Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan negara yang lembab dan sering kali nyamuk menyukai daerah yang lembab untuk berkembang biak. Selain membuat kulit Anda gatal-gatal, gigitan nyamuk juga dapat menyebabkan penyakit serius seperti demam berdarah atau DBD. Salah satu cara yang efektif untuk mencegah masuknya nyamuk adalah dengan menggunakan kasa nyamuk pada ventilasi yang ada di rumah, baik itu pintu, jendela, maupun lubang angin pada dinding.

Kasa nyamuk telah menjadi bagian dari dekorasi interior maupun exterior sebuah rumah. Ciri dari kawat ini memiliki bentuk berlubang, namun tidak akan menghambat sirkulasi udara sehingga ruangan akan tetap segar dan terbebas dari rasa pengap. Peran dekorasi rumah ini sangat penting sehingga jenisnya sendiri terbagi menjadi dua bagian, baik secara material maupun frame, hal itu dijelaskan seperti dibawah ini

Baca juga: Jenis Material Kasa Nyamuk Murah Dengan Desain Mewah

Jenis Kasa Nyamuk berdasarkan Material

1. Fiberglass

Jenis kasa nyamuk ini berbahan dasar kaca fiber yang cukup baik untuk mencegah nyamuk atau serangga masuk ke dalam rumah. Mungkin sekilas tampilan menyerupai plastik, namun fiberglass mempunyai kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan plastik.

Kelebihan dari kasa jenis fiberglass adalah warnanya yang cukup variatif, bahannya lentur dan mudah dilakukan lepas pasang, kuat dan tidak mudah sobek sehingga pemakaiannya dapat digunakan dalam jangka panjang, dan harganya yang lebih ekonomis. Di pasaran, kasa nyamuk ini dibandrol dengan harga sekitar Rp30.000.

2. Aluminium

Kawat berbahan alumunium umumnya lebih tahan lama karena aluminium adalah materil yang bebas karat, selain itu bahan ini memiliki bobot yang lebih ringan sehingga pemasangannya sendiri pada frame nyamuk jauh lebih mudah. Kasa jenis ini mungkin lebih mahal di pasaran dibandingkan jenis sebelumnya, karena umumnya dibandrol dengan harga Rp35.000 per meter.

3. Stainless Steel

Model kasa nyamuk berbahan stainless Steel memiliki dua jenis bahan yang berbeda, yakni bahan yang tipis digunakan pada jendela dan model tebal digunakan pada ventilasi pintu. Dibandingkan dengan material lainnya, kasa nyamuk dari stainless steel lebih jernih dan memberikan tampilan yang sangat modern. Akan tetapi kualitas yang bagus juga diimangi dengan harga yang cukup maha, material ini memiliki hargai Rp50.000 hingga Rp75.000 per meter.

"Jenis

Jenis Kasa Nyamuk berdasarkan FramE

1. Frame Karet

Kasa nyamuk yang menggunakan pinggiran karet merupakan material yang paling mudah dipasang. Karet samping memiliki ketebalan hingga 3 mm dan lebar hingga 20 mm. Pemasangannya sendiri sangat mudah, Anda perlu mengelupas lapisan lem yang ada pada pinggiran karet di bagian luar kawat, setelah itu rekatkan secara instan bagian tersebut di berbahan kayu, PVC, besi, aluminium, hingga tembok.

Biasanya bahan ini dihargai sebesar Rp250.000 / meter

2. Frame Magnet

Bahan magnet pada bingkai kawat nyamuk memudahkan Anda untuk memasangkannya pada pintu atau jendela yang berbahan logam atau besi. Selain itu kawat nyamuk  frame magnet memiliki tampilan yang rapi dan aesthetic dibanding frame jenis lainnya. Frame ini bisa digunakan dengan jenis bahan fiberglass, aluminium, ataupun stainless.

Biasanya bahan ini dihargai sebesar Rp190.000 / meter

3. Frame Gulung

Model kasa gulung umumnya memiliki tingkat kesulitan dalam pemasangan tersendiri, hal ini dikarenakan ukurannya yang tergolong besar, sehingga Anda harus memotong kawat ini sesuai dengan ukuran kusen dimana kawat ini akan digunakan. Setelah Kawat nyamuk dipotong sesuai ukuran yang diinginkan, Anda bisa menggunakan paku payung untuk memasang kawat ini di sekitar kusen Anda.

4. Frame Lipat

Frame lipat biasanya dilakukan oleh rumah yang memiliki handle menonjol. Model ini menjadi solusi yang tepat, selain dari segi fungsi, model ini memiliki estetika tampilan yang baik. Kasa yang dipakai adalah fiberglass namun dengan ketebalan dan kualitas di atas kasa fiberglass pada umumnya. Biasanya bahan ini dihargai sebesar 1.500.00/ meter.

Baca juga:  5 Fungsi Lain Wallpaper Selain Untuk Melapisi Dinding

Manfaat dari Pintu Kasa Nyamuk

Pintu kasa nyamuk yang baik adalah, pintu yang memiliki besi yang kuat dan tahan lama, karena selain menghalau dari serangan nyamuk pintu juga harus dapat mencegah penghuninya dari serangan orang jahat. Pintu jenis ini juga telah banyak dimodifikasi dengan perlengkapan seperti kunci dan grendel besi yang dapat membuat penghuninya lebih aman. Pemasangan pintu kasa nyamuk pada rumah Anda akan memberikan kesan lebih klasik dan elegan, namun tidak perlu khawatir karena saat ini terdapat berbagai variasi pintu yang dapat Anda pilih.

Bukan hanya frame kasa nyamuk yang perlu Anda perhatikan. Terkadang dekorasi ini juga dapat diletakkan pada pintu rumah bagian depan sebagai pelapis pintu utama, yang memiliki banyak manfaat, seperti:

1. Sebagai backup pengamanan dari hal-hal kejahatan

Pintu kasa nyamuk biasanya digunakan sebagai pintu pelapis pada bagian depan maupun belakang rumah. Pintu yang baik biasanya memiliki kekuatan tidak sekedar menghalau serangga, akan tetapi tidak mudah roboh ketika didorong oleh orang jahat dan tidak mudah penyok ketika terkena benda tumpul. Selain itu kasa nyamuk yang baik juga tidak akan mudah robek jika terkena benda tajam. Jika hal ini sudah terpenuhi maka pelapis pintu kasa nyamuk Anda termasuk sudah ideal.

2. Sebagai pencegah masuknya nyamuk dan serangga

Manfaat lain yang dapat dirasakan adalah, walaupun pintu rumah Anda terbuka saat malam hari namun kedatangan serangga ataupun nyamuk di rumah Anda dapat diminimalisir. Sehingga Anda tetap dapat menjaga keamanan hunian dengan sirkulasi udara yang segar.

3. Sebagai perputaran udara

Pintu kasa nyamuk yang berongga padat, dipastikan tetap bisa melakukan sirkulasi udara dengan baik. Anda juga tetap bisa memiliki sirkulasi udara dengan penghalang serangga yang optimal ditambah Anda juga dapat melihat keadaan diluar rumah dengan jaring kasa yang terpasang.

Saat ini, pintu kasa nyamuk hadir dengan berbagai macam model teralis dan warna frame  yang beragam sehingga pemakaiannya tidak akan membuat Anda bosan . Harga pintu ini sendiri berkisar antara Rp.4.000.000 hingga Rp.8.000.000, hal ini tergantung pada model dan kekuatan frame besi yang Anda pilih ditambah berbagai pilihan jenis kasa yang akan digunakan.

Penggunaan kasa nyamuk pada rumah ataupun bangunan lain sudah sangat umum digunakan dan tidak memandang kelas ekonomi. Pemasangannya dapat dilakukan pada ventilasi maupun pintu rumah dengan material alumunium ataupun besi. Model pintu kasa nyamuk ini juga sangat bervariasi, sehingga pemasanggaya tidak akan membuat rumah Anda terasa membosankan.

Jika tertarik untuk memasang kasa nyamuk murah dengan kualitas terbaik, maka anda bisa dapatkan semua kebutuhan yang diperlukan melalui CV. D’Big Interior. Temukan penawaran harga terbaik untuk melengkapi fasilitas rumah anda yang lebih nyaman dan aman.

Author

Enable Notifications OK No thanks