Indonetwork, Bahan Bangunan Ketika mendengar konstruksi baja apa yang terlintas dipikiran Anda? Membangun rumah atau gedung adalah sebuah kegiatan yang mengeluarkan biaya cukup besar, terlebih lagi pondasi  pada konstruksi baja gedung harus dibuat semaksimal mungkin supaya menghindari hal yang tidak diinginkan. Dewasa ini banyak bangunan bertingkat yang menggunakan baja semakin penyangga properti. Baja merupakan bahan yang mempunyai sifat struktur yang baik.

Biasanya pembangunan dengan rangka konstruksi baja yang kokoh digunakan untuk properti agar terlihat lebih megah. Sifat-sifat baja biasanya dipengaruhi oleh campuran logam lain, campuran logam itu dapat menambah kekokohan, kekerasan, keuletan regangan, kekuatan daya pikul, daya tahan karat, dan lain-lain. Ketika bangunan Anda menggunakan rangka konstruksi baja maka banyak kelebihan yang dapat Anda rasakan. Nah untuk mendapatkan informasi lebih lanjutnya mengenai bahan bangunan ini mari disimak pembahasannya dibawah ini!

Baca juga: 6 MANFAAT BAJA I WF DALAM KEHIDUPAN

Pengertian Rangka Konstruksi Baja

Pengertian Rangka Konstruksi Baja
Sumber: Istockphoto

Rangka konstruksi baja adalah suatu konstruksi yang dibuat dari susunan batang-batang baja yang membentuk struktur bangungan sebagai pondasinya dengan proses yang diolah melalui fabrikasi dari bahan setengah jadi menjadi barang yang jadi. Biasanya setiap pertemuan beberapa batang baja disambung pada simpul dengan menggunakan alat penyambung seperti (baut,paku keling dan las lumer).

Pemasangan rangka konstruksi baja digunakan untuk bangunan tinggi dan luas karena terbukti rangkaian ini lebih kokoh dan aman terhadap guncangan. Sehingga wajar rasanya pembangunan besar seperti konstruksi baja gedung, konstruksi baja rumah maupun gudang menggunakan satuan rangka tersebut. Umumnya baja yang digunakan merupakan material yang ringan, namun tetap mampu mengangkut beban yang cukup berat. Biasanya komponen ini digunakan untuk rangka konstruksi baja gedung atau konstruksi baja gudang yang terbentuk dari beberapa jenis rangkaian besi baja, seperti: 

  • Besi I Beam
  • Besi H Beam
  • Besi T Beam
  • HSS-shape
  • Besi angel
  • Besi plat
  • Besi WF
  • Baja UNP
  • Baja CNP
  • Besi Siku
  • Z-Shape

Kelebihan Menggunakan Rangka Konstruksi Baja

Kelebihan Menggunakan Rangka Konstruksi Baja
Sumber: Istockphoto

Meski memerlukan budget besar di awal, tetapi pemasangan rangka konstruksi baja gedung tentunya sebanding dengan beragam kelebihan dari konstruksi penggunaanya, berikut beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui seperti:

1. Konstruksi Lebih Ringan

Menggunakan material besi baja pada konstruksi tentunya memiliki massa jenis yang lebih ringan dibanding menggunakan material bahan kayu

Perlu Anda ketahui semakin ringan konstruksi, semakin mudah pula memangkas kebutuhan tenaga dan anggaran saat pengiriman material sampai proses pemasangannya.

2. Konstruksi Lebih Stabil

Rangka konstruksi baja cocok digunakan pada lahan yang labil seperti area yang lebih tinggi dan memiliki konstruksi tanah yang bergelombang. Beban mati pada konstruksi baja terbilang kecil, hal ini membuat baja mampu menopang dirinya sendiri pada bangunan yang tinggi atau luas.

3. Proses Konstruksi Lebih Cepat

Ketika Anda memerlukan pembangunan konstruksi baja gudang dengan singkat, maka pilihlah jasa pembangunan rangka baja yang telah siap pakai. Proses ini dilakukan dengan menyambungkan satu bahan material bangunan dengan material lainnya dengan proses yang mudah, sehingga meminimalisir adanya human error yang dapat merugikan pihak konstruksi. Jika bangunan lebih cepat dalam proses pengerjaan maka dapat menghemat biaya tenaga kerja selama berbulan-bulan kedepan.

4. Tahan Terhadap Bencana

Konstruksi baja umumnya tidak mudah rusak, meregang maupun patah padahal jenis besi ini relatif lebih ringan dan mampu menahan beban besar. Sehingga kemampuan tersebut memberikan keunggulan untuk mengantisipasi keruntuhan terhadap suatu bencana seperti gempa, kebakaran maupun banjir bandang.

Seringnya guncangan yang terlalu besar membuat tembok dan bangunan menjadi rapuh namun penggunaan material yang memiliki sifat daktilitas tinggi membuat ketahanan yang lebih maksimal. Bahkan penggunaan konstruksi baja gedung dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas tanpa adanya penyekat.

5. Ramah Lingkungan

Material baja umumnya dapat bertahan selama 150 tahun sejak pertama kali dibuat. Bahan ini merupakan dapat didaur ulang menjadi produk lain yang lebih efisien sehingga penggunaanya tidak sia-sia sebagai sampah. 

Tentu saja penggunaan baja akan lebih optimal daripada penggunaan kayu, hal ini terjadi karena kayu memiliki massa jenis yang lebih berat dan daya tahan yang tidak baik karena terdapat proses korosi. Selain itu penggunaan kayu secara berlebihan juga mengakibatkan lingkungan yang rusak akibat penebangan hutan secara berlebihan. Sehingga produk rangka konstruksi baja membantu kita menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan bahan baku kayu untuk konstruksi.

6. Lebih Ekonomis

Terakhir, keunggulan yang paling ditunggu-tunggu yaitu harga penggunaan konstruksi baja lebih murah dibanding jenis bahan bangunan lainnya. Jika dihitung proses pembangunan tahap awal mungkin baja memiliki harga yang mahal, akan tetapi ketahananya yang dapat berdiri kokoh hingga berpuluh-puluh tahun, proses perawatan, perbaikan, dan penggantian yang murah. Serta penggunaanya yang bisa didaur ulang membuat bahan bangunan ini lebih efisien dalam jangka panjang.

Terlebih lagi jika Anda menggunakan material ini banyak material pendukung lain yang tidak diperlukan untuk dibeli seperti papan triplek sekali pakai untuk proses pengecoran bangunan.

Baca juga: KENALI JENIS BESI INI UNTUK MATERIAL KONSTRUKSI

Penyedia Jasa Konstruksi Baja

Struktur baja kini umum digunakan dalam konstruksi modern, biasanya digunakan pada bangunan komersil seperti ruko, stadion, gedung, gudang, restoran, maupun rumah kos. Karena pembangunannya dinilai lebih cepat dan banyak keuntungan yang bisa segera didapatkan.

Percayakan untuk menggunakan konstruksi baja gedung pada Beta Construction Surabaya, karena perusahaan ini sudah terpercaya dalam menangani berbagi kegiatan konstruksi besar di seluruh Indonesia. Anda dapat berkonsultasi pada pihak perusahan untuk mendapatkan solusi bahan bangunan sesuai kebutuhan dan harga terbaik yang cocok untuk budget Anda.


Author

%d bloggers like this: