Dalam mebangun suatu hunian tentunya kita harus selective dalam memilih bahan bangunan yang akan kita gunakan sebagai bahan untuk hunian kita, begitu banyak bahan bangunan yang di butuhkan untuk membangun sebuah struktur pondasi dari hunian kita, seperti besi, beton, pasir, semen dan masih banyak lagi yang di butuhkan agen besi murah Surabaya siap menyediakan kebutuhan besi anda.

Namun siapa sangka bahwa pada bahan bahan bangunan tersebut juga memiliki jenis jenis yang memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda, seperti halnya besi, walaupun sama sama besi namun belum tentu memiliki fungsi yang sama dengan besi lain nya, seperti contoh ketika kita menggunakan besi siku maka berbeda halnya dengan penggunaan besi beton.

Apasih Gunanya Besi Dalam Membangun Rumah ?

Besi memiliki banyak kegunaan dalam membangun suatu bangunan, bisa menjadi pondasi dan menjadi bahan pendukung lain nya.

Secara besar besi sendiri memiliki fungsi yang cukup penting dalam membangun suatu bangunan, karna besi bisa menjadi penyangga bagian bagian yang vital dalam satu bangunan, tidak dipungkira bahwa setiap jenis besi akan menjadi bagian yang sangat penting dalam suatu bangunan.

Oleh karena jika kita ingin merenovasi suatu hunian atau membangun hunian kita harus mengetahui bahan bahan apa saja yang ada jan jenisnya, pada pembahasan kali ini penulis akan membahas mengenai jenis jenis besi apa saja yang biasa digunakan untuk membangun sebuah bangunan, berikut ulasan nya :

Jenis Jenis Besi Untuk Bangunan

  1. Besi Pipa

Pipa besi adalah salah satu komponen penting dalam suatu bangunan, pipa ini memiliki bentuk bulat dan memiliki rongga sebagai jalan masuk nya air ataupun gas , pipa hampir digunakan oleh semua kontraktor untuk membuat saluran air ataupun saluran gas pada suatu bangunan.

Pipa besi ini sangat sering digunakan untuk bangunan dengan skala besar maupun skala kecil;, karena sebuah saluran apapun itu sangat penting bagi suatu bangunan.

Baca Juga : Kenali dan pahami karakter besi hollow

  1. Besi Beton

Besi beton adalah besi yang umumnya berbentuk panjang dengan texture ulir ataupun polos, besi ini berfungsi sebagai tulang dari pondasi beton yang digunakan untuk membangun suatu bangunan.

Dalam fungsi nya pula besi beton memiliki 2 fungsi tergantung dari texture nya, jika yang berulir berguna sebagai tulang bagi pondasi, berbeda dengan yang polos yang digunakan sebagai pengikat besi beton ulir agar merekat baik pada beton cor an.

  1. Besi Plat

Untuk besi yang satu ini pastinya anda sudah tidak asing lagi, besi ini berbentuk pipih seperti lempengan namun memiliki ketebalan yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan anda, besi ini biasa di gunakan dalam kontruksi pada bidang otomotif namun tidak jarang juga digunakan dalam mendukung struktur suatu banguna, , besi ini bisa digunakan sebagai perangkat pendukung besi beton ataupun sebagai penutup bagi suatu bangunan.

  1. Besi Hollow

Besi hollow mungkinjarang sekali kita dengar tapi kalau mendengar besi plafon pastinya kita sering mendengarnya. Ya betul sekali !! besi plafon adalah besi yang berbentuk pipa kotak yang digunakan sebagai rangka dinding pada suatu bangunan, pipa ini di desain tahan api, tahan gempa, dan dapat menahan serangan rayap.

  1. Besi Siku

Besi siku adalah besi yang digunakan untuk membuat rak besi atau sebagai rak penyimpanan lain nya, besi ini berbentuk melengkung dengan sisi yang membuka melipat ke dalam bentuknya juga seperti siku siku, besi ini juga bisa digunakan sebagai kerangka tangga dan besi lain nya dapatkan besi ini di agen besi murah surabaya.

Ulasan di atas adalah pembahasan mengenai besi siku, mudah mudahan artikel ini dapat membantu anda memahami apa yang harus di ketahui sebelum membangun suatu bangunan .

 

Author

Enable Notifications OK No thanks