Indonetwork, Bisnis – Tentu saja bagi pegawai kantoran sudah terbiasa mengenal pekerjaan dengan tugas utama seperti pemeliharaan kebersihan gedung baik secara indoor ataupun outdoor sehingga tercipta suasana yang nyaman dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Pekerjaan ini biasa disebut dengan jasa cleaning service atau bisa juga dikenal sebagai office boy/girl.

Umumnya sebuah kantor dengan lingkup gedung yang cukup luas membutuhkan jasa cleaning service bukan 2-3 orang saja, akan bisa sampai puluhan. Biasanya setiap lantai akan disediakan cleaning service baik wanita maupun pria untuk membantu mobilitas setiap karyawan. Namun tahukah kamu, bahwa setiap setiap penyedia jasa ini memiliki SOP tertentu dengan tugas utama yang wajib dilakukan, seperti penjelasan di bawah ini!

Tugas Utama Cleaning Service

Jasa cleaning service yang telah Anda gunakan biasanya akan bekerja secara shifting untuk memantau kebersihan setiap lantai gedung baik area toilet, area luar ruangan hingga dalam ruangan. Terlebih lagi adanya aktivitas pencegahan covid-19 yang membuat petugas kebersihan gedung harus bekerja dengan ekstra dan hati-hati karena mobilitas setiap pengunjung gedung maupun karyawan akan sangat padat pada siang hari. Adapun tugas utama yang umumnya diminta setiap pengelola gedung kantoran yaitu, seperti:

1. Menyapu dan Mengepel Lantai

Keunggulan Menggunakan Jasa Cleaning Service

Kegiatan ini dianggap prioritas dan biasanya akan dilakukan baik pada area dalam maupun luar ruangan dan dimaintenance secara berkala. Supaya memaksimalkan kegiatan biasanya dilakukan oleh alat pel basah dan kering dan setelah itu kembali di vakum agar lantai kembali mengkilap. Biasanya kebersihan lantai ini tidak cukup dilakukan oleh satu orang karena lantai memiliki permukaan yang luas.

2. Menggosok Toilet atau Kamar Mandi

Keunggulan Menggunakan Jasa Cleaning Service

Area toilet merupakan hal yang paling penting dibersihkan, karena wilayah ini sebagai sumber penyebaran penyakit. Ketika toilet bersih tentu karyawan ataupun pengunjung yang hadir akan merasa nyaman. Pihak cleaning service akan membersihkan secara detail mulai dari bagian toilet, dinding, lantai hingga wastafel. Ciri kamar mandi yang baik yaitu tidak licin, memiliki penerangan yang baik dan wangi.

3. Membersihkan Debu Pada Kaca

Pembersihan debu oleh jasa cleaning service dilakukan secara rutin biasanya sekitar seminggu sekali, baik pada kaca yang menghubungkan pada luar ruangan maupun kaca penyekat interior. Tentu saja jika gedung kantor yang dibangun pada pinggir jalan dengan aktivitas padat, debu yang menempel akan semakin banyak. Pembersihan debu dilakukan supaya kantor tetap steril dan bebas kusam.

4. Pemeliharaan Atribut dan Aksesoris Kantor

Jasa cleaning service pada gedung juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemeliharaan terhadap seluruh atribut dan aksesoris kantor. Hal ini seperti pemeliharaan meja, sofa, kursi, laci kantor yang perlu di lap secara rutin.

5. Memastikan Kerapihan Gedung

Keunggulan Menggunakan Jasa Cleaning Service

Kerapihan gedung yang perlu dilakukan oleh jasa ini seperti memperharikan dengan baik dekorasi interior maupun eksterior kantor. Supaya lebih maksimal biasanya pembersihan deu dilakukan dengan kanebo atau vacuum cleaner secara detail.

6. Memunguti Sampah atau kotoran di Area Kerja

Pemungutan sampah di area kerja ini maksudnya setiap hari jasa cleaning service harus memastikan setiap sudut ruangan, sekitar  meja karyawan, toilet dan tempat lainnya bebas dari sampah kertas maupun plastik yang berceceran sekecil apapun. Hal ini bertujuan supaya karyawan merasa nyaman pada area kantor tempat bekerja. 

7. Membuang sampah ke TPA

Bak sampah yang tersedia pada setiap lantai dan sudut ruangan, harus diperiksa secara berkala untuk memastikan sampah selalu dalam keadaan kosong. Umumnya sampah gedung kantor harus dilakukan pemisahan antara sampah organik dan anorganik supaya tempat sampah tidak mudah kotor dan bau dan pihak jasa cleaning service juga tidak kerepotan dalam memilah sampah pada TPA.

Keunggulan Menggunakan Jasa Cleaning Service

Keunggulan Menggunakan Jasa Cleaning Service
Sumber: Istockphoto

Setiap gedung bahkan kantor saat ini pasti telah memiliki cleaning service untuk membantu seluruh kegiatan pembersihan supaya nyaman dalam bekerja. Berikut dibawah ini yang menjadi pertimbangan pengelola gedung menggunakan jasa cleaning service untuk kebutuhan sehari-hari yaitu:

  • Jasa ini tentu akan menggunakan petugas yang terlatih dan detail dalam mengerjakan pembersihan setiap ruangan sehingga hasil kerjanya sendiri lebih berkualitas dibanding pekerja yang tidak terlatih
  • Ketika Anda menggunakan jasa cleaning service dari suatu agency maka akan disediakan alat yang memadai untuk kebersihan properti
  • Membantu Anda lebih produktif dalam bekerja sehingga tidak ada alasan untuk menunda pekerjaan
  • Biasanya cleaning service akan bekerja secara maksimal ketika gedung telah sepi supaya pekerjaanya sendiri tidak mengganggu mobilitas karyawan yang ada.

Baca juga:  TUGAS POKOK DAN JOB DESK CLEANING SERVICE

Penyedia Jasa Cleaning Service Terbaik

Menjaga kebersihan umumnya merupakan kewajiban setiap karyawan kantor. Perlu Anda ketahui bahwa setiap area kantor pasti memerlukan jasa cleaning service karena karyawan tidak akan sempat untuk mengadakan piket harian untuk pembagian tugas membersihkan area kantor. Solusi terbaik pada setiap kantor yaitu mencari jasa cleaning service yang tentunya sangat ahli di bidang pemeliharaan dan kebersihan properti.

PT. Indonesia Bersih Rapi, merupakan distributor yang menyediakan jasa cleaning service, jasa office boy atau girl baik untuk membantu kebersihan rumahan, sekolah, tempat umum maupun area perkantoran. Perusahaan ini sudah berdiri cukup lama di daerah Jawa Timur dan tentunya sudah banyak klien yang mempercayakan penyediaan jasa ini pada PT. Indonesia Bersih Rapi.

Cleaning service yang disediakan sebelumnya sudah melakukan training  dan pelatihan mengenai keahlian, kejujuran, perilaku dan keramahan. Tunggu apa lagi, hubungi perusahaan ini sekarang juga dan lakukan konsultasi pada pelayanan yang ramah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks