Indonetwork, Bahan Kimia – Tabung gas oksigen menjadi barang yang banyak dicari di masa pandemi COVID-19 saat ini. Alat ini sangat penting untuk membantu saturasi oksigen karena banyak juga pasien yang terkena Covid-19 mempunyai kadar oksigen yang rendah.

Oksigen sendiri sebetulnya merupakan gas yang bebas di udara yang sering kita hirup. Peranannya sangat penting untuk kehidupan karena manusia hanya bisa bernafas dengan menggunakan gas oksigen saja.

Namun dalam beberapa kasus, tidak semua orang bisa memperoleh asupan oksigen alami secara cukup. Biasanya hal ini disebabkan oleh gangguan pernapasan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan oksigen tambahan ataupun terapi oksigen. Sehingga mereka akan memperoleh gas oksigen dengan jumlah yang lebih banyak. Mereka juga bakal punya energi yang lebih banyak, dan kualitas hidup yang lebih baik.

Manfaatnya Tabung Gas Oksigen Untuk Apa?

tabung gas oksigen

1. Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien

Terapi oksigen sangat penting bagi mereka yang mengalami kadar oksigen yang rendah. Namun apapun alasannya, penggunaan terapi oksigen teratur sangatlah penting jika memang diperlukan. Karena terapi ini bisa membuat orang bisa bergerak lebih aktif dan bisa mengurangi sesak nafas.

Secara tidak langsung, terapi oksigen juga bisa membuat kualitas hidup menjadi lebih baik lagi. Bahkan juga banyak kasus yang bisa memperpanjang harapan hidup orang yang terkena sesak nafas.

2. Mengurangi Gejala Kekurangan Oksigen

Terapi oksigen sangat membantu para pasien yang menderita kekurangan oksigen. Biasanya mereka akan sering mengalami sakit kepala, sering marah dan emosi berlebih, selalu kelelahan, dan bengkak di bagian pergelangan kaki.

Tumbuh kembang anak yang punya kondisi paru-paru kronis juga bisa terbantu dengan terapi oksigen. Banyak kasus yang memperoleh manfaat dari terapi oksigen ini.

Segala aktivitas yang mereka jalani bisa lebih mudah dan stamina meningkat dengan drastis. Kekurangan sesak nafas juga bisa diminimalisir dengan penggunaan terapi oksigen.

Tak sedikit juga orang yang tengah berada dalam kondisi kronis tetap melanjutkan terapi ini. Dan mereka bisa hidup normal setelah melakukan terapi ini.

Para pasien yang menderita penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) parah sangat memerlukan terapi oksigen dengan jangka waktu yang panjang. PPOK ini merupakan penyakit paru-paru progresif yang menjadi penyebab meningkatnya sesak nafas.

3. Membantu Pasien yang Menderita Paru Obstruktif Kronis

Jika fungsi paru-paru dari waktu ke waktu mengalami penurunan, maka mereka akan kesulitan untuk memperoleh oksigen yang cukup. Jika tidak dibantu dengan terapi oksigen, masalah ini akan terus berlanjut.

Terapi oksigen yang dilakukan secara teratur dan dalam waktu yang panjang bisa meningkatkan kualitas hidup penderita PPOK secara signifikan. Umur mereka akan lebih panjang ketimbang mereka yang tidak melakukan terapi oksigen.

Baca juga: 5 Distributor Pompa Hydrant Terbaik di Wilayah Jakarta

Banyak dari mereka yang harus melakukan terapi oksigen hingga 15 jam per harinya. Untuk prosedurnya juga sangat bergantung pada kondisi pasiennya. Ada pasien yang perlu memperoleh terapi di rumah sakit.

Namun ada juga pasien yang bisa melakukan terapi di tempat umum dengan menggunakan oksigen portable. Namun Anda tetap memerlukan konsultasi pada dokter yang memang sudah ahli di bidangnya.

Jadi Anda jangan melakukan terapi oksigen sembarangan tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena perlu Anda ketahui sendiri bahwa terapi ini juga memiliki efek samping.

Dari penjelasan di atas, Anda sudah tahu kan apa itu tabung gas oksigen dan manfaatnya. Gas ini sangat ini sangat diperlukan bagi mereka yang mengalami gangguan pernafasan. Sehingga mereka tidak memperoleh kadar oksigen dengan maksimal.