Indonetwork, Peralatan Industri – Sebuah elektro motor memungkinkan kita memperoleh energi mekanik dengan cara yang paling sederhana dan efisien. Bergantung pada jumlah phase (fase suplai), Anda dapat memilih sesuai dengan kekuatan yang diperlukan. Terdapat 3 jenis elektro motor yaitu 1 phase, 2 phase, dan 3 phase. Supaya pembahasan lebih mendetail, di bawah ini kami sampaikan beberapa hal terkait aplikasi elektro motor 3 phase sebagai elektro motor yang mutakhir.

Cara Kerja Elektro Motor 3 Phase

Elektro motor berfase 3 ini adalah mesin listrik yang mengubah tenaga listrik menjadi energi mekanik melalui interaksi elektromagnetik. Beberapa motor listrik dapat dibalik, mereka dapat mengubah energi mekanik menjadi tenaga listrik yang bertindak sebagai generator.

Baca Juga: PENGERTIAN & KEGUNAAN GENSET

Elektro motor ini didorong oleh tiga arus bolak-balik dengan frekuensi yang sama dan memuncak pada saat-saat bergantian. Pada phase ini, motor dapat memiliki kekuatan hingga 300KW dan kecepatan berkisar antara 900 dan 3600 RPM.

Dalam sistem 3 phase ini, tiga kabel digunakan untuk memberikan tegangan sinusoidal yang sama, tetapi setiap phase digeser sebesar 120°. Jika Anda menjumlahkan tegangan setiap phase maka jumlahnya akan konstan. Daya tiga phase biasanya diperlukan untuk aplikasi daya industri atau daya yang lebih tinggi.

Sistem ini adalah metode yang paling umum digunakan dalam jaringan listrik di seluruh dunia. Biasanya sistem ini diperlukan untuk aplikasi daya yang tinggi seperti terlihat signifikan di sektor industri.

Rangkaian Kontrol

Biasanya terdapat tombol start untuk membuka dan menghentikan mesin. Untuk menjalankan motornya. Kita perlu menutup sakelar kompak dan sakelar relai.

Jika operator menekan tombol start. Arus mulai mengalir melalui sistem dan memberi energi pada kumparan sebenarnya. Yang membuat sakelar konduktor menutup dan sakelar relai menutup. Ketika saklar relai tertutup, maka di saat itulah daya terus mengalir melalui sistem.

Untuk menghentikan motor kita perlu membuka kontaktor yang berada di saklar relai. Jika operator menekan tombol stop. Daya tidak bisa berhenti mengalir melalui sistem. Maka, compactor switch harus membuka relai sehingga tidak akan ada arus yang mengalir ke motor dan motor berhenti bekerja. Jadi itulah keseluruhan kerja rangkaian kontrol elektro motor tiga phase.

Ini adalah rangkaian kontrol elektro motor 3 phase. Anda dapat dengan mudah memahami kerja dari rangkaian 3 phase pada gambar di bawah ini.

rangkaian kontrol 3 phase
Sumber: maintenanceskill.com

Keunggulan Elektro Motor 3 Phase

1. Efisiensi

Karena kemampuannya mengirimkan daya tiga kali lebih banyak meskipun hanya menggunakan kabel 1,5 kali lebih banyak, membuat catu daya lebih efisien dan ekonomis. Elektro motor 3 phase memang dapat mengalami masalah rotasi. Namun, jika pemasangan dilakukan dengan benar hal tersebut dapat dihindari dan justru membuatnya lebih efisien dengan mengubah hingga 97% energi listrik menjadi energi mekanik yang dapat digunakan.

2. Jangkauan

Elektro motor 3 phase memiliki aliran daya yang lebih lancar dan berkelanjutan. Karenanya, mesin ini sempurna untuk digunakan di lokasi komersial dan industri. Kemampuannya untuk dipasang kabel yang lebih panjang cocok untuk digunakan jarak jauh atau di area yang luas.

Tidak perlu khawatir terjadi hambatan karena jangkauan yang terlalu luas, karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, catu daya 3 phase memberikan daya pada laju yang stabil dan konstan.

3. Getaran

Pada umumnya, elektro motor 3 phase menghasilkan lebih sedikit getaran dan suara yang bising.

4. Komponen

Elektro motor 3 phase juga memiliki keunggulan unik, termasuk torsi yang dapat dimulai sendiri. Fitur ini menghilangkan kebutuhan untuk memulai kapasitor dan sakelar sentrifugal. Komponen yang tidak terlalu banyak dapat meminimalisir adanya kesalahan.

Aplikasi Elektro Motor 3 Phase

Dengan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, motor induksi AC 3 phase dapat menggerakkan berbagai macam komponen. Sistem premium ini dapat digunakan pada pompa, kipas industri, kompresor, hingga konveyor penanganan material, dan lain sebagainya.

Baca Juga: YUK KENALAN DENGAN CHAIN CONVEYOR UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI!

Sistem ini juga cocok untuk aplikasi eMobility, termasuk kendaraan listrik dan hibrida komersial. Motor induksi meminimalkan biaya dan titik kegagalan potensial di seluruh peralatan pertambangan dan pertanian, truk dan bus sekolah, sekaligus mengoptimalkan kinerja kontrol motor, memberikan solusi komprehensif untuk pembuat mesin eMobility.

Biaya Aplikasi Elektro Motor 3 Phase

Harga dan biaya pemasangan motor jenis ini mungkin memang lebih mahal namun bisa jadi ekonomis jika digunakan secara tepat. Pertimbangkan berapa lama Anda perlu menggunakan sebuah elektro motor, karena biayanya bahkan lebih tinggi jika Anda memilih untuk mengonversi motor yang sudah ada ke phase yang lebih tinggi.

Keputusan motor mana yang harus dipilih tergantung pada kebutuhan pribadi Anda sendiri. Untuk keperluan perumahan, seperti motor di rumah atau untuk digunakan di air mancur dan kolam di taman, motor satu fase seharusnya sudah cukup. Jika Anda memerlukan motor untuk digunakan di sektor industri, komersial, atau profesional, motor tiga fase adalah pilihan yang lebih baik, lebih efisien, dan menawarkan lebih banyak daya.

Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan elektro motor 3 phase dengan PT. INDOMITRA PRIMA LESTARI. Berlokasi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, PT.Indomitra Prima Lestari juga merupakan distributor Motive di Indonesia untuk produk Motor standard IE2, Gear Reducer, Motor Inverter IE2, Brake Motor IE2, Motor Ex Proof IE2 masih ASLI Made in Italy. Perusahaan tersebut juga sebagai Agen untuk Pompa Ebara, Koshin, Calpeda, SIHI, dan Inoxpa untuk Pompa Sanitari. Coupling, Inverter Delta, dan kebutuhan industri lainnya juga dapat disuplai oleh perusahaan ini.


Author

%d bloggers like this: