Dalam beberapa waktu ke belakang ini rumah minimalis tengah populer, terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Tidak mengherankan kalau penjual gorden murah Jakarta juga banyak.

Konsep rumah minimalis ini muncul ketika luas tanahnya tidak punya ukuran yang besar. Namun meskipun di tempat yang kecil, Anda tentu tetap bisa berada di dalam rumah dengan nyaman.

Bahkan tak sedikit orang yang lebih tertarik untuk tinggal di rumah minimalis ketimbang rumah besar. Karena mereka menganggap rumah minimalis ini sangat simpel dan mudah ditata setiap harinya.

Tips Memilih Gorden untuk Rumah Minimalis

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih gorden untuk melindungi ruangan dari cahaya luar. Apa saja itu? Simak penjelasan kami berikut ini.

1. Model

Model gorden yang tersedia di pasar sangat beragam yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. Namun khusus untuk desain rumah yang minimalis, gunakan model gorden yang sederhana saja. Kemudian sesuaikan dengan warna cat dinding ruang tamu Anda.

Pemilihan model gorden yang terlalu banyak kurang efektif untuk rumah minimalis. Anda bisa menggunakan gorden dengan model spanyol supaya menghasilkan ruang tamu yang terkesan mewah.

Model gorden yang satu ini tidak mempunyai banyak corak ketimbang jenis gorden pada umumnya. Sehingga ruangan rumah Anda akan tetap terlihat minimalis juga.

2. Warna

Warna gorden yang cocok untuk desain rumah minimalis diantaranya adalah warna-warna klasik, misalnya gold dan coklat. Kedua warna tersebut bisa memberikan kesan ilusi, sehingga akan membuat ruangan terasa lebih luas.

Namun untuk ruangan yang memiliki dinding putih, sesuaikan saja dengan warna furniture yang ada di ruang tamu.

3. Tema

Kami sarankan untuk memilih gorden yang dapat membuat suasana di dalam ruangan menjadi lebih hidup. Anda bisa menyesuaikan tema gorden tersebut dengan corak yang terdapat pada kursi di ruang tamu. Selain akan memberikan kesan yang rapi, tema gorden yang sesuai juga bisa membuat isi ruangan menjadi lebih menarik.

Namun hindari untuk untuk memakai tema yang terlalu ramai karena dapat memberikan kesan berlebihan. Sehingga ruangan Anda akan terlihat lebih sesak dan penuh.

4. Motif

Motif garden sekarang ini sudah sangat bervariasi dan setiap motifnya memiliki keunggulan masing-masing. Hampir semua motif gorden yang ada di pasaran itu bagus, namun sesuaikan dengan desain ruangan Anda.

Jika dinding rumah Anda sudah diberi wallpaper bermotif atau stiker, lebih baik gunakan gorden yang tidak bermotif atau polos. Namun jika ruang tamu Anda berwarna polos, gunakan gorden yang bercorak.

5. Bahan

Jika ruang tamu rumah Anda ingin dimasuki oleh sinar matahari, gunakanlah gorden yang terbuat dari bahan blackout. Namun hal itu akan membuat temperatur di dalam ruangan menjadi lebih panas dan silau.

Tapi kalau kaca rumah Anda sudah terbuat dari material riben, gunakan saja gorden yang terbuat dari bahan tipis.

6. Warna

Warna memiliki dampak yang cukup besar pada setiap orang, termasuk gorden yang ada di ruangan. Warna yang cerah biasanya akan memberikan mood yang baik kepada orang-orang yang melihatnya.

Selain itu, warna-warni di ruangan juga bisa membuat ruangan rumah menjadi lebih cerah. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang mempunyai desain rumah minimalis.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih gorden. Sekarang memang telah banyak toko yang jual gorden murah Jakarta, namun sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks