Indonetwork, Peralatan IndustriSeperti yang kita ketahui, terdapat berbagai hal baik dari adanya pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Terutama bagi makhluk hidup dan lingkungan untuk menghindarkan baik pencemaran maupun polusi limbah berbahaya.

Air limbah berasal dari kegiatan industri seperti pertambangan maupun daerah urban seperti di perkotaan. Selain itu, limbah juga dapat berasal dari rumah tangga, perkantoran, rumah sakit, hingga pertanian.

Banyak sekali pemilik usaha yang menghasilkan limbah. Akan tetapi, tidak semua dari mereka mengerti bagaimana mengolah limbah yang ramah lingkungan. Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi lingkungan dan menghasilkan pencemaran di mana-mana.

Terdapat sejumlah jasa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Seperti IPAL komunal dan IPAL mandiri atau yang biasa digunakan untuk pengolahan limbah per kepala keluarga.

Berikut ini informasi seputar manfaat, fungsi, dan tujuan dari pembuatan IPAL. Baik IPAL komunal maupun IPAL mandiri atau IPAL rumah tangga.

Manfaat Pembuatan IPAL

Cara Pembuatan IPAL Komunal
Sumber: Pexels

IPAL sangat berdampak baik terhadap lingkungan, terutama untuk hewan dan tumbuhan. Sejumlah manfaat yang bisa didapat dengan adanya penggunaan IPAL adalah sebagai berikut.

1. Recycle

Fungsi recycle memungkinkan air limbah atau kotoran hasil pengolahan industri dapat digunakan lagi sesuai dengan kebutuhan masing-masing setelah diolah di dalam IPAL.

2. Air Sungai Menjadi Bersih

Limbah yang keluar hasil dari pengolahan industri mengandung berbagai senyawa kimia yang membahayakan lingkungan. Oleh karena itu, perlu untuk melewati IPAL. Langkah ini bisa menghilangkan zat aktif dan membuat air limbah menjadi bersih, sehingga tidak mencemari air sungai.

3. Makhluk Hidup Terbebas dari Racun

Selain lingkungan menjadi bersih dan tidak tercemar, makhluk hidup juga terbebas dari racun serta tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia.

BACA JUGA: Cara Membuat IPAL Komunal

Fungsi Pembuatan IPAL

Tujuan Pembuatan IPAL
Sumber: Pexels

Instalasi Pengolahan Air Limbah ini memiliki fungsi utama untuk mengolah limbah yang dihasilkan oleh kegiatan manufaktur industri, komersial, maupun pertambangan. Berikut sejumlah manfaat dari pembuatan IPAL.

1. Menetralisir Kontaminan

Sejumlah limbah sisa hasil industri mengandung berbagai racun berbahaya yang bisa membahayakan makhluk hidup dan lingkungan serta dapat mengganggu kesehatan.

Dengan adanya Instalasi Pengolahan Air Limbah, maka racun-racun tersebut dapat dinetralisir dan membuat lingkungan menjadi lebih sehat tanpa polusi dan pencemaran.

2. Menjaga Kelestarian Lingkungan

IPAL bekerja untuk mengolah limbah sebelum dialirkan kembali ke saluran pembuangan. Peralatan industri ini mampu mencegah kerusakan struktur tanah, mencegah kematian makhluk hidup, dan mencegah masalah kesehatan.

3. Meningkatkan Kualitas Hasil Industri

Melalui adanya pengolahan kembali limbah melalui IPAL, dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil industri.

4. Mengurangi Biaya Produksi

IPAL dapat dimanfaatkan untuk menunjang produksi dan mengurangi berbagai biaya yang dianggarkan. Seperti jika Anda menganggarkan biaya untuk tanaman di lingkungan industri.

Apabila Anda menggunakan IPAL, maka bisa jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kesehatan tanaman di lingkungan industri, karena hasil olahan limbah IPAL dapat digunakan untuk pupuk. Tentunya, pengurangan biaya ini akan sangat terasa di industri Anda.

BACA JUGA: Cara Kerja Septic Tank Biotech

Tujuan Pembuatan IPAL

Tujuan Pembuatan IPAL
Sumber: Pexels

Secara umum, tujuan dari adanya pembuatan IPAL adalah untuk menyaring dan membersihkan air yang tercemar limbah rumah tangga, limbah kimia industry, dan lain sebagainya.

Selain itu, tujuan pembuatan IPAL adalah untuk menjaga waduk maupun sungai yang berada di lingkungan dari pencemaran akibat limbah domestik dan agar kualitas perairan tetap terjaga kemurniannya. Tujuan lain dari pembuatan IPAL yaitu:

1. Meningkatkan Estetika Lingkungan

Jika kerusakan lingkungan dapat terjadi dari pencemaran maupun polusi, maka hal tersebut dapat mengundang investasi dan pariwisata. Hal ini tentunya didukung adanya lingkungan yang bersih, drainese bersih, serta pantai pun bebas dari sampah maupun limbah.

2. Hasil Olahan IPAL dapat Menjadi Air Baku

Setelah limbah masuk ke dalam IPAL dan diolah dalam beberapa proses, hasil olahan tersebut dapat dikembalikan ke waduk tanpa membahayakan makhluk hidup di dalamnya. Air tersebut pun dapat menjadi air baku, karena memiliki baku mutu lingkungan yang baik.

3. IPAL dapat Menghasilkan Pupuk

Selain menjadi air yang baik, IPAL juga dapat menghasilkan pupuk yang siap pakai. Pupuk ini pun akhirnya kembali lagi ke lingkungan untuk menghijaukan tanaman. Dengan begini, maka sudah jelas bahwa IPAL semata-mata digunakan untuk lingkungan dan kembali ke lingkungan.

BACA JUGA: Tips Membeli Septic Tank Biotech Ramah Lingkungan

Rekomendasi Jasa Pembuatan IPAL

Terdapat berbagai produsen yang menjual peralatan untuk membangun IPAL serta menyediakan jasa pembuatan IPAL. Salah satunya yakni PT. Global Inti Fibertech.

PT. Global Inti Fibertech adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan IPAL seperti jasa instalasi IPAL rumah sakit, klinik, komunal, industri dan puskesmas.

Selain itu, PT. Global Inti Fibertech juga menyediakan produk tangki IPAL, septic tank biotech, toilet portable, atap transparan, tangki air fiberglass, talang air fiberglass, dan masih banyak lagi. Produk-produk yang dijual oleh PT. Global Inti Fibertech bergaransi dan terjamin mutu serta kualitasnya, karena tidak memakai bahan recycle.

Untuk mendapatkan produk maupun layanan jasa disediakan, Anda bisa langsung menghubungi melalui kontak yang tersedia atau langsung menuju ke website PT. Global Inti Fibertech.


Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks