Indonetwork, Peralatan Industri – Pernah gak sih Anda mendengar beberapa istilah dari dunia mesin industri? Cukup banyak mesin yang digunakan untuk kebutuhan bahan baku industri. Salah satunya yang populer digunakan yaitu mesin bending plat. Mesin yang satu ini memang tidak banyak dimiliki oleh perorangan, selain harganya yang mahal dan alatnya yang cukup besar akan tetapi bagi pengusaha industri yang membutuhkan atau kontraktor besar yang memerlukannya terdapat jasa bending plat khusus.

Umumnya menggunakan jasa bending plat dengan alat yang canggih relatif murah, tergantung kapasitas bahan plat yang digunakan. Jika Anda masih belum paham mengenai metode pengaplikasian mesin ini, mari simak ulasannya dibawah ini ya!

7 Inspirasi Pemasangan Besi Hollow pada Hunian

Baca juga: 7 INSPIRASI PEMASANGAN BESI HOLLOW PADA HUNIAN

Apa Itu Mesin Bending Plat?

Jual mesin tekuk/bending plat di Lapak adam teknik pratama | Bukalapak

Mesin bending plat adalah suatu alat yang digunakan untuk proses penekukan besi plat pada kebutuhan industri. Proses ini dilakukan secara manual maupun otomatis dengan alat sejenis hydraulic pipe bender. Proses pengerjaanya hampir tidak mengalami perubahan luas permukaan plat karena dibantu dengan tekanan piston pembentuk dan cetakan.

Prinsip mesin bending sendiri yaitu alat yang yang dapat melakukan perubahan bentuk pada suatu benda yang keras dengan cara memberikan gaya deformasi plastis pada bagian yang diberi tekanan.  Nantinya sepotong besi di press lalu dibengkokkan. Bentuk besi yang telah di bending biasanya seperti V, U, W atau bentuk roll yang lainnya. Bending menyebabkan logam pada sisi luar sumbu netral mengalami tarikan, sedangkan pada sisi lainnya mengalami tekanan.

Pengerjaan bending biasanya diperhatikan dari ketebalan material yang cocok untuk dimasukkan ke dalam kapasitas alat yang digunakan, biasanya proses digunakan untuk bahan plat baja karbon rendah untuk menghasilkan suatu produk dari bahan plat seperti sepotong besi panjang, lembaran logam ataupun piring.

Apa Itu Mesin Bending Plat?

Berbagai Metode Bending Plat

Jasa Bending Tekuk Plat Besi Ukuran Ketebalan 0.5 mm s/d 12 mm
Sumber : bengkel-las.co.id

Untuk memenuhi kebutuhan industri tentu proses pembentukan plat besi merupakan hal yang sangat penti, bahkan variannya juga harus beragam. Berikut terdapat delapan metode proses bending plat yang digunakan sesuai kebutuhan industri, yaitu:

1. Angle Bending

Angle Bending with Profile Bending Machine - YouTube
Sumber : youtube.com

Proses angle bending dibuat dengan proses menekuk bagian plat tertentu supaya hasil bending sesuai dengan keinginan, biasanya plat logam dipotong lalu dibuat melengkung dengan sudut 150 derajat hingga hasilnya berbentuk seperti L,V, dan U

2. Press Brake Bending

The rules of press brake tool selection
Sumber : www.thefabricator.com

Proses ini dilakukan dengan membentuk plat yang diletakkan di atas cetakan (die) lalu ditekan dari atas sehingga mendapatkan hasil tekukan yang sempurna dan sama dengan bentuk die. Umumnya die berbentuk U, W, dan ada juga yang mempunyai bentuk tertentu.

3. DraW Bending

Tube Bending: What Is It? How Does It Work? Types Of
Sumber : www.iqsdirectory.com

Proses bending dilakukan dengan mencetak plat dengan press dan roll penekan. Biasanya roll akan berputar menekan plat dan terdorong ke arah cetakan. Pengerjaan plat dengan draw bending ini sangat cepat sehingga mampu menghasilkan produk yang banyak, tetapi kelemahannya adalah pada benda yang terjadi springback yang terlalu besar sehingga hasil menjadi kurang maksimal.

4. Roll Bending

Teknologi Manufaktur: Roll Bending
Sumber : teknikmesinmanufaktur.blogspot.com

Teknik ini merupakan proses bending yang digunakan secara terus menerus hingga membentuk silinder atau bentuk lingkaran dari plat logam yang nantinya disisipkan pada roll yang mengalami perputaran.

5. Roll Forming

What is Roll Forming? | National Material Company - Steel Processing  Facilities
Sumber : www.nationalmaterial.com

Merupakan proses bending dimana pembentukan kontur-kontur dengan menggunakan cold working saat membentuk logam. Logam dibengkokkan secara bertahap dengan melewatkan melalui serangkaian roll. Bahan roll umumnya terbuat dari besi baja karbon atau abu-abu dan dilapisi krom untuk ketahanan aus.

Biasanya bahan yang digunakan memiliki panjang yang dapat dibengkokkan secara individual oleh roll. Biasanya untuk menekuk bahan yang panjang, menggunakan sepasang roll yang berjalan. Produk yang dihasilkan dari pengerjaan ini adalah saluran pipa, besi pipa, dll

Berbagai Metode Bending Plat

6. Seaming

Jual Mesin Seaming Banner Portable di Lapak Pratama Teknik | Bukalapak
Sumber : www.bukalapak.com

Teknik bending ini digunakan untuk menyambung ujung lembaran logam yang membentuk sebuah benda. Sambungannya dibentuk dengan rol-rol kecil yang disusun secara berurutan. Untuk contoh hasil pengerjaan seaming seperti kaleng, drum, ember, dsb.

7. Straightening

Mari Pelajari 4 Peralatan untuk Bending Plat Manual
Sumber : kreasimudaindonesia.com

Proses bending yang dilakukan secara berlawanan dengan proses itu sendiri, karena pada dasarnya teknik ini digunakan untuk meluruskan lembaran logam. Proses ini menggunakan rol-rol yang dipasang sejajar dengan ketinggian sumbu rol yang berbeda, sehingga plat akan lurus seperti bentuk normal.

8. Flanging

Schematic illustrations of the levels of the flange-bending step | Download  Scientific Diagram
Sumber : www.researchgate.net

Proses ini dilakukan hampir sama dengan proses seaming akan tetapi proses ini digunakan untuk melipat dan membentuk permukaan yang lebih besar. Contoh hasil pekerjaan flanging yaitu cover cpu pada komputer, seng berpengait, dll

Namun perlu Anda perhatikan, tidak setiap proses jasa bending plat memiliki kualitas yang baik. Terdapat juga beberapa kemungkinan plat yang gagal produksi sehingga benda mengalami springback, sobek bahkan hingga patah. Sehingga plat yang Anda gunakan dan jasa penyedia yang Anda pilih harus benar-benar ditangani oleh orang yang tepat.

Kelebihan Menggunakan Rangka Konstruksi Baja pada Bangunan

Baca juga: KELEBIHAN MENGGUNAKAN RANGKA KONSTRUKSI BAJA PADA BANGUNAN

Butuh Jasa Bending Plat

PT. Genta Abadi Wibawa Esa

 

Setelah membaca rangkaian informasi mengenai teknik bending plat, apakah Anda sudah mulai mengerti dengan sistematikanya? Nah, jika Anda merupakan distributor penyedia bahan baku yang harus melalui teknik bending plat maka perusahaan ini adalah solusinya.

PT. Genta Abadi Wibawa Esa merupakan perusahaan yang telah berdiri selama puluhan tahun di Jakarta dengan menyewakan spesialis jasa bending besi profile, siku, H-Beam, pipa, jasa pengelasan untuk plat, hingga jasa pembuatan bodem. Tentu besi yang telah di bending oleh perusahaan ini memiliki kualitas yang tetap baik dengan pengolahan yang benar sesuai instruksi. Tidak perlu khawatir karena PT. Genta Abadi Wibawa Esa akan memberikan penawaran harga yang sangat kompetitif dibanding perusahaan jasa bending plat lainnya. Jadi, tunggu apa lagi segera konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda!

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks