Indonetwork, Makanan Di era digital yang umumnya dinilai serba visual seperti saat ini, packaging atau kemasan untuk produk makanan merupakan elemen yang paling penting untuk dipertimbangkan. Beberapa tahun lalu kemasan kue mungkin hanya menggunakan mika plastik biasa, akan tetapi saat ini mika kue dibuat lebih menarik dengan berbagai dekorasi tambahan yang aesthetic.

Kemasan adalah tempat atau wadah yang berguna untuk meningkatkan nilai dan fungsi dari produk itu sendiri. Persaingan tampilan packaging yang aesthetic khususnya untuk produk kue dan roti berlomba untuk menarik konsumen. Nah, Anda sebagai pelaku bisnis dibidang kuliner harus berinovasi dan cermat mencari peluang supaya produk tidak ditinggalkan.

Fungsi Kemasan Makanan yang Menarik

Tahukah Anda bahwa fungsi kemasan sangat berdampak pada kualitas dan penilaian dari konsumen tentang suatu produk. Sehingga bisa dikatakan kemasan produk yang menarik adalah alat penjualan yang penting dan efektif untuk mendorong pembelian. 

Fungsi Kemasan Makanan yang Menarik
Sumber: istockphoto

Teknik pengemasan makanan seperti kue dan roti harus dibuat dengan menarik dan seaman mungkin, karena kemasan memiliki fungsi sebagai:

1. Melindungi Makanan

Tentu saja fungsi utama dari kemasan yaitu melindungi produk supaya kondisi dan bentuk tetap sama seperti awal. Sehingga konsumen akan merasa makananya berkualitasnya tetap terjaga dan tidak terkontaminasi oleh debu dan kotoran akibat lingkungan.

2. Sebagai Wadah Delivery

Penggunaan kemasan kue yang aman, sangat penting sebagai wadah untuk menjaga agar makanan tetap aman ketika dalam proses pengiriman dan distribusi. Besarnya kemasan ini pun biasanya disesuaikan dengan volume dan jenis produk agar pengiriman lebih terjaga.

3. Sebagai Sarana Komunikasi

Kemasan yang menarik biasanya akan menarik minat konsumen untuk membeli produk sering. Perilaku konsumen yang senang untuk mengabadikan dan posting produk melalui sosial media akan membantu meningkatkan sarana komunikasi merek.

4. Sebagai Identitas Merek

Selain itu packaging yang unik dan berbeda dengan produk lainnya akan meningkatkan identitas merek yang terbenam dalam ingatan konsumen, merek akan memiliki keunggulan lebih dibanding produk pesaingnya. Biasanya  produk akan terlihat menarik dan memiliki karakter yang kuat, maka besar kemungkinan konsumen akan selalu ingat dengan produk tersebut.

5. Meningkatkan Nilai Jual

Ketika Anda menjual produk yang sama dengan packaging yang berbeda dan dibuat lebih menarik, maka produk Anda akan lebih unggul dan dapat meningkatkan nilai jual. Konsumen akan menilai produk Anda terkesan lebih mewah dan elegan sehingga layak untuk dijadikan bingkisan.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kualitas Kemasan Mika Plastik

Tips Membuat Kemasan Kue Menarik

White Cake Box
Sumber: webstaurantstore.com

Persaingan bisnis di era digital yang semakin ketat membuat pelaku usaha berbondong-bondong untuk melakukan inovasi baik melalui rasa, penampilan maupun trik marketing. Nah untuk membuat kemasan produk Anda lebih menarik dan dilirik oleh konsumen, berikut tips yang dapat kamu lakukan:

1. Pilih Paduan Warna yang Menarik

Tentu kolaborasi desain dan warna yang cerah pada produk makanan akan memberikan tampilan visual yang lebih menarik. Sehingga kemasan produk akan lebih menonjol dan mudah dilirik oleh konsumen. Paduan warna yang menarik ini dapat Anda sesuaikan dari produk makanan yang telah diproduksi dan aksesoris yang menyelimuti kemasan kue.

2. Gunakan Aksesoris yang Cantik

Biasanya para pelaku bisnis kuliner dapat menambahkan aksesoris yang menarik dan cantik pada kemasan produk agar diminati oleh konsumen. Pengaplikasiannya sendiri bisa dilakukan dengan menambahkan dekorasi seperti pita, stiker, tambahan kardus ataupun kartu ucapan.

3. Tambahkan Informasi Produk

Label Informasi Kue
Sumber: id.postermywall.com

Untuk menambahkan kesan lebih menarik, biasanya packaging makanan akan mencantumkan data legalitas dari BPOM atau lembaga yang berwenang untuk memastikan kualitas produk. Atau Anda bisa menambahkan logo halal ataupun bahan-bahan yang digunakan dalam produk supaya konsumen lebih yakin dengan kandungan pembuatannya.

4. Tempelkan Logo dan Brand di Kemasan

Strategi seperti ini juga dapat meningkatkan pengemasan produk Anda lebih menarik. Biasanya logo dari brand dibuat dari stiker dengan ukuran yang disesuaikan dengan mika, setelah itu logo dapat ditempelkan pada kemasan kue di area yang strategis dan mudah dikenali oleh konsumen.

5. Tentukan Bahan Kemasan yang Berbeda

CAKE BOX 125X125X50 PINK-EACH | Redi Pac
Sumber: redipac.co.za

Pada umumnya kemasan makanan akan menggunakan mika kue dengan tampilan transparan sehingga produk bisa dilihat dari luar tanpa membuka seluruh kemasan terlebih dahulu. Setelah itu produk baru dikemas lagi menggunakan pengemas makanan seperti kardus yang lebih cantik dan aesthetic.

6. Perhatikan Tata Letak Kue

Tata Letak Kue
Sumber: pinterest

Selain dari faktor eksternal produk, kue juga harus dibuat lebih menarik dilihat dari tata letaknya dan penggabungan warna antara produk, topping dan kertas kue yang digunakan. Pastikan juga produk Anda aman dan tidak mengalami kerusakan selama proses pengiriman.

Itu dia tips membuat kemasan produk makanan lebih menarik, Anda dapat mengaplikasikan strategi ini untuk mengupgrade bisnis Anda ke tahap yang lebih baik. Biasanya bisnis kuliner dengan kemasan kue yang menarik akan memiliki peluang tinggi saat dipasarkan nantinya.

Baca Juga: Standar Nasi Box yang Sehat di Tangerang

Rekomendasi Mika Kue Murah dan Berkualitas

Setelah Anda mengetahui fungsi dan tips untuk mendapatkan packaging yang menarik, tentu setiap pebisnis kuliner akan mencoba inovasi terbaru untuk meningkatkan penjualan dan lebih bersaing dengan merek lainnya.

Nah, jika Anda sebagai pemula bisnis khususnya bidang kuliner, maka visual kemasan tentu menjadi hal terpenting dalam persaingan produk kue dan roti. Kemasan kue yang dikolaborasikan dengan dekorasi yang menarik tentu akan meningkatkan minat konsumen untuk membagikan pengalaman mereka.

PT Vackpack Indonesia sebagai perusahaan industri plastik dan pembuat mika kue dapat menawarkan berbagai bentuk packaging dari plastik yang menarik, tentu kualitas dan harga yang dihadirkan oleh perusahaan ini dapat bersaing dengan produsen lainnya. Anda hanya perlu menghubungi PT Vackpack Indonesia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks