Indonetwork, Perlengkapan KantorUntuk membantu produktivitas saat sedang bekerja, tentunya kamu perlu bantuan alat tulis kantor atau ATK.

ATK adalah barang yang digunakan untuk pekerjaan tulis menulis. Tidak hanya itu saja, kini, seiring dengan berkembangnya zaman, ATK pun tidak terbatas pada buku dan pulpen saja. Selain itu, penggunaannya pun tidak hanya di kantor saja, di kehidupan sehari-hari pun, ATK selalu digunakan.

Mulai dari barang-barang yang kecil seperti isi staples hingga barang berukuran besar seperti mesin fotokopi masuk ke dalam jenis ATK dan umumnya terdapat di kantor untuk memudahkan pekerjaan.

Ternyata, ATK pun dibedakan berdasarkan fungsinya. Untuk informasi selengkapnya, yuk simak artikel ini!

Fungsi Alat Tulis Kantor

alat tulis kantor

Meski terkesan sepele, ternyata keberadaan ATK di kantor atau sekolah dan rumah ternyata sangat diperlukan. ATK dapat membantu Anda mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti menulis, mencatat, membuat dokumen, dan sebagainya.

Selain itu, fungsi lain dari ATK juga bisa membuat Anda memiliki kesan yang profesional jika menggunakan alat dengan penampilan yang bagus dan rapi.

Terakhir, Anda juga bisa membantu melestarikan lingkungan dengan membeli ATK yang ramah lingkungan seperti kertas daur ulang, pulpen dan pena isi ulang, dan lain sebagainya.

Jika suatu kantor tidak memiliki ATK yang lengkap atau jarang diperhatikan hingga habis, tentunya pekerjaan dapat terhambat.

Jenis Alat Tulis Kantor

Alat tulis kantor tidak hanya sebatas pensil dan buku saja. Anda juga membutuhkan alat-alat lain agar  bisa menunjang produktivitas Anda saat bekerja. Beberapa jenis alat tulis kantor yang biasanya diperlukan dan wajib ada di kantor Anda, yaitu:

  1. Menulis

Menulis menjadi salah satu media komunikasi yang penting untuk bertukar informasi saat kerja. Tidak hanya itu, menulis juga dapat membantu Anda saat ada hal-hal penting yang perlu dilakukan seperti to-do-list atau mencatat ide-ide agar Anda tidak mudah melupakannya.

Beberapa jenis ATK yang digunakan dalam hal tulis menulis, yaitu:

  1. Pulpen

Pulpen adalah alat tulis paling umum yang biasa digunakan oleh semua kalangan. Pulpen tidak mudah dihapus dan penggunaannya dapat berlangsung lama. Jika tintanya habis, Anda juga bisa mengisinya dengan tinta refill yang sudah banyak tersedia.

Selain itu, bola pulpen pun dapat Anda sesuaikan diameternya sesuai dengan preferensi Anda. Besarnya bola pulpen ini akan menentukan tebal atau tipisnya huruf yang ditulis.

  1. Pensil

Sama seperti pulpen, pensil pun menjadi alat tulis utama dan mungkin menjadi alat tulis pertama yang digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia. Berbeda dengan pulpen, pensil mudah dihapus.

Ada pula pensil jenis lainnya, seperti pensil warna. Pensil pun menjadi alat tulis utama yang digunakan pada saat menggambar sketsa. Maka dari itu, pensil masih sangat digunakan untuk banyak hal.

BACA JUGA: Jenis Alat Tulis Kantor Yang Sering Dijumpai

  1. Spidol

Spidol identik dengan papan tulis. Alat tulis yang satu ini sangat berguna pada saat Anda dan tim sedang berdiskusi. Penggunaan spidol lebih cocok pada saat melakukan diskusi banyak orang, seperti pada saat meeting, di kelas, dan sebagainya.

  1. Stabilo

Punya suatu paragraf yang ingin Anda highlight pada suatu tulisan? Anda bisa menggunakan stabilo! ATK yang satu ini memiliki fungsi utama untuk memberi tanda pada suatu tulisan yang penting.

alat tulis kantor

B. Kertas

Kertas menjadi media utama pada saat Anda menulis. Kertas juga dapat dicetak, sehingga proses pekerjaan pun semakin mudah dan cepat, misalnya pada koran atau majalah.

C. Buku

Buku sama pentingnya seperti kertas dan merupakan kumpulan kertas-kertas yang digabung menjadi satu. Buku tidak hanya buku pelajaran atau buku bacaan saja, melainkan buku tanda terima, buku nota, buku surat jalan, buku surat perintah, buku quarto, buku folio, buku catatan pekerjaan, buku catatan dokumen dan lain – lain yang termasuk ke dalam ATK.

D. Rak File

Rak file dapat membuat semua dokumen Anda berada pada satu tempat agar terlihat lebih rapi dan tertata. Beberapa contoh dari rak file yaitu rak surat yang mengelompokan surat – surat, atau rak dokumen – dokuemn bisnis, atau box kartu nama, bindel klip, bantex dan lain – lain.

E. Elektronik

Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, ATK pun sudah tersedia dalam bentuk digital yang dapat memudahkan Anda untuk memindahkan file-file yang ada di dalam komputer. Beberapa jenis ATK elektronik, yaitu seperti flashdisk, harddisk, kalkulator, dan lain sebagainya.

F. Peralatan Pendukung Lain

ATK lain yang dapat mendukung performa pekerjaan Anda, misalnya seperti printer, paper clips, sticky notes, penggaris, mesin fotokopi, scanner, projector, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Sticky Notes Secara Efektif

Alat Tulis Kantor Malang Terdekat

Sudah terbukti bahwa meskipun zaman sudah berubah menjadi serba digital, tetapi alat-alat tulis kantor yang konvensional masih tetap dibutuhkan, baik untuk pemakaian pribadi atau sebagai media promosi. Anda dapat mencetak logo perusahaan Anda pada ATK dan diberikan kepada para pelanggan.

Jika Anda sedang mencari toko alat tulis kantor terdekat, terutama di Malang, Anda bisa menghubungi Toko Agung Mas yang terletak di Sawojajar. 

Toko Agung Mas dapat menyediakan berbagai keperluan dan kebutuhan Anda, mulai dari bolpoin, spidol, lakban, kertas, dan stabilo. Segera kunjungi websitenya dan temukan ATK yang Anda butuhkan!


%d bloggers like this: