Indonetwork, Mesin Alat Berat – Bulldozer merupakan alat berat yang umum dikenal oleh masyarakat. Tidak jarang adanya pihak yang menyewakan atau jual bulldozer China untuk bantu mengoptimalkan pelaku usaha bidang industri. Selain itu bentuk bulldozer yang memiliki ciri khas membuat alat ini mudah ditemukan dalam konstruksi bangunan, pertanian, pertambangan, industri manufaktur berat, basis-basis militer, bisa juga ditemukan digunakan untuk kepentingan perumahan dan hidup masyarakat. 

Sebelum Anda menyewa atau membeli produk bulldozer, ada baiknya untuk mencari tahu secara lengkap informasi mengenai produk bulldozer untuk proyek bangunan, supaya Anda tidak mengalami kerugian.

Jenis-Jenis Buldozer 

Memilih alat berat yang tepat dan mencari tahu medan lokasi pengerjaan sangatlah penting. Oleh karena itu, seseorang harus merenungkan opsi yang tersedia pada salah satu rental atau penjual bulldozer China.

Berikut dibawah ini terdapat empat jenis bulldozer yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti:

1. Crawler Bulldozer

Crawler Bulldozer

Tipe bulldozer satu ini tidak menggunakan roda sebagai alat penggeraknya melainkan menggunakan alat penggerak crawler seperti yang digunakan pada tank. Crawler bulldozer biasanya dilengkapi dengan ripper di bagian belakangnya, sebuah alat yang mirip dengan cakar yang berfungsi memecah material yang keras atau menggumpal.

Biasanya jenis bulldozer ini lebih banyak digunakan untuk memindahkan bahan material di lahan yang tidak rata sehingga lempengan baja pada bagian depannya bisa memindahkan material seperti pasir, tanah, atau bahan material berat lainnya.

2. Wheel Bulldozer

Wheel Bulldozer

Jenis bulldozer ini memiliki bentuk ban yang lebih besar dibanding produk sebelumnya, namun produk ini memiliki kinerja yang lebih halus dan memiliki performa tinggi. Selain penggunaan yang relatif lebih mudah dengan hasil yang lebih maksimal bulldozer type wheel juga menggunakan sistem hidrolik steering sehingga membuatnya lebih fleksibel dan bisa menjangkau area yang lebih sempit.

3. Bulldozer Mini

Mini Bulldozer

Bulldozer  dengan kapasitas mini ini biasanya digunakan untuk jenis proyek dengan kapasitas mini seperti tugas perataan dan pembersihan area jalan. Bulldozer mini sangat bagus untuk proyek yang membutuhkan lebih banyak kemampuan manuver dan keserbagunaan daripada alat berat yang lebih besar.

4. Bulldozer Hibrida

Hybrid Bulldozer

Jenis bulldozer ini dilengkapi dengan peralatan canggih yang memanfaatkan komponen elektronik dan dilengkapi kombinasi bilah yang dapat bekerja dalam kondisi tergenang air dan sangat keras secara bersamaan

Baca juga: 5 Manfaat Bulldozer Dalam Proyek Pembukaan Lahan

Model Blade Pada Bulldozer

Sekilas mungkin bulldozer akan tampak sama antara satu dan lainnya, begitu juga dengan fungsinya yang berguna untuk mengangkat, menggali ataupun mendorong material yang dibutuhkan. Namun jika Anda cermati model blade pada bulldozer tidak sama antara satu dan lainnya, setiap model blade akan menyesuaikan kebutuhan dan kapasitas si pemakainya.

Berikut terdapat beberapa model bulldozer, yang sering digunakan untuk kebutuhan para pengusaha khususnya pengolahan hasil bumi, seperti:

1. Bulldozer  Universal Blade (U-blade)

U Blade
Sumber: www.excavatorblade.com

Jenis bulldozer ini dilengkapi dengan sayap yang besar dan agak melengkung.  Sayap yang terdapat pada bulldozer berfungsi menjaga material agar tidak tumpah saat bergerak sehingga meningkatkan produktivitas. Hal tersebut bertujuan dengan memungkinkan bulldozer membawa atau mendorong muatan lebih banyak dalam waktu singkat. 

Umumnya bulldozer dengan jenis ini digunakan pada tanah lunak maupun tanah dengan kepadatan sedang.  Biasanya dilakukan untuk pekerjaan reklamasi tanah atau membongkar dan memindah tumpukan batu.

2. Straight Blade (S-blade)

Straight Blade (S-Blade)
Sumber: alat-berat07.blogspot.com

Jenis bulldozer ini sangat cocok digunakan untuk berbagai keperluan seperti penggalian struktur tanah dan penimbunan. Model ini mampu membongkar atau menggali material berbutir halus, sedang, maupun berat. S-Blade memiliki ukuran terpendek, serta tidak memiliki sayap samping. Alat ini melekat pada lengan di sudut belakang blade.

Hanya saja, S-Blade memiliki keterbatasan kemampuan dalam mengangkat dan membawa material. Banyak material yang tumpah, karena ketiadaan sayap samping. Blade ini idealnya digunakan untuk pekerjaan penimbunan dan meratakan jalan.

3. Angling Blade (A-Blade)

Angling Blade (A-Blade)
Sumber: www.weldco-beales.com

Jenis bulldozer ini biasanya digunakan untuk membuang muatan ke arah samping, pembukan jalan baru, menggali saluran air. Alat dilengkapi dengan bantalan karet (rubber cushion) yang berfungsi  untuk meredam tumbukan, selain digunakan untuk push loading, karet juga dipakai untuk pemeliharaan jalan dan pekerjaan dozing lainya.

4. Cushion Blade (C-Blade)

Cuchion Blade (C-Blade)
Sumber: www.equipmentworld.com

Alat ini juga dilengkapi dengan bantalan karet untuk meredam tumbukan. Bilah pada bulldozer dapat dipasang lurus melintasi bingkai depan, atau pada suatu sudut, terkadang menggunakan silinder  tambahan untuk memvariasikan sudut bilah saat bergerak. Lebar C-blade memungkinkan peningkatan manuver. Blade jenis ini lebih sering digunakan untuk pemeliharaan jalan dan pekerjaan dozing ringan lainnya

5. Semi U-Blade

Semi U Blade
Sumber: rocklandmfg.com

Jenis bulldozer semi U-Blade, atau terkadang disebut U-Blade for light material, seperti memadukan antara model U-Blade dan S-Blade. Artinya, ukurannya tidak sependek S-Blade. Tapi ukurannya lebih kecil dari U-Blade. Alat ini dilengkapi dengan sayap samping, tetapi kurang melengkung seperti U-Blade.

Memiliki desainnya ideal untuk mendorong dan mengangkat material dengan jarak cukup jauh. Dibandingkan S-Blade, maka Semi U-Blade memiliki penetrasi lebih kuat. Model ini bisa mendorong dan membawa material di medan lunak hingga kepadatan sedang.

6. Power-Angle-Tilt (PAT) Blade

Power Angle Tilt Blade
Sumber: rocklandmfg.com

Model blade ini bisa dikatakan paling serbaguna, karena mudah melakukan manuver dari berbagai sudut. Operator cukup mengendalikannya dari kabin, misalnya mengatur manuver miring atau mengangkat blade dari semua arah. Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan PAT Blade antara lain mengais, membersihkan lahan, meratakan, menimbun, dan sebagainya.

7. Bowl Dozer

Bowl-Dozer
Sumber: www.heavyequipmentforums.com

Fungsi blade yang satu ini mampu membawa atau mendorong dengan jumlah yang lebih sedikit, hal ini dikarenakan alat yang efisien karena adanya dinding-dinding besi di samping blade sehingga tidak akan tumpah. Jenis bilah ini bisa digunakan untuk jarak cukup jauh. Beberapa perusahaan kayu dan pertambangan batubara, bisa menggunakan jenis blade ini untuk keperluan pengolahan.

Rekomendasi Bulldozer China 

Perkembangan dunia bisnis yang semakin meningkat, membuat beberapa orang menginginkan mesin atau alat yang dapat membantu mobilitas produksinya semakin mudah. Jika Anda membutuhkan produk bulldozer yang berkualitas dengan harga yang bersahabat, maka jual bulldozer China adalah pilihan utama yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. PT. Gaya Makmur Tractors juga dapat mendukung kebutuhan konstruksi dengan cepat dengan aman. 

Gaya Makmur Tractors hadir di Indonesia selama lebih dari belasan tahun, perusahaan ini cukup terkenal di kalangan pebisnis industri. Anda dapat menghubungi atau berkonsultasi dengan pihak Gaya Makmur Tractors (GM tractors) menjadi satu-satunya distributor yang jual bulldozer China, alat berat, dan konstruksi jalan lainnya berasal. Perusahaan ini juga menjadi satu-satunya distributor resmi di Indonesia dengan merek Shandong Shantui Construction Machinery (Shantui).

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks