Bagi Anda yang bekerja di industri konstruksi pasti tidak akan asing lagi dengan istilah bulldozer. Manfaat bulldozer ini sangat beragam, salah satunya adalah meratakan permukaan tanah supaya bisa digunakan.

Bulldozer ini juga sering disebut dengan traktor ketika sudah ditambahkan dengan alat tambahan lain berupa pisau. Bulldozer China menjadi produk yang banyak digunakan oleh banyak orang. Sehingga banyak juga perusahaan yang jual bulldozer China.

Apa Itu Bulldozer?

Bulldozer adalah peralatan konstruksi atau alat berat yang bertipe traktor. Alat ini menggunakan rantai yang dilengkapi dengan pisau di bagian depannya.

Istilah bulldozer ini juga sering digunakan untuk berbagai peralatan berat lainnya seperti loader dan eskavator. Pada semua peralatan berat ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Manfaat Bulldozer

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh bulldozer yang perlu Anda ketahui.

1. Clearing

Manfaat pertama dari bulldozer yaitu clearing atau penebasan. Alat ini punya pisau di bagian depannya yang berfungsi untuk membersihkan lokasi dari semak-semak, sisa pohon yang sudah di tebah, atau menghilangkan bagian tanah yang lainnya.

Semua pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan memanfaatkan alat bulldozer. Sehingga proses ini tidak akan memakan banyak waktu dan tenaga.

Dozer yang berkualitas tentu saja akan membuat kinerjanya menjadi lebih efektif lagi. Karena produk dozer terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur canggih, misalnya dozer Shantui

Jadi tidak heran kalau sekarang telah banyak perusahaan yang jual dozer Shantui atau jual bulldozer shantui di Indonesia.

2. Pioneering

Manfaat bulldozer yang selanjutnya adalah pioneering atau perintisan. Proses ini adalah kelanjutan dari proses clearing. Setelah lahan tersebut dibersihkan pohon-pohon atau semak-semaknya, maka akan diratakan terlebih dahulu dengan menggunakan bulldozer.

Pada proses ini juga akan dibuat jalan darurat yang berguna untuk perlintasan transportasi alat mekanik. Bahkan pada proses ini juga akan mulai dibuat saluran air yang berfungsi untuk drainase tempat kerja.

3. Angkut Jarak Pendek

Bulldozer juga dapat digunakan untuk menggali material dan mengangkutnya ke lokasi yang lain. Namun perlu diperhatikan bahwa dozer ini hanya dapat mengangkut dengan jarak pendek saja. Alat ini tidak akan efektif jika digunakan untuk jarak jauh.

Jarak dorong bulldozer dengan roda besi kurang dari 200 ft. Sementara roda karet jarak dorongnya kurang dari 400 ft. Pemakaian yang lebih dari itu tidak akan berjalan dengan efisien.

4. Menyebarkan Material

Untuk menyebarkan material ke seluruh permukaan tanah masih bisa memanfaatkan dozer. Bahkan Anda bisa menyesuaikan ketebalannya. Misal ketebalannya harus harus dapat bisa ditumpuk dan dapat dilalui oleh truk atau alat angkut lainnya.

5. Penimbunan Kembali

Proses penimbunan ulang bisa dilakukan dengan memanfaatkan bulldozer. Penimbunan ini dilakukan untuk menutup kembali gorong-gorong bawah tanah, penimbunan lokasi pondasi atau tiang penyangga. Bahkan Anda juga dapat menutup kembali pipa minyak, pipa gas, atau pipa air setelah dipasang.

6. Menarik

Bulldozer juga dapat Anda gunakan untuk menarik beban yang berat atau alat mekanis lainnya yang mengalami kerusakan. Anda bisa memindahkannya ke suatu tempat yang diinginkan, namun dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Itulah beberapa manfaat bulldozer yang perlu Anda ketahui. Manfaat dari alat mekanis ini sangat kompleks, namun jika ingin digunakan untuk alat angkut, pastikan jaraknya tidak terlalu jauh. Kemudian juga harus disesuaikan dengan jenis ban yang digunakan.


Enable Notifications    OK No thanks