Indonetwork . Peralatan Industri – Alat Dial Indicator banyak digunakan pada proses perawatan dan perbaikan kendaraan, alat ini memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Fungsi ini tentunya agar penyimpangan akan terbaja secara actual. Maka dari itu dial ini harus sesuai dengan standard penggunaan nya.

Dial indicator ini sangat sederhana, Dial Indicator ini memiliki banyak sekali komponen dengan berbagai macam fungsi dan juga pernanannya. Tepat di atas Dial Gauge terdapat display ukur dan pada bagian bawah nya terdapat holder magnet yang di gunakan sebagai pencegahan berpindah posisi saat mengukur.

Apa Itu Dial Indicator?

Dial Indicator adalah alat ukur yang sering kali dipakai di industri otomotif, alat Dial Indicator ini alat ukur yang punya bentuk layaknya jam yang menunjukan waktu, dan fungsinya sendiri dipergunakan untuk mengukur berbagai macam simpangan pada bidang datar, melengkung dan bulat.

Memiliki cara penggunaan yang sangat sederhana, sederhananya bahwa alat ini mengubah linear move menjadi rounded move pada dial gauge. Terdapat sensor dan spinle yang terus bergerak secara naik dan turun jika terjadi simpangan pada permukaan objek. Spindle yang naik turun ini diubah menjadi gerakan memutar pada dasar jarum yang terdapat pada dial gauge.

Melihat kegunaan dari dial indicator yang lebih sering digunakan pada industry otomotif, maka sangat penting kita mengetahui mengenai Dial Indicator ini. Apa saja fungsi serta bagaimana cara kerja nya? Semua hal yang perlu kita ketahui akan di bahas pada ulasan berikut ini:

Fungsi Dial Indicator

Dial merupakan alat ukur yang sering kali dipakai di industri otomotif , alat ini merupakan alat ukur yang punya bentuk layaknya jam yang menunjukan waktu, dan fungsinya sendiri dipergunakan untuk mengukur berbagai macam simpangan pada bidang datar, melengkung dan bulat.

1. Alat Ukur Rata Permukaan Tanah

Tanah memiliki permukaan dengan berbagai tingkat kerataan nya, dia indicator membantu para insinyur untuk mengukur tingkatan kerataan tanah dengan sangat actual, sudah banyak di gunakan di pidang pembangunan jalan ataupun konstruksi lain.

2. Alat Ukur Kemiringan Sudut

Dalam pengukuran kemiringan, dial indicator sangat berperan penting, karna dial indicator dapat mengukur letak kemiringan sudut atau permukaan dengan sangat akurat, sehingga banyak sekali di gunakan.

3. Alat Ukur Poros

Sedangkan sebagai alat ukur poros digunakan untuk memeriksa kerataan pada benda dengan skala ukur yang teramat kecil.

Baca juga:

4. Alat Ukur Run Out Permukaan

Dial Indicator dapat pula mengukur run out atau tingkat keolengan pada posisi menyamping ataupun pada benda benda yang berputar, seperti contoh pada pengukuran lempeng cakram.

5. Alat Ukur Kedalaman Laut

Saking flexible nya, dial indicator ini dapat pula digunakan sebagai penentu kedalaman laut, karna kekuatan nya akan tekanan dasar laut, dial ini menjadi salah satu pilihan bagi pengukuran kedalaman laut.

DIAL INDICATOR

Nah, tadi penjelasan apa itu Dial Indicator dan juga 5 kegunaan nya, semoga artikel ini dapat membantu teman – teman indonetwork.co.id agar lebih berwawasan mengenai produk industrial yang ada.