Indonetwork, Bahan Bangunan Tentu saja setiap konstruksi menginginkan bangunan yang kuat serta kokoh. Biasanya hal ini bukan saja didukung oleh kualitas kontraktornya yang kompetitif, akan tetapi material pendukung juga menjadi elemen penting bagi sebuah bangunan. Tentu sebelum membangun rumah, seseorang akan mencari tahu harga besi beton yang berfungsi sebagai pondasi bangunan.

Sangkin banyaknya produk besi di toko material, Anda sebagai orang yang akan membangun rumah harus tahu beberapa spesifikasi dan fungsi tiap besi tersebut.

Jenis Besi Yang Umum Dicari Kontraktor

Terdapat delapan jenis besi yang umum digunakan oleh kontraktor untuk bahan bangunan baik untuk pembangunan fasilitas umum, gedung maupun area hunian. Setiap jenis besi dibawah ini tentu memiliki fungsi, bahan dasar dan bentuk yang berbeda-beda.

Sebelum Anda membangun rumah dengan pondasi yang baik dan benar, sebaiknya cari tahu informasi mengenai jenis besi terdahulu agar tidak mudah ditipu oleh kontraktor atau kuli proyek. Yuk simak terus informasi dibawah ini!

1. Besi Beton

besi beton
Sumber: Istockphoto

Besi beton atau baja tulangan adalah besi yang paling sering digunakan untuk pondasi dan penyanggah berbagai infrastruktur. Besi beton sendiri mampu menahan tekanan yang cukup besar sehingga konstruksi bangunan akan lebih tahan lama. Besi ini terdiri dari dua jenis yaitu besi ulir dan besi polos. Besi polos memiliki penampilan bundar dengan permukaan licin, sebaliknya besi ulir memiliki penampang bersirip dengan tambahan pola tertentu.

Setiap jenis besi beton baik, besi ulir maupun polos memiliki ukuran yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan konstruksinya. Biasanya pihak material juga akan memberikan pilihan kepada Anda sesuai dengan budget dengan kualitas SNI ataupun tidak.

2. Besi Hollow

besi hollow
Sumber: Istockphoto

Besi hollow adalah besi dengan bentuk persegi panjang dengan rongga di bagian tengah, sehingga menyerupai pipa. Meskipun bagian tengah besi ini kosong, akan tetapi kualitas besi ini tetap kuat jika digunakan untuk konstruksi Umumnya besi ini sering dipakai oleh banyak bengkel las sebagai bahan pembangunan plafon, rangka dinding yang anti rayap dan tahan api, pembuatan pagar rumah, maupun penampang dekorasi interior lainnya dll

Bahan yang digunakan untuk pembuatan besi hollow adalah baja yang diberikan campuran galvanis lalu ditutup dengan seng dan lapisan aluminium. Besi hollow sendiri terdiri dari berbagai ukuran yang jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jenis besi ini terdiri dari tiga tipe, yaitu besi galvanis, galvanum dan besi hitam

3. Besi Wire Mesh

besi wiremesh
Sumber: Istockphoto

Besi wire mesh atau besi anayaman adalah sebuah rangkaian besi yang terdiri dari lembaran kawat yang sengaja dibuat. Sehingga seolah-olah terlihat saling berpotongan antara satu dengan yang lainnya. Besi jenis ini biasanya dijual di material dengan bentuk lembaran atau gulungan dengan ukuran, ketebalan besi yang beragam.

Fungsi dari besi wiremesh ini umumnya dapat menguatkan dak beton dalam pembangunan rumah. Umumnya besi wiremesh bertekstur lebih ringan dengan bentuk seperti  kotak-kotak atau jajar genjang

4. Besi Siku

Besi Siku
Sumber: Istockphoto

Besi siku adalah besi dengan jenis material logam yang berbentuk dua garis tegak lurus dengan sudut 90 derajat atau menyerupai segitiga siku-siku. Umumnya besi ini memiliki fungsi sebagai penyangga keperluan material rumah seperti teralis jendela, kerangka pintu, rak besi, hingga struktur menara tangki air.

Berat jenis besi ini tergolong ringan namun mempunyai ketahanan yang cuup kuat 

Besi siku terbuat dari material logam besi dan secara lebih spesifik lebih dikenal dengan bar siku dengan standar nasional. Bentuknya sendiri terdiri dari berbagai variasi ukuran seperti mulai dari 2cm, 3cm, 4cm dan juga 5 cm dengan ketebalannya kisaran 1,4 mm hingga 3,4 mm sesuai kebutuhan pelatan yang akan disangga.

5. Besi Plat

Besi Plat
Sumber: Istockphoto

Besi plat adalah besi dengan bentuk lembaran yang memiliki permukaan rata yang memanjang, dengan bentuk dan ukuran yang serupa dengan triplek dengan ukuran standar 1200 mm x 2400 mm. Hanya saja plat bukan berbahan kayu melainkan berbahan besi atau baja.

Jenis besi ini memang biasanya digunakan untuk membuat berbagai mesin kendaraan, namun bisa juga digunakan sebagai penampang konstruksi. Jenis besi yang satu ini memang sangat fleksibel dan memiliki daya tahan terhadap korosi cukup baik sehingga banyak sekali perabotan yang menggunakan besi ini.

6. Besi Wide Flange (WF)

Besi WL

Besi WF adalah lempengan baja yang memiliki kekuatan tinggi dan sangat cocok dalam menahan beban dan tarik. Jika dilihat sekilas bentuk besi jenis ini hampir sama dengan besi H Beam namun besi Wide Flange memiliki gaya tarik dan gaya tekan lebih tinggi dibandingkan dengan besi H Beam.

Bentuk Besi WF biasanya akan terlihat lebih tinggi dibanding besi H Beam. Umumnya besi ini dijadikan pondasi untuk pembuatan gedung, jembatan, gudang, dan bangunan lainnya. Besi jenis ini dapat diandalkan dalam sebuah proyek karena fungsinya sendiri dibuat secara fleksibel.

7. Besi CNP

jenis besi CNP
Sumber: Istockphoto

Jenis besi ini berbentuk huruf C dengan bahan material yang berasal dari plat koil dengan metode cutting dan banding. Bahan penyusun lainnya yaitu sejenis lembaran galvalum atau baja yang telah terlapis krom pada permukaannya.

Besi CNP memang hampir sama dengan besi UNP.  Seluruh bangunan pasti memerlukan jenis besi ini sehingga Anda juga dapat dengan mudah mencari produk ini dipasaran. Jenis besi ini memang dibuat untuk konstruksi bangunan yang digunakan sebagai pagar bangunan, purlin, rangka atap atau rangka bangunan lainnya.

Baca juga: 7 REKOMENDASI MERK BESI BETON SNI DI INDONESIA

Harga Besi Beton di Sarana Steel

Sarana Steel merupakan supplier dan produsen material besi baja yang telah hadir selama puluhan tahun di Jakarta. Perusahaan ini menyediakan jasa pemotongan besi terbaik, inovatif dan terpercaya. Kisaran bentuk dan harga besi beton yang ditawarkan oleh perusahaan ini juga dari Rp.22.000 – Rp. 405.000.

Jika Anda membutuhkan rangkaian besi beton serta jenis besi lainnya yang berkualitas serta diimbangi dengan budget yang minim, silahkan konsultasikan kebutuhan Anda di PT Sarana Steel. Perusahan ini sudah terpercaya di Jakarta dan sekitarnya karena telah memiliki 3 pabrik yang cukup besar di kawasan Jakarta dan sekitarnya.


Author

%d bloggers like this: