Indonetwork, Bisnis – Cleaning service adalah petugas yang memberikan pelayanan kebersihan. Job desk cleaning service tentu saja berfokus pada layanan kebersihan, kerapihan, dan higienis sebuah gedung atau bangunan. Dengan begitu keberadaan cleaning service bisa membuat aktivitas di dalam gedung menjadi lebih nyaman.

Anda sebagai pemilik bisnis di suatu gedung atau bangunan tentu saja membutuhkan seorang cleaning service. Anda bisa menggunakan layanan jasa cleaning service Jakarta atau mempekerjakan orang secara mandiri.

Apabila Anda adalah orang yang ingin bekerja sebagai cleaning service tentu saja harus tahu terlebih dahulu job desk atau tugasnya seperti apa. Karena tugas Anda bukan hanya membersihkan lantai saja, namun lebih dari itu.

Job Desk Cleaning Service

Keuntungan Menggunakan Jasa Cleaning Service untuk Perusahaan Anda – Selamanya.id | Referensi Traveler Indonesia
Sumber: selamanya.id

Lalu apa saja job desk cleaning service yang harus dilakukan setiap hari? Simak rangkuman kami berikut ini.

1. Pengelapan

Setiap hari Anda harus melakukan kegiatan megelap pada benda-benda yang ada di dalam ruangan. Pekerjaan ini biasanya dilakukan di pagi hari sebelum Anda melakukan pekerjaan yang lainnya.

10 Tips untuk Membersihkan Kaca Jendela Bebas Bekas
Sumber: rukita.co

Benda-benda yang harus Anda lap bukan hanya yang ada di dalam ruangan saja. Investasi kantor, meja, kursi, dan semua peralatan kantor harus dilap sehingga bisa terlihat lebih rapi dan nyaman digunakan.

Beli KIP Tali Tambang Plastik PE Biru 10mm 1roll | monotaro.id

Baca juga: 4 JENIS TALI TAMBANG PLASTIK DAN PENGAPLIKASIANNYA

2. Penyapuan

Pekerjaan lainnya untuk seorang cleaning service adalah menyapu baik yang ada di dalam maupun luar ruangan. Ruangan yang harus disapu harus sesuai dengan instruksi yang diberikan karena dalam satu gedung bisa saja ada dua atau lebih cleaning service.

Cara Menyapu Lantai Rumah yang Benar agar Bebas Debu - Berkeluarga
Sumber: berkeluarga.id

Selain itu, dalam beberapa kesempatan seorang cleaning service akan menyapu ruangan yang tidak biasa dibersihkan. Misalnya adalah ruangan bos kantor yang hanya boleh dibersihkan oleh orang-orang tertentu saja.

3. Pengepelan

Cara Mengepel Lantai, Bersih Mengkilap | Cleanipedia
Sumber: cleanipedia.com

Job desk cleaning service yang lainnya adalah mengepel lantai kantor yang kotor atau yang tidak higienis. Sebaiknya utamakan untuk mengepel pada lantai kantor yang banyak dilakukan aktivitas atau layanan seperti bagian depan kantor.

4. Pengisian Toilet Supplies

Selain menyapu, mengepel, dan mengelap, tugas lainnya dari seorang cleaning service adalah mengisi toilet supplies. Anda harus memeriksa dan memastikan kalau ketersediaan di dalam toilet harus benar-benar ada.

Demi Kesehatan! Intip Isi Toilet Usai Buang Air
Sumber: lifestyle.sindonews.com

Tidak hanya itu, Anda juga harus membersihkan bagian dalam toilet ini secara rutin dan melengkapi segala keperluannya. Dengan begitu para pekerja bisa melakukan aktivitas di dalam toilet dengan lebih nyaman.

5. Pembuangan Sampah

Redaksi Cewekbanget.id Sehari Menjadi Cleaning Service Lippo Mall Kemang - Semua Halaman - CewekBanget
Sumber: cewekbanget.grid.id

Tugas lainnya dari seorang cleaning service adalah membuang sampah ke tempat sampah. Biasanya di setiap gedung akan ada petugas kebersihan yang membawa mobil khusus untuk mengangkut sampah. Setiap hari Anda harus mengumpulkan sampah dan membuangnya.

Cara Mudah Hilangkan Bekas Double Tape di Tembok

Baca juga: CARA MENGHILANGKAN BEKAS LAKBAN SECARA PRAKTIS

Tugas Pokok Cleaning Service

Pada penjelasan kami di atas lebih berfokus pada pekerjaan harian dari seorang cleaning service. Lalu apa saja tugas pokok dari pekerjaan ini.

Tugas pertama Anda adalah pemeliharaan gedung atau kantor bagian dalam. Misalnya membersihkan plafon, tembong dinding, tangga, pagar, kap lampu, hiasan dinding dan lain-lain.

Tugas kedua adalah memelihara gedung atau kantor bagian luar seperti atap, kaca-kaca tinggi, kaca jendela, halaman, dan sebagainya.

Tugas ketiga akan pemeliharaan toilet seperti plafon, dinding, meja wastafel, pengisian hand soap dispenser, dan sebagainya. Dan tugas yang keempat adalah membersihkan aksesoris kantor seperti membersihkan meja, kursi, filling cabinet, dan lain-lain.

Pintu Tahan Api | Bespoke Range Of Steel Doors | NAFFCO FZCO

Baca juga: STANDAR PINTU TAHAN API SEBAGAI PINTU EMERGENCY EXIT

Itulah beberapa job desk cleaning service yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin bekerja sebagai cleaning service, tentu saja job desk harian dan tugas pokoknya harus dilakukan.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks