Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Hampir semua  orang menginginkan fungsional barang yang lebih mudah, mungkin Anda sebagai pegawai kantor sudah pernah melihat sebuah jendela yang menggunakan roller blind sebagai alternatif gorden.Selain memiliki banyak manfaat seperti menghalau sinar matahari untuk masuk kedalam ruangan, dekorasi ini juga memiliki tampilannya yang minimalis dengan warna polos yang lembut dan terlihat lebih formal sehingga banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Mempercantik tampilan rumah tidak hanya membuatnya nyaman dilihat, namun nyaman pula untuk ditempati. Berikut dibawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis roller blind yang murah beserta fungsinya yang umum digunakan oleh masyarakat.

Apa itu Roller Blind?

Roller blind adalah salah satu elemen dekorasi interior yang cukup populer untuk menutup jendela dengan cara kertas yang digulung baik di rumah dengan gaya minimalis, apartemen maupun kantor. Biasanya dekorasi ini dipasang pada permukaan kaca sehingga Anda dapat mengatur banyaknya cahaya yang akan masuk kedalam ruangan.

Memiliki ciri dengan bentuknya tipis seperti kertas dengan cara pengaplikasian dan pemasangan roller blind yang sangat mudah, hanya perlu menarik tali katrol rantai dari atas kebawah atau sebaliknya. Penggunaan dekorasi ini mungkin sulit untuk dibersihkan namun tirai jenis ini juga tidak mudah kotor. Pengoperasiannya sendiri lebih mudah, karena Anda tidak perlu membuka tutup secara manual. 

Tidak hanya itu dekorasi ini juga memiliki variasi produk roller blind horizontal dan vertikal. Materialnya juga berbahan ringan dengan pilihan warna yang bermacam-macam sehingga walaupun tampilannya tampak formal, jenis gorden yang satu ini juga tetap memberikan warna pada ruangan Anda.

Jenis-Jenis Roller Blind
Sumber: Pienters

Jenis-Jenis Roller Blind

Ruangan yang sehat membutuhkan paparan sinar matahari dan udara yang cukup. Akan tetapi paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan juga mampu merusak furniture dalam ruangan dan membuat ruangan terasa sangat panas. Oleh sebab itu keberadaan ventilasi dengan penutup roller blind sangatlah penting diperhatikan.

Jenis dari roller blind yang dijual dipasaran sendiri cukup bervariatif, baik berdasarkan fungsinya maupun pengoperasiannya. Berikut informasi yang dapat dipahami mengenai jenis roller blind sesuai dengan kebutuhan Anda

Roller Blind Berdasarkan Fungsinya

Berbeda dengan gorden biasanya yang hanya digeser ke kanan atau kiri, penempatan roller blind juga dapat diletakkan di dinding, jendela atau area outdoor. Berdasarkan fungsinya, gorden jenis ini dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Jenis Shappoint Blackout

Roller blind ini terbuat dari bahan yang cukup tebal yang merupakan kain black out yang mengandung material PVC dan polyester anti panas, sehingga sinar matahari pada siang hari tidak mungkin masuk ke dalam ruangan melalui jendela dan keadaan ruangan akan gelap total. Biasanya roller blind jenis ini dipasang dalam ruangan yang bersifat privasi tinggi seperti area meeting ataupun kamar tidur sehingga membuat pemiliknya lebih nyaman saat berada didalam ruangan.

Harga dari roller blind jenis ini bervariatif tergantung model yang Anda pilih, tiap meternya bekisar sekitar Rp 300,000

2. Jenis Sunscreen

Roller blind ini dapat meminimalisir cahaya matahari yang masuk melalui jendela, mungkin efeknya seperti menggunakan kaca mata hitam. Kain tenunannya tipis dan tembus pandang yang memungkinkan Anda tetap dapat memandang keluar namun privasi Anda tetap terjaga. Biasanya jenis ini digunakan untuk melindungi karya seni pada museum, kantor dan studi di rumah karena membantu memotong pantulan di layar komputer.

Harga dari roller blind jenis ini bervariatif tergantung model dan jenis bahan yang Anda pilih, tiap meternya bekisar sekitar Rp 400,000 hingga Rp 1.400.000

3. Jenis Translucent

Jenis ketiga ini dapat dikatakan tidak transparan namun tetap bisa memasukkan cahaya sinar matahari. Tak hanya itu saja, tipe ini juga dapat Anda pilih dan gunakan apabila Anda tetap ingin menjaga privasi di dalam ruangan tersebut. Umumnya tirai ini digunakan di dapur, ruang tamu, dan ruang makan karena memberikan privasi yang baik, tetapi masih memberikan asupan cahaya yang cukup. Namun, tirai jenis ini tidak cocok digunakan di kamar tidur atau kamar mandi karena pada malam hari dengan lampu menyala, siluet Anda akan terlihat. 

Harga dari roller blind jenis ini bervariatif tergantung model yang Anda pilih, tiap meternya bekisar sekitar Rp 350,000  

Baca juga: 6 Tips Memilih Gorden dengan Desain Rumah Minimalis

Roller Blind Berdasarkan Pengoperasinnya

Setelah mengetahui jenis roller blind menurut fungsinya, Anda juga perlu mengetahui 4 jenis roller blind yang murah berdasarkan cara pengoperasiannya, hal itu akan dijelaskan seperti informasi dibawah ini:

1. SPRING FLEXT STOP

Pengoperasian jenis roller blind ini dilakukan dengan mudah, bandul yang terletak pada tengah tirai dapat ditarik untuk menaikkan atau menurunkan roller blind. Sistem ini paling sering digunakan oleh area tempat tinggal, karena terbilang praktis akan tetapi harus pengoperasiannya harus dilakukan dengan hati-hati agar bandul tidak mudah lepas.

2. Spring Chain

Cara pengoprasian roller blind ini sangat mudah, untuk membuka dan menutup tirai rantai hanya perlu ditarik dan diulur agar besarnya cahaya masuk dapat bergerak sesuai keinginan dan kebutuhan Anda

3. One Touch

Sistem pengoperasian dari jenis roller blind ini dilakukan secara manual menggunakan rantai. Akan tetapi Anda hanya perlu menariknya sedikit saja saat akan menutup jendela karena tirai akan turun dengan sendirinya, begitu pula dengan sebaliknya.

4. Automatic

Dekorasi yang satu ini sudah terbilang cukup canggih dibanding sistem roller blind lain, Anda hanya perlu menekan tombol pada remot control tirai agar dapat membuka dan menutupnya. Roller blind ini telah dilengkapi dengan motor penggerak otomatis yang dapat anda operasikan dari jarak jauh.

 

Cukup jelas bukan informasi mengenai jenis roller blind yang sering dijual dipasaran? Mungkin tidak ada salahnya jika Anda memasang dekorasi ini untuk mempercantik tampilan rumah maupun kantor Anda. Pilihlah jenis roller blind murah namun berkualitas dari distributor CV D’Big Interior, karena perusahaan ini menjual aneka roller blind dengan harga yang ekonomis baik untuk hunian maupun perkantoran.

Yuk tentukan roller blind yang cocok untuk ruangan Anda!


Author

%d bloggers like this: