Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Anda mungkin telah mengetahui apa saja kegunaan mika plastik. Namun pernahkah Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana asal-usul mika plastik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simaklah uraian di bawah ini serta kegunaannya dalam bidang makanan dan kendaraan.

Bahan Dasar dan Sifat Mika

Mika merupakan salah satu mineral phyllosilicate yang memiliki tekstur berlapis atau platy. Mika yang diketahui secara komersial adalah muskovit dan phlogopite. Dengan belahan basal yang sempurna, memungkinkan mika dipecah menjadi lembaran yang sangat tipis, kuat, dan fleksibel. Lembaran mika juga transparan, tangguh, reflektif, bias, dielektrik, inert secara kimia, isolasi, ringan, dan hidrofilik. Mika juga stabil saat terkena listrik, cahaya, kelembaban, dan suhu ekstrim. Karena sifatnya tersebut, muskovit dan phlogopite telah digunakan secara luas di seluruh industri, perdagangan, dan barang-barang rumah tangga. Mika memiliki kombinasi yang luar biasa dari sifat kimia, fisik, listrik, termal dan mekanik yang tidak dapat ditemukan dalam produk isolasi lainnya.

Baca Juga: 6 TIPS BUAT KEMASAN MIKA KUE LEBIH AESTHETIC

Mika Alami

Mika lembaran kelas teknis digunakan dalam komponen listrik, elektronik, dalam mikroskop kekuatan atom, dan sebagai lembaran jendela. Kegunaan lain termasuk diafragma untuk peralatan pernapasan oksigen, dial penanda untuk kompas navigasi, filter optik, pirometer, pengatur suhu, jendela kompor, dan lain-lain. Mika adalah birefringent dan oleh karena itu biasanya digunakan untuk membuat pelat seperempat dan setengah gelombang. Aplikasi khusus untuk lembaran mika ditemukan dalam komponen kedirgantaraan dan dalam sistem rudal yang diluncurkan dari udara, darat, dan laut, perangkat laser, elektronik medis, dan sistem radar. Mika secara mekanis stabil dalam lembaran tipis mikrometer yang relatif transparan terhadap radiasi (seperti partikel alfa) beberapa jenis gas. Oleh karena itu material ini digunakan sebagai jendela pada detektor radiasi. Lembaran mika plastik digunakan terutama dalam industri elektronik dan listrik. Kegunaannya dalam aplikasi ini berasal dari sifat listrik dan termal yang unik dan sifat mekaniknya, yang memungkinkan untuk dipotong, dilubangi, hingga diberi cap.

Secara khusus, mika merupakan material yang tidak biasa karena bersifat sebagai isolator listrik yang baik dan pada saat yang sama sebagai konduktor termal yang baik. Penggunaan utama blok mika adalah sebagai isolator listrik pada peralatan elektronik. Hanya mika film muskovit berkualitas tinggi, yang sering disebut mika ruby ​​India atau mika muskovit ruby, yang digunakan sebagai dielektrik dalam kapasitor. Film mika kualitas tertinggi digunakan untuk memproduksi kapasitor untuk standar kalibrasi. Kelas yang lebih rendah berikutnya digunakan dalam kapasitor transmisi. Kapasitor penerima menggunakan muskovit berkualitas tinggi yang sedikit lebih rendah. Lembaran mika digunakan untuk menyediakan struktur untuk kawat pemanas (seperti di Kanthal atau Nichrome) dalam elemen pemanas dan dapat bertahan hingga 900 °C (1.650 °F).

Mika Plastik

1. Mika Plastik Otomotif

Asal Muasal Mika Plastik
Sumber: Knowledge.ulprospector.com

Beberapa penelitian dan pengujian terbaru telah menghasilkan penggunaan mika secara ekstensif sebagai pengganti asbes dalam senyawa akustik dalam plastik otomotif yang mengubah getaran dan mengontrol kebisingan. Ini digunakan dalam bilah kipas kondisi udara, panel dasbor, rakitan lampu kepala, selubung kipas dan serpihan lantai untuk memperkuat sandaran kursi plastik ringan, lantai beban, panel panggangan, bagian sistem pengapian, dan lain-lain. Produsen mobil di seluruh dunia sekarang didorong untuk menerapkan peningkatan jumlah mika dalam senyawa akustik yang mengubah getaran dan menghilangkan kebisingan dan mesin yang merupakan contoh baik dari produk polipropilen berisi mika yang ditemukan di mobil.

2. Mika Plastik Kemasan Makanan

Mika Plastik
Sumber: Honokage

Mika tanah dapat dicampur dengan berbagai bahan polimer termoplastik dan resin termoset dan kebanyakan dari mereka dapat digunakan dalam produk yang memiliki kontak langsung dengan makanan sepeti mika plastik kemasan. Mika tanah sering digunakan dalam produksi produk plastik seperti:

  • Polimer termoplastik (PP, PE, ABS, PS, HIPS, SAN, BDS, dll.)
  • Resin termoset (poliester, akrilik, poliuretan, dll.).

Bubuk mika tanah tidak kehilangan sifat-sifatnya bahkan jika menggunakan teknik produksi yang paling agresif sekalipun. Bubuk mika dalam plastik dapat digunakan untuk memperkuat, mengeraskan dan mengurangi kerutan pada bahan; mengurangi ekspansi termal dan konduktivitas, meningkatkan sifat isolasi dan peredam getaran dan meningkatkan daya rekat pada substrat. Mika, karena struktur serpihannya yang sangat terdelaminasi, cocok digunakan dalam proporsi besar sebagai pengisi non-asbes yang memberikan penguatan dan meningkatkan sifat fisik komposit mika-plastik. Mika meningkatkan sifat material komposit plastik secara signifikan.

Baca Juga: KEMASAN MAKANAN: VARIAN BAHAN DAN CONTOH DESAIN ESTETIK

Penambahan mika menghasilkan suhu distorsi panas yang lebih tinggi, peningkatan modulus lentur, peningkatan kekuatan lentur, pengurangan susut, ketahanan kimia yang lebih baik, permeabilitas yang berkurang, sifat dielektrik yang lebih baik dan sifat permukaan yang lebih baik untuk komposit plastik. Sebagai serpihan kaku, mika memberikan penguatan mekanis di seluruh bidang daripada sumbu tunggal seperti dalam kasus serat kaca.

Pabrik Mika Plastik

Itulah beberapa informasi mengenai bahan asal mika plastik, jika Anda membutuhkan berbagai jenis mika plastik segera hubungi PT. Vacpack Indonesia. Perusahaan tersebut  memproduksi plastik pet manufacturing pembuat mika plastik berupa blister, tray makanan, tray biscuit, tray electronic , tray buah di kawasan Jakarta. Anda juga dapat memesan mika plastik sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Material yang digunakan adalah PET dan PVC PP. Pabrik perusahaan tersebut telah dilengkapi dengan high speed vaccum forming machine sehingga sanggup melayani kebutuhan besar dengan sistem produksi massal. Hasil produksi mika pabrik ini higienis dan cukup kuat sehingga tidak mudah sobek.


Author

%d bloggers like this: