Indonetwork, Peralatan Industri – Apa itu kabel ties? Kabel ties atau zip ties adalah sejenis ikatan kawat plastik yang biasanya digunakan untuk mengamankan atau mengikat kabel, kabel listrik, atau objek lain secara rapi dan teratur.

Ties biasanya terdiri dari seutas ikatan kawat atau plastik yang dapat ditarik melalui lubang pada ujungnya untuk membentuk ikatan yang kuat. Zip ties sering digunakan dalam instalasi kabel, perawatan kelistrikan, dan banyak aplikasi lain di mana pengikatan dan pengamanan kabel atau objek lainnya diperlukan.

Alat ini mudah digunakan dan merupakan solusi yang efektif untuk mengelola kabel dan menjaga tatanan yang baik. Untuk mengulas lebih lanjut mengenai jenis cable ties, berikut ini beberapa kegunaan dan cara pakainya.

Kegunaan Kabel Ties

Beberapa kegunaan umum zip ties meliputi:

1. Pengelolaan kabel

Zip ties sangat bermanfaat untuk mengamankan dan merapikan kabel di sekitar komputer, perangkat elektronik, atau area kerja. Penggunaannya melibatkan kemampuan untuk mengorganisir kabel di belakang meja atau di dalam rak, memberikan tampilan yang lebih rapi dan teratur.

2. Instalasi listrik

Kabel tie sberperan penting dalam mengikat kabel listrik bersama-sama untuk menjaga keorganisasian dan perlindungan. Fungsinya juga melibatkan partisipasi dalam pemasangan dan pemeliharaan tatanan kabel di dalam panel listrik atau kotak kabel, memberikan solusi praktis untuk kebutuhan instalasi listrik.

3. Penggunaan industri dan konstruksi

Fungsi kabel ties lainnya adalah untuk mengikat dan mengamankan kabel atau pipa di lingkungan industri atau konstruksi. Selain itu, kabel ties juga bisa digunakan untuk mengorganisir kabel dan peralatan di tempat-tempat yang menuntut tingkat keamanan dan ketertiban yang tinggi, menjadikannya alat yang sangat berguna dalam menjaga keberesan dan keamanan lingkungan kerja.

4. Menggantung benda tertentu

Kabel ties juga memiliki fungsi kemampuan untuk mengamankan dekorasi, lampu hias, atau tanaman dengan mudah. Ini memberikan opsi yang efisien dalam menciptakan tampilan yang menarik dan terorganisir secara sementara.

5. Pemeliharaan Kendaraan

Kabel ties sangat berguna dalam mengamankan kabel-kabel di dalam ruang mesin kendaraan. Selain itu, alat ini juga melibatkan fungsi memperbaiki atau mengikat bagian-bagian kecil yang memerlukan pemeliharaan cepat, memberikan solusi praktis dan efektif dalam pemeliharaan kendaraan.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dengan Kabel HDMI

Cara Pakai Kabel Ties

Sebagian pengguna bisa jadi kurang familiar saat menggunakan kabel ties. Salah satunya cara membuka kabel ties atau mengikat barang tertentu dengan ties. Padahal, cara memakai kabel ties sangat mudah, lho. Simak langkah-langkahnya berikut ini, ya.

Cara mengikat dengan kabel ties

  1. Siapkan kabel ties dan benda yang akan diikat. Pastikan ukuran kabel ties sesuai dengan benda yang akan diikat.
  2. Rapikan kabel atau benda yang akan diikat. Untuk kabel, pastikan tidak ada yang kusut atau saling melilit.
  3. Masukkan ujung runcing kabel ties ke dalam lubang di kepala ties. Ini adalah bagian yang bergerigi.
  4. Tarik ujung kabel ties hingga kencang. Atur kekencangannya sesuai kebutuhan. Anda bisa menggunakan tang khusus kabel ties untuk menarik lebih kuat optional.
  5. Jika ada sisa kabel ties yang berlebih, potong menggunakan gunting. Potongnya di bagian yang rata, jangan terlalu dekat dengan ikatan agar tidak kendur.

Bagaimana cara membuka kabel ties

Terdapat dua cara membuka kabel ties, antara lain:

1. Memotong Kabel 

Cara ini paling simpel dan efektif, terutama jika Anda tidak membutuhkan kabel ties tersebut lagi. Anda bisa menggunakan gunting untuk memotong bagian sisa kabel ties yang berada di dekat kepala ties (bagian bergerigi).

2. Membuka Kabel Memotong

Meskipun didesain untuk sekali pakai, kabel ties bisa dibuka tanpa memotongnya. Namun, cara ini biasanya tidak bisa membuat kabel ties kembali seperti semula dan kekuatan mengikatnya mungkin akan berkurang.

Perhatikan kepala ties (bagian bergerigi). Biasanya ada tonjolan kecil di bagian belakang kepala ties. Tekan tonjolan tersebut dengan kuat menggunakan ibu jari. sambil terus menarik ujung kabel ties yang panjang.

Jika tidak ada tonjolan, coba cubit bagian belakang kepala ties dengan ibu jari dan telunjuk. Kemudian tarik ujung kabel ties yang panjang.

Baca Juga: Cara Menjaga Sambungan Kabel Listrik yang Aman

Macam-macam Ukuran Kabel Ties

Kabel Ties
Sumber: Pinnacle Packaging

Secara umum, ukuran kabel ties dinyatakan dalam lebar dan panjangnya. Lebar kabel ties menunjukkan ketebalan maksimum bundel kabel yang dapat ditampung, sedangkan panjangnya menunjukkan panjang keseluruhan kabel ties.

Berikut beberapa ukuran umum kabel ties:

  1. Mini: Lebar 2.5 mm x panjang 100 mm (cocok untuk bundel kabel kecil seperti kabel earphone)
  2. Small: Lebar 3.6 mm x panjang 100 mm – 200 mm (cocok untuk bundel kabel elektronik ringan)
  3. Medium: Lebar 4.8 mm x panjang 150 mm – 300 mm (cocok untuk bundel kabel komputer dan peralatan rumah tangga)
  4. Ukuran besar: Lebar 7.6 mm x panjang 200 mm – 400 mm (cocok untuk bundel kabel ekstensi dan kabel daya)
  5. Giant: Lebar 9.6 mm x panjang 400 mm – 1000 mm (cocok untuk bundel kabel tebal atau selang)

Baca Juga: Fungsi dan Jenis-jenis Kabel Listrik dalam Instalasi Rumah

Kabel ties sendiri hadir dalam berbagai kapasitas beban atau kekuatan tarik. Beberapa dapat menangani beban yang lebih berat daripada yang lain. Sehingga pemilihan ukuran harus sesuai dengan berat dan jenis benda yang akan diikat.

Selain itu beberapa kabel ties memiliki ujung yang khusus dirancang untuk memudahkan proses pemasangan dan penggunaan. Demikian ulasan mengenai apa itu kabel ties, kegunaan, dan beberapa ukurannya. Semoga bemanfaat.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks