Nyamuk tidak hanya bisa membuat kulit Anda gatal-gatal, namun bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. Tak sedikit banyak orang yang menderita Demam Berdarah (DBD) karena gigitan nyamuk. Sebagai upaya pencegahan, Anda bisa memasang kasa nyamuk murah di ruangan.

Dengan menggunakan kasa nyamuk, nyamuk tidak akan masuk ke dalam ruangan. Sehingga kasa ini termasuk salah satu cara pencegahan yang cukup efektif supaya nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

Apa Itu Kasa Nyamuk?

Kasa nyamuk merupakan penutup yang terbuat khusus dari material kawat. Alat ini biasanya dipasang pada ventilasi ruangan atau bukaan seperti pintu atau jendela. Dengan begitu nyamuk tidak akan masuk ke dalam ruangan melalui ventilasi itu.

Kasa nyamuk ini mempunyai rongga berlubang, sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan akan tetap terjaga. Sehingga situasi udara di dalam ruangan akan tetap segar dan tidak pengap.

Sekarang ini kasa nyamuk tidak hanya digunakan sebagai alat untuk menangkal nyamuk atau serangga saja. Namun kasa juga banyak digunakan sebagai alat untuk menambah estetika di dalam rumah. Karena kasa ini juga terbuat dari berbagai material.

Saat ini kasa tidak bisa Anda pasangkan di kusen yang berbahan kayu saja, namun juga material lainnya. Anda juga bisa memasangkan kasa nyamuk di kusen yang berbahan PVC atau aluminium.

Material Kasa Nyamuk

Pintu kasa terbuat dari berbagai material yang bisa Anda sesuaikan dengan kusen di rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis kasa nyamuk berdasarkan material pembuatnya.

1. Kawat Nyamuk Kaca Fiber

Jenis kasa nyamuk yang pertama terbuat dari bahan kaca fiber. Secara visual, jenis kasa ini menyerupai seperti plastik, namun kualitasnya tentu saja lebih bagus karena bukan plastik biasa.

Kasa nyamuk fiber merupakan kasa nyamuk murah yang banyak digunakan oleh banyak orang. Anda juga tidak akan kesulitan untuk mendapatkan jenis kasa nyamuk yang satu ini.

2. Kawat Nyamuk Aluminium

Kasa nyamuk juga ada yang berbahan dasar dari alumunium. Proses pemasangan kasa nyamuk ini relatif sangat mudah dan cepat karena bobotnya juga sangat ringan.

Keunggulan lainnya dari kasa nyamuk berbahan alumunium ini yaitu sangat tahan terhadap karat. Jadi secara kualitas tentu saja sangat bagus. Kasa ini sangat awet dan tahan lama, sehingga Anda tidak perlu menggantinya dengan waktu yang singkat.

3. Kawat Nyamuk Stainless

Selain dari aluminium dan fiber, kawat nyamuk ini juga ada yang terbuat dari bahan stainless. Kawat nyamuk stainless ini juga terdiri dari model yaitu kawat nyamuk yang menyerupai fiber dan menyerupai baja.

Kasa nyamuk stainless yang menyerupai fiber ini mempunyai ketebalan yang tipis yang biasanya dipasang pada jendela. Sementara kasa nyamuk stainless yang menyerupai baja biasanya dipasang di pintu karena ketebalannya lebih besar dibandingkan fiber.

Banyak orang yang menggunakan pintu kasa baja ini tidak hanya sebagai pencegah masuk nyamuk ke dalam ruangan. Pintu kasa baja ini juga digunakan untuk menambah nilai estetika karena mempunyai penampilan yang sangat modern.

BACA JUGA: 7 Jenis Kasa Nyamuk dan Cara Membersihkannya

Tentukan Pilihan Anda!

Dari semua material kasa nyamuk yang sudah kami jelaskan di atas, Anda tentu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Bila Anda punya budget yang kecil dan fungsinya hanya untuk mencegah nyamuk masuk ke ruangan, memilih kasa nyamuk berbahan fiber juga tidak masalah.

Namun bila Anda punya sedikit lebih besar, sebaiknya gunakan kasa nyamuk berbahan alumunium. Karena kasa yang terbuat dari material ini relatif sangat awet dan tahan lama karena tidak akan mudah berkarat.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai kasa nyamuk yang perlu Anda ketahui. Sekarang sudah banyak kasa nyamuk murah yang tersedia di pasaran. Bahkan pintu kasa baja juga sudah tersedia meskipun dengan harga yang relatif lebih besar.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks