Indonetwork, Perlengkapan Kantor – Pernah kewalahan dengan tumpukan dokumen di meja? Atau sering kesulitan mengikuti jalannya rapat karena tidak ada papan tulis untuk coret-coret? Kedua masalah tersebut dapat diatasi jika Anda melengkapi alat tulis kantor yang sesuai.

Alat tulis kantor memiliki peran penting dalam mendukung aktivitas sehari-hari ketika bekerja. Meskipun saat ini serba digital, namun alat tulis kantor manual, seperti pulpen, papan tulis, dan sticky note masih dibutuhkan keberadaannya untuk efektivitas dalam bekerja, baik di kantor maupun ketika sedang menghadiri rapat eksternal.

Mengapa Alat Tulis Kantor Penting?

Berikut beberapa alasan mengapa alat tulis kantor penting untuk disediakan di setiap meja, yaitu:

1. Membantu Mencatat Hal Penting

Hal-hal penting seperti jadwal rapat, notulensi rapat, dan to do list lebih mudah dicatat di notebook menggunakan pulpen atau pensil. Hal ini memungkinkan kamu lebih mudah menemukan informasinya di kemudian hari, karena tidak hilang dan tersimpan di dalam buku.

Lebih daripada itu, penelitian menunjukkan bahwa mencatat dengan tangan dapat membantu otak untuk lebih mengingat informasi dengan baik. Dengan mencatat secara manual di notebook, Anda bisa lebih mudah ingat dan memproses informasi untuk jangka panjang.

2. Memudahkan Penyampaian Informasi

Pada momen tertentu, seperti ketika sedang rapat atau diskusi kelompok, beberapa alat tulis kantor sangat dibutuhkan untuk menunjang penyampaian informasi yang lebih jelas. Misalnya, papan tulis putih dan spidol untuk membuat ilustrasi yang lebih fleksibel: mudah ditambah, diubah, dan dihapus.

Selain itu, sticky note, pulpen, dan spidol juga sangat membantu untuk menuliskan ide-ide yang muncul ketika sedang berdiskusi. Anda dapat menulis dan menempelkan sticky note yang berisi pendapat dan ide-ide brilian di papan tulis atau lembaran kertas. Dengan begitu, informasi bisa diketahui oleh semua anggota kelompok dengan mudah.

3. Membantu Menyoroti Informasi Penting untuk Bersama

Papan pengumuman kantor berguna sebagai media penyampaian informasi penting yang dapat diakses umum. Mulai dari pemberitahuan jam dan hari operasional kantor, pengumuman penugasan, pengumuman acara penting, hingga informasi lomba.

Anda bisa mencetak pengumuman dari kertas HVS berwarna atau kertas HVS polos. Lalu, atur ukuran font dengan besar supaya terbaca dengan jelas dan menarik perhatian karyawan. Pastikan tinta dan printer dalam kondisi baik, sehingga hasil cetak tidak pudar.

4. Meningkatkan Semangat dan Produktivitas

Kita cenderung lebih antusias saat menggunakan barang-barang baru atau yang masih terjaga dengan baik. Begitu pula saat memakai alat tulis kantor. 

Jika kondisi alat sudah rusak, kotor, atau tidak utuh, performanya menjadi terganggu dan tidak maksimal. Tentunya, hal tersebut dapat merepotkan jika alat yang digunakan merupakan alat penting, seperti printer, pulpen, staples, atau rak dokumen.

Baca Juga: Cara Merawat dan Menjaga Alat Tulis Kantor Agar Tahan Lama

Daftar Alat Tulis Kantor yang Wajib Ada

alat tulis kantor yang wajib ada
Sumber: Pexels/Frans van Heerden

Semakin banyak jumlah karyawan, semakin meningkat dan beragam pula permintaan terhadap alat tulis kantor. Lalu, alat tulis kantor apa saja yang wajib tersedia di kantor?

Berikut yang termasuk dalam kategori alat tulis kantor yang wajib disediakan adalah:

1. Pulpen Frixion Pilot

Pulpen merupakan alat tulis kantor yang wajib ada untuk kebutuhan tulis-menulis. Pulpen ini dirancang dengan teknologi Jepang, di mana tinta isiannya bisa dihapus, sehingga memudahkan perubahan pada tulisan.

2. Signature Pen Pro

Selain pulpen frixion Pilot, kantor juga memerlukan pulpen tanda tangan atau signature pen. Pulpen ini dirancang dengan ujung yang runcing untuk kebutuhan tanda tangan. Tinta isinya pun berbeda dari tinta pulpen biasa dan lebih tebal hasilnya.

3. Bindex File

Bindex file adalah file organizer yang terbuat dari karton berlapis plastik atau kulit tebal. Bindex mampu menampung hingga 500 lembar kertas HVS. 

Bindex sangat dibutuhkan di kantor untuk pengarsipan dokumen fisik, sehingga tidak berserakan dan tidak rapi. Dengan adanya bindex, pengkategorian dokumen pun lebih teratur dan lebih mudah ketika dicari atau disortir.

4. Whiteboard

Papan tulis putih terbuat dari material melamin yang memudahkan penulisan dan penghapusan menggunakan spidol. Whiteboard sangat dibutuhkan di kantor untuk keperluan pencatatan temporer, seperti update target atau jadwal piket. Selain itu, whiteboard juga menjadi perlengkapan kantor wajib yang ada di ruang rapat untuk mempermudah pembuatan ilustrasi.

5. Kertas HVS

Alat tulis kantor yang wajib ada selanjutnya yaitu kertas HVS. Untuk kebutuhan cetak informasi atau printing, kertas HVS tentu sangat dibutuhkan. Biasanya, ukuran HVS yang distok yaitu A4 dan legal.

6. Tinta dan Bak Stempel

Tinta stempel juga diperlukan untuk mengisi ulang pad stamp atau bak stempel agar tidak kering. Bak stempel menampung tinta stempel agar tidak tumpah untuk keperluan stempel basah pada dokumen fisik.

7. Tinta Printer

Selain tinta stempel, tinta printer juga termasuk alat tulis kantor yang wajib ada. Untuk bisa digunakan mencetak dokumen, printer harus dikoneksikan dengan tinta printer. Biasanya, ada 4 warna tinta printer utama yang dipasang pada printer, yaitu kombinasi Cyan, Magenta, Yellow, dan Black.

Baca Juga: 9 Kelebihan Papan Tulis Kaca untuk Mengajar dan Keperluan Kantor

8. Notebook

Tentunya, notebook adalah alat tulis kantor yang wajib ada. Notebook dengan ukuran B6, A5, B5, dan A4 sangat berguna sebagai media pencatatan manual yang mudah dibawa dan dibuka.

9. Highlighter

Untuk memudahkan Anda menyoroti informasi penting pada kertas papan pengumuman atau catatan di notebook, Anda bisa menggunakan highlighter. Highlighter tersedia dalam berbagai warna, seperti kuning, hijau, biru, merah, hingga ungu.

10. Sticky Note

Terakhir, alat tulis kantor yang wajib ada yaitu sticky note. Benda kecil berbentuk 3 inchi ini sangat besar kegunaannya di kantor. Sticky note berfungsi sebagai media pengingat dalam bentuk catatan kecil. Salah satu isinya memiliki perekat, sehingga bisa ditempel di mana pun.

Menyediakan alat tulis kantor yang lengkap sangat membantu dalam kelancaran aktivitas di kantor, seperti pembuatan pengumuman, perlengkapan rapat, dan sebagainya. Semua alat tulis kantor di atas bisa Anda dapatkan di Cahaya Cemerlang, toko alat tulis kantor dan tinta terlengkap yang menyediakan berbagai perlengkapan kantor, mulai dari printer, tinta berwarna, kursi dan meja kantor, hingga laptop.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Enable Notifications OK No thanks