Indonetwork,  Peralatan Industri – Salah satu komponen utama yang paling penting dalam conveyor adalah chain conveyor atau bagian rantai. Tanpa adanya rantai maka mesin conveyor tidak akan dapat bergerak maju ataupun mundur, alat ini biasanya memiliki susunan rantai yang berkelanjutan sehingga penampilannya terlihat lebih kokoh.

Alat ini sangat berfungsi pada berbagai jenis industri, sehingga trend penggunaanya sendiri untuk mengurangi load karyawan dan penghematan waktu sangat membantu pelaku bisnis meminimalisir budget. Sebelum Anda mencari alat ini, mari mengenal conveyor lebih dalam lagi melalui ulasan dari artikel dibawah ini!

Pengertian Chain Conveyor

Conveyor chain adalah salah satu jenis conveyor yang didalamnya terdapat susunan rantai terhubung yang digunakan untuk mentransportasikan barang melalui lini produk. Jenis rantai ini dibuat tidak terputus untuk melakukan tarikan dari unit penggerak. Selain itu keunggulan dari mesin ini juga cocok untuk menahan debu, penyilangan kecil, kombinasi garis horizontal dan vertikal, dan temperatur tinggi.

Komponen dari conveyor chain terdiri dari rantai sebagai komponen utamanya dimana rantai ini dikaitkan dengan papan-papan pembawa atau dengan roda roda, lalu kualitas rantai  disesuaikan dengan material yang akan diangkutnya. Rantai ini digerakkan oleh sproket yang dihubungkan dengan motor listrik yang mana putarannya diturunkan dengan reduction gear (roda gigi reduksi putaran).

Baca juga:  7 JENIS SHIPPING CONTAINER YANG BANYAK DIGUNAKAN

Alat yang biasa dikenal dengan rantai berjalan atau mesin kompayer rantai yang dirancang bisa bergerak secara memutar, naik lalu turun atau menyamping ke kanan dan kiri. Rantai conveyor bergerak dengan bantuan motor yang didalamnya terdiri dari blok bantalan pendukung yang menjaga kesatuan mata rantai saat berputar. Biasanya standar mutu chain conveyor dibuat dengan cara yang tidak main-main karena umumnya diaplikasikan pada dunia industri dengan beban yang cukup berat dan tekstur kompleks.

Fungsi Conveyor pada Bidang Industri

Dalam kondisi tertentu, Conveyor banyak dipakai karena mempunyai nilai ekonomis dibanding transportasi berat seperti truk dan mobil pengangkut. Sistem ini terutama digunakan untuk mengangkut bahan-bahan berat seperti kontainer industri, palet dan kotak kisi yang sulit dibawa.

Pengaplikasian Chain conveyor sendiri umumnya digunakan pada bidang industri, seperti:

Pengertian Chain Conveyor
Sumber: Istockphoto

1. Pertambangan

Fungsi utama dari penggunaan conveyor yaitu memindahkan benda-benda hasil tambang menuju tempat pemilihan atau penyimpanan. Umumnya pada industri ini menggunakan jenis rantai conveyor yang kuat untuk mengangkat bobot tambang yang cukup berat, cuaca dan kondisi di dalam tambang. Alat ini sangat berguna dan efisien untuk material tambang yang tidak terlalu dalam.

2. Penanganan Restoran

Pengaplikasian conveyor telah merambah ke bidang industri. Saat ini banyak restoran yang menggunakan konsep conveyor untuk menggantikan waiters yang mengantar makanan dari bagian dapur ke meja konsumen. Sehingga selain meminimalisir kesalahan pengantaran tentu saja menekan budget karyawan pada restoran. Konsep ini umum ditemukan pada restoran jepang yang menyediakan makanan per porsi di atas sabuk konveyor yang memutari dapurnya. Anda bisa menemukan konsep ini di restoran-restoran sushi yang sering mendemokan proses pemotongan daging ikan sebagai sajian utamanya.

3. Penanganan limbah

Penggunaan conveyor pada bidang ini berguna untuk mengolah limbah seperti sampah pada pabrik daur ulang. Sampah biasanya akan dipilih lalu dipisahkan  berdasarkan materialnya, beberapa material seperti plastik, logam, besi maupun organik akan didaur ulang menjadi kebutuhan yang lebih berguna seperti kerajinan tangan, pupuk atau bahan makanan untuk hewan.

4. Industri kayu

Kayu yang biasanya diambil dari hutan yang cukup luas tentu akan sangat rumit dalam proses pemotongan dan pendistribusiannya ke pabrik-pabrik produsen. Pada umumnya conveyor belt yang disupport oleh chain conveyor,  digunakan pada industri kayu untuk memisahkan potongan kayu berdasarkan ukurannya dan massa jenis kayu agar lebih mudah didistribusikan dan mengangkut kayu pada pemasok yang membutuhkan.

5. Tekstil

Tentu saja pabrik tekstil memiliki ukuran yang cukup luas. Industri tekstil ini biasanya membutuhkan conveyor untuk membuat beragam hasil tekstil dengan berbagai campuran benang didalamnya. Kegiatan-kegiatan pendistribusian tekstil antara satu divisi ke divisi lainnya biasanya menggunakan conveyor yang bertujuan menghemat waktu dan tenaga karyawan yang bekerja.

Fungsi Conveyor pada Bidang Industri
Sumber: Istockphoto

6. Kargo Bandara

Pengaplikasian conveyor pada lokasi ini tentu yang paling sering Anda lihat. Kargo barang yang terdapat di bandara tentu menggunakan covenyon dengan tujuan memindahkan berbagai muatan penumpang dari lokasi ke registrasi menuju pesawat. Setelah sampai pada tujuan, penumpang juga nantinya dapat mengambil kembali barang yang dibawanya pada conveyor yang berputar setelah pintu keluar bandara.

7. Industri semen dan bahan bangunan

Sudah tidak asing lagi conveyor digunakan untuk pengangkutan material industri seperti mengangkat semen dan bahan bangunan lainnya dalam kegiatan kontraktor. Pembangunan dermaga atau lokasi yang luas membutuhkan conveyor untuk memindahkan material sejauh beberapa KM, penggunaan alat ini tentu jauh lebih efisien dibandingkan menggunakan truk yang membutuhkan budget harian cukup besar.

Baca juga: BUTUH EKSPEDISI MURAH DI JAKARTA, BAHANA CARGO SOLUSINYA

Rantai yang biasanya terhubung pada conveyor bergerak dengan bantuan motor untuk proses naik dan turunnya barang di sepanjang jalur conveyor. Conveyor banyak dipakai di industri untuk transportasi barang yang jumlahnya sangat banyak dan berkelanjutan. Hal ini dikarenakan penggunaanya yang lebih efektif dan waktu yang lebih efisien, bahkan conveyor rol dapat bergerak secepat 75 kaki / menit.

Jual Chain Conveyor

Nah, setelah Anda mengenal komponen penting chain conveyor tentu alat ini sudah digunakan oleh berbagai industri.  PT Sarana Teknik menyediakan jual chain conveyor ataupun belt conveyor yang berhubungan dengan membantu produksi industri lebih efisien. Produk yang disediakan oleh perusahaan ini tentu saja berkualitas baik dengan harga yang terjangkau, jadi tunggu apa lagi hubungi PT Sarana Teknik untuk mensupport kebutuhan industri Anda.


Author

%d bloggers like this: