Indonetwork, Peralatan Industri – Bagi pekerja proyek di lapangan, perlindungan diri ketika menjalankan tugas adalah hal yang utama. Sehingga untuk mencegah terjadinya kecelakaan ketika bekerja, diperlukan peralatan safety. Peralatan safety atau yang sering disebut alat perlindungan diri wajib disediakan oleh perusahaan untuk melindungi para pekerja proyek dari kecelakaan ketika bekerja.

Alat pelindung diri (APD) merupakan alat yang berfungsi untuk melindungi seseorang dengan cara mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya ketika bekerja di suatu tempat. Alat perlindungan ini terdiri dari beberapa kategori dan masing-masing memiliki fungsi untuk melindungi satu bagian pada tubuh.

Baca juga: SAFETY EQUIPMENT YANG WAJIB ADA DI PERUSAHAAN

Kategori Peralatan Safety 

Helm safety

Untuk melindungi para pekerja proyek, peralatan safety atau alat pelindung diri terbagi menjadi beberapa kategori, diantaranya sebagai berikut.

1.  Alat Pelindung Kepala

Area kepala merupakan bagian vital pada tubuh manusia. Sehingga kepada membutuhkan perlindungan yang tepat ketika bekerja di sebuah proyek. Tujuannya adalah untuk melindungi kepada dari paparan listrik, tertimpa benda berat dan tajam, hingga benturan benda keras lainnya. Alat yang digunakan adalah helm yang mampu melindungi kepala dari radiasi panas, bahan kimia, hingga suhu ekstrim.

2. Pelindung Mata dan Wajah

Kategori peralatan ini ditujukan untuk melindungi area mata serta wajah. Tujuannya adalah mengurangi resiko cedera yang terjadi pada area tersebut. Alat APD yang digunakan adalah helm dan kacamata yang melindungi pekerja dari potongan kayu, kaca, logam, bahan kimia, hingga radiasi cahaya.

Tugas pekerja yang memerlukan pelindung mata dan wajah adalah gerinda, pemahatan, pengamplasan, pemotongan logam, serta pekerjaan yang terkena paparan sinar UV dan cairan kimia atau gas.

3. Alat Pelindung Kaki dan Tangan

Tujuan dari alat pelindung ini adalah untuk melindungi kaki dan tangan ketika melakukan pekerjaan proyek. Terutama untuk melindungi cedera kaki akibat serpihan kayu, kaca, benda panas. Sehingga alat pelindung terbuat dari bahan yang kokoh, tebal dan kuat. Tidak hanya itu, alat didesain tanpa menurunkan efektivitas bekerja untuk beraktivitas.

Untuk melindungi kaki biasanya menggunakan alat berupa sepatu safety dan sarung tangan yang terbuat dari karet, kulit, dan katun.

4. Pelindung Tubuh

Pelindung tubuh yang digunakan oleh pekerja suatu proyek berupa pakaian keselamatan. Biasanya pakaian ini digunakan para pekerja perusahaan pertambangan atau bidang lain yang membutuhkan pengamanan khusus. 

Pakaian ini terdiri dari rompi, jaket, dan pakaian pelindung yang menutupi sebagian atau seluruh tubuh. Pakaian pelindung ini berfungsi untuk melindungi badan dari bahaya suhu ekstrim, paparan bahan kimia, logam panas, benturan, radiasi dan serangan binatang.

Jenis-Jenis Alat Pelindung Diri

jenis-jenis alat pelindung diri

Kategori alat pelindung diri wajib dipenuhi oleh perusahaan dengan kerja proyek  di lapangan. Masing-masing kategori memiliki fungsi dan tujuannya untuk melindungi area tubuh tertentu. Melalui kategori tersebut, terdapat jenis-jenis peralatan safety yang perlu Anda ketahui untuk melindungi diri pekerja proyek sebagai berikut.

1.  Helm Safety

Helm keselamatan atau helm safety merupakan alat pelindung diri yang berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, pukulan, atau kejatuhan benda tajam dan berat. Selain itu, helm juga digunakan untuk melindungi kepada dari radiasi panas, api, percikan bahan kimia dan suhu yang ekstrim. 

2. Kacamata Pengaman

Alat ini digunakan untuk melindungi mata dari paparan partikel seperti debu, kaca, kayu dan cairan seperti air, bahan kimia, serta uap panas. Tidak hanya itu, kacamata pengaman berupa goggles juga dirancang untuk menghalau sinar langsung ke mata serta benturan benda tajam. 

3. Penutup Telinga

Penutup telinga yang digunakan berupa sumbat telinga (ear plug) dan penutup telinga (ear muff) yang berfungsi melindungi telinga dari kebisingan ketika melakukan pekerjaan lapangan.

4. Masker

Salah satu alat pelindung yang tidak kalah penting adalah masker pernapasan. Jenis masker yang digunakan untuk pekerja proyek berbeda dengan masker medis sehari-hari. Masker ini dirancang untuk melindungi organ pernapasan dari paparan bahan kimia, partikel debu, uap, gas, ataupun aerosol. Jenis masker ini terdiri dari beberapa jenis, seperti respirator, katrit, kanister dan lainnya.

5. Pelindung Wajah

Pelindung wajah atau yang sering disebut face shield berfungsi untuk melindungi wajah paparan benda asing. Misalnya pelindung dari paparan bahan kimia, debu, percikan benda kecil, uap panas hingga paparan cahaya..

6. Sabuk dan Tali Keselamatan

Jenis APD ini berupa sabuk dan tali yang dikenakan oleh pekerja di tubuh untuk melindungi ruang gerak pekerja agar tidak terjatuh. Biasanya alat ini digunakan untuk pekerja yang berada pada lokasi kerja berbahaya seperti posisi miring, tinggi, dan area rongga yang sempit.

Sabuk dan tali keselamatan terdiri dari harness, lanyard, safety rope yang dirancang bersama alat lain seperti carabiner, rope clamp, descender, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan.

7. Sepatu pelindung

Untuk melindungi kaki dari benturan dan tertusuk benda tajam, sepatu pelindung adalah alat yang wajib digunakan. Tidak hanya itu, alat ini juga membantu beraktivitas pada permukaan jalan yang licin. Sepatu pelindung memang dirancang sesuai kebutuhan dengan keunggulan anti slip, anti panas, anti bahan kimia, hingga anti listrik. Jenis sepatu pelindung lainnya adalah boot yang memiliki fungsi sama, namun perlindungan maksimal hingga ke area betis.

8. Pelampung

Ketika melakukan pekerjaan dan aktivitas di air, pelampung atau life jacket wajib ada. Alat ini digunakan untuk mencegah terjadinya tenggelam ketika beraktivitas di air.

Baca juga: UNTUK BISA JADI SPECIALIST, WITA UTAMAKAN PRODUK FIRE SAFETY BERKUALITAS

Peralatan safety atau alat pelindung diri terdiri dari berbagai jenis untuk melindungi bagian tubuh. Sehingga alat-alat ini terdiri dari jenis yang banyak dan lengkap. Di PT. Wita Kharisma Jaya Bersama, Anda bisa menemukan kebutuhan peralatan safety berkualitas dan lengkap. Tidak hanya APD, disini juga Anda bisa mendapatkan berbagai macam alat keamanan seperti tabung pemadam kebakaran, box APAR, baju pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan lainnya. 

Author

Enable Notifications OK No thanks