan mendapatkan hasil cetakan yang seolah hidup karena jenis sablon satu ini dapat dilihat pada 3 sudut pandang berbeda meskipun tidak semua gambar request atau permintaan Anda dapat dijadikan 3D, ya! Hasil cetakan pada sablon 3D begitu unik dan menarik.

Sablon Glow In The Dark

Jenis sablon satu ini begitu  menarik karena dapat menyala atau bercahaya pada keadaan ruangan atau tempat yang gelap. Tinta yang digunakan pada jenis penyablonan ini adalah campuran dari mineral fosfor yang dapat menyala dalam kegelapan dan dapat menghasilkan pencetakan yang awet dan bagus.

Sablon Glitter

Pada jenis sablon ini sudah pasti menampilkan kesan mewah dan eksklusif. Hasil sablon pada cetakkan ini mampu membuat gambar sablon pada baju Anda berkilau yang dapat menjadi daya tarik orang lain yang melihatnya dan biasanya menggunakan kaos dasar berwarna gelap untuk menampilkan atau menonjolkan kesan kilau atau glitter.

Sablon Foil

Merupakan teknik penyablonan dengan menggunakan lapisan kertas logam yang dapat menghasilkan cetakan sablon mengkilat dan elegan. Sablon ini juga termasuk sablon yang awet, tahan lama dengan hasil gambar yang diminta menjadi lebih jelas dan jernih.

Baca Juga: Mengenal Jenis Karpet untuk Tiap Ruangan dan Cara Merawatnya

Cara Merawat Kaos Sablon

Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan jika ingin kaos sablon Anda awet yaitu tidak boleh asal saat mencuci dan menyetrika. Lebih lanjut, ketahui cara merawat kaos sablon bersama, yuk!

Hindari Merendam Kaos Sablon Terlalu Lama

Kaos dengan cetakan tinta bukanlah teman baik dengan air dan deterjen. Hindari untuk merendam kaos telalu lama pada malam hari dan menjemurnya pada keesokan paginya.

Karena bila diteruskan akan membuat warna pada sablonan kaos menjadi cepat pudar. Dan hal ini juga perlu dilakukan pada kaos berbahan apapun demi menjaga kualitas pada gambar sablonan.

Hindari Mencuci Kaos Sablon dengan Mesin Cuci

Cara merawat kaos sablon selanjutnya yaitu usahakan untuk tidak memakai mesin cuci. Kenggunaan mesin cuci untuk kaos sablon dapat membuat gambar pada kaos menjadi rusak dan cepat menghilang. Usahakan mencuci dengan cara manual atau membilas dengan tangan sehingga gambar sablonan akan tetap awet dan tidak mudah pudar. Jangan menunggu kaos tertumpuk lama sehingga membuat Anda kelelahan mencuci, ya!

Tidak Menyetrika pada Bagian Sablon

cara merawat kaos sablon
Sumber: Freepik

Hal ini perlu dilakukan karena tinta yang terdapat pada sablon kaos dapat menempel pada permukaan setrika. Tinta sablon akan terlepas begitu saja bisa selalu disetrika pada bagian gambar sablon yang sama.

Setrikalah kaos sablonan dengan bagian tepi gambar atau bagian belakang saja. Untuk kaos sablon dengan hasil yang rapi dan licin, Anda dapat membalik bagian gambar agar setrikanya dari belakang atau bagian dalam kaos sablon.

Balik Bagian Sablon Sebelum Dikeringkan atau Dijemur

Dengan menerapkan tips merawat kaos sablon ini, bagian gambar tidak langsung terkena sinar matahari secara langsung dan membuatnya merusak gambar sablonan secara permanen. Cara ini cukup praktis untuk merawat kaos sablonan untuk beberapa waktu sehingga kaos sablonan tetap terjaga warna dan gambarnya.

Baca Juga: Cara Mencuci Batik yang Tepat Agar Awet dan Tidak Luntur

Memisahkan Jenis dan Warna Kaos Sablon Sebelum Dicuci

Anda juga dapat melakukan cara merawat kaos sablon pada beberapa jenis kaos kesayangan yang lain sebelum dicuci guna menghindari kaos terkena luntur dan kerusakan pada warna dari kaos berwarna yang lainnya.

Tidak Perlu Menyikat Kaos Sablon

cara merawat kaos sablon
Sumber: Freepik

Nantinya kaos sablon yang sering kena sikatan tentu membuat gambar dan serat bahan kaos sablonan menjadi mudah rusak dan sobek. Sikatlah kaos sablon pada bagian yang sekiranya benar-benar kotor seperti pada bagian-bagian tertentu kaos seperti ketiak dan leher, kemudian bilas dengan air dingin yang bersih.

Tidak Menggunakan Kaos Sablon saat Berenang

Kaos sablon akan mudah rusak bila terendam dalam air. Meskipun terkadang lupa atau sungkan untuk mengganti pakaian, untuk menjaga kualitas gambar sablonan pada kaos kesukaan Anda. Pastikan Anda sudah menggunakan pakaian khusus berenang atau kaos polos untuk menjaga kualitas gambar pada sablonan, ya!

Meski ada banyak hal yang tidak boleh dilakukan agar kaos sablon tetap awet dan bagus hingga berbulan-bulan, namun tips di atas mudah diterapkan jika Anda berhati-hati. Terutama pada kaos sablon yang harganya mahal, Anda pasti tidak ingin kaos tersebut cepat rusat karena perawatan yang salah, bukan?

Nah, bagi Anda yang sedang mencari vendor jasa sablon kaos yang murah dan berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di Indonetwork yang merupakan salah satu pioner marketplace B2B di Indonesia. Pemesanan sablon kaos bisa Anda lakukan dalam jumlah berapa pun dengan harga terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa membuat penawaran melalui fitur Best Deal, supaya Anda tetap bisa mendapatkan produk sesuai kebutuhan tanpa membuat kantong kering.

Jadi, tunggu apalagi? Belanja sekarang di Indonetwork dan nikmati kemudahan transaksinya!

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks