Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Apakah yang Anda ketahui mengenaik pintu lipat PVC atau folding door PVC? Saat ini sedang trend menggunakan pintu yang satu ini sebagai penyekat antar ruangan. Bahan PVC sendiri sebagian besar digunakan sebagai bahan atau material bangunan seperti pipa, atap bangunan, hingga berkontribusi dalam insulasi listrik dalam bentuk kabel. Sifat material PVC membuatnya cocok untuk berbagai macam penggunaan

Sebelum Anda membeli produk ini, sebaiknya simak artikel berikut untuk mengetahui manfaat dan kelebihan yang ditawarkan oleh pintu lipat PVC agar pembelian sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel berikut dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang sedang memilih pintu pembatas untuk area kantor maupun hunian.

5 Warna Gorden yang Dilarang Keras Dipakai, Jangan Sampai Sengsara Cuma  Gara-Gara Ini - Sonora.id

Baca juga:  7 Bahan Gorden Rumah Minimalis di Jakarta

Apa itu Pintu Lipat PVC

Pintu Lipat PVC adalah pintu penyekat yang dapat dilipat dan terbuat dari bahan plastik PVC yang kuat, PVC sendiri mempunyai kepanjangan polivinil klorida. Bahan jenis ini memiliki tingkat populasi pemakaian tertinggi di seluruh dunia karena materialnya memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki bahan pintu lainnya.

Model pintu ini terkesan seperti hunian ala Cina dan Jepang yang memiliki konsep lebih simpel, hemat ruang dan tidak memakan banyak tempat. Umumnya pintu ini memiliki ketebalan antara 1 cm hingga 3 cm, sehingga sangat mudah untuk dioperasikan baik semua kalangan usia. Sistem kerja dari Pintu lipat PVC ini sangat mudah yakni tinggal digeser saja dan menggunakan dua cara yakni tutup ke samping ataupun dua bagian pintu yang tutup dengan cara ditarik ke tengah.

Apa itu Pintu Lipat PVC
Sumber: Pinters

Manfaat Pintu Lipat PVC

Selain sebagai dekorasi interior, fungsi dasar dari penggunaan pintu lipat PVC yaitu sebagai akses pembatas dan partisi sebuah ruangan antara daerah satu dengan yang lainnya. Gaya lipat pada pintu memberikan kemudahannya dan aksen minimalis saat diterapkan pada area rumah atau hunian Anda. Selain itu pintu ini tidak memiliki daun handle terpisah, Anda cukup mendorong pintu ke kiri atau ke kanan untuk membuka dan menutupnya.

 

Biasanya ukuran panjang penggunaan pintu dapat  disesuaikan dengan kebutuhan, pintu lipat PVC dapat digunakan pada area ruang kelas, ruang kampus, ruang meeting hingga rumah pribadi seperti area penyekat ruang tengah, halaman belakang atau kebun. Anda tidak perlu pusing menentukan cat maupun bahan material untuk membuat partisi dinding minimalis. Anda dapat mengatur ruangan semakin nyaman dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

Manfaat lain yang dapat Anda rasakan saat menggunakan pintu lipat PVC pada area properti, yaitu:

  • Memperindah dekorasi ruangan dengan serangkaian warna natural yang ditawarkan
  • Ruangan terlihat lebih elegan dan simpel karena partisi ini tidak bersifat permanen
  • Memaksimalkan fungsional ruangan karena partisi dapat dipasang ataupun lepas secara mudah.
  • Sebagai pembatas ruangan satu sama lain dengan fungsi yang lebih minimalis
  • Penggunaan partisi dengan material tertentu dapat meredam suara

Pada umumnya pintu ini hanya dapat digunakan sebagai penyekat seperti tembok, bukan sebagai pintu di bagian luar rumah yang dapat menghalau keluar masuknya orang lain karena ketahanannya terhadap cuaca atau tekanan sendiri terbilang rendah.

Kelebihan Pintu Lipat PVC

Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat yang diberikan pintu lipat PVC, sekarang Anda perlu mengetahui kelebihan yang diperoleh dibanding penggunaan jenis pintu lain pada area properti Anda, yaitu:

1. Anti Rembes

Bahan PVC pada umumnya digunakan untuk bahan pipa, sehingga material ini memiliki kemampuan anti rembes yang sangat terpercaya.

Cegah Tembok Rembes Air dengan Pelapis Anti Bocor | AM
Sumber: ambpi.com

Penggunaan Pintu dengan bahan PVC biasanya akan memiliki daya tahan yang lebih lama karena perawatan pintu ini sangat mudah dibanding material pintu lainnya. Pintu jenis ini tidak akan basah dan berbekas seperti pintu jenis kayu jika terkena tumpahan air.

2. Tidak Cepat Kotor

Terlihat Biasa oleh Pemilik Rumah, Tanpa Disadari 7 Spot Kotor Ini Bakal Langsung Diperhatikan Tamu - TribunStyle.com
Sumber: style.tribunnews.com

Karena bahan PVC yang terbuat dari plastik dengan permukaanya halus tanpa tekstur sehingga pintu tidak mudah ditempeli oleh debu. Pintu jenis ini tergolong mudah dibersihkan, karena jika pintu terlihat kotor Anda hanya perlu menggosoknya dengan kain microfiber, setelah itu tampilan pintu akan terlihat seperti baru lagi.

3. Anti Karat

Terbukti ini Penyebab Engsel Pintu Anda Berkarat! - Inspirasi Graha Elite
Sumber: grahaelite.com

Bahan plastik PVC umumnya awet dan tidak mudah berkarat, karena sifatnya yang anti panas dan air. Umumnya barang yang tidak tahan karat seperti besi akan memiliki masa penggunaan yang lebih sebentar. Bahan PVC juga tidak memerlukan pengecatan ulang karena warnanya yang akan bertahan lama hingga bertahun-tahun.

4. Anti Rayap

Kelebihan Pintu Lipat PVC
Sumber: Istockphoto

Selain anti karat yang dapat menyebabkan korosi, pintu ini juga anti rayap. Rayap sendiri lebih sering merusak pintu dengan bahan dasar kayu. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan perakitan pintu lipat PVC, Anda sepenuhnya akan aman menggunakan penyekat jenis ini

5. Memiliki Banyak Model

Plus Minus Memakai Pintu PVC untuk Kamar Mandi
Sumber: dekoruma.com

Pengguna pintu lipat PVC biasanya tidak akan cepat bosan. Karena folding door PVC mempunyai banyak pilihan warna dan tidak perlu menjalani proses pengecatan ulang. Anda dapat memilih berbagai desain yang ditawari oleh pintu ini, sesuai dengan fungsi dan selera yang akan digunakan

6. Lebih Ringan dan Lentur

Berbeda dengan pintu lipat yang terbuat dari besi ataupun kayu, jenis PVC akan jauh lebih ringan, sehingga pengoperasiannya dapat dilakukan pada orang tua hingga anak kecil. Selain itu pintu lipat ini juga dapat meminimalisir risiko anak Anda yang terjepit pada bagian engsel, karena pada umumnya pintu ini bersifat lebih lentur.

7. Ekonomis

Pintu jenis ini tergolong lebih hemat biaya karena penyekatan rumah menggunakan tembok juga akan memakan biaya yang cukup tinggi. Selain produk ini tergolong murah, pemasangannya juga lebih mudah dan tidak membutuhkan orang yang ahli. Proses pemasangannya akan lebih cepat dan tidak membutuhkan orang yang terlalu banyak jika dibandingkan dengan pintu berbahan dasar lainnya. 

Nah sudah tahu tentang manfaat dan kelebihan yang ditawarkan oleh pintu ini bukan, lalu apakah Anda tertarik untuk menggunakan pintu jenis ini untuk dekorasi rumah Anda? Harga pintu lipat PVC ini dijual dengan kisaran harga Rp.1.200.000 hingga 6.500.000 per meter, tergantung tinggi pintu, bahan acrylic dan variasi model yang Anda pilih. Saat ini pintu lipat PVC juga mudah ditemukan di toko material terpercaya.

CV D’Big Interior merupakan distributor dekorasi interior yang sudah cukup terkenal di Indonesia, memiliki teknisi handal dan berpengalaman dengan hasil pemasangan yang lebih rapi dan Bagus. Sehingga tidak diragukan lagi model pintu lipat PVC yang ditawarkan bervariatif, dipadu dengan kualitas dan harga yang lebih murah dipasaran.

Editor: Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks