Indonetwork . Bahan Bangunan – Salah satu material yang bisa mempercantik rumah supaya terkesan mewah adalah batu marmer (marble). Terdapat banyak sekali jenis marmer yang bisa kita gunakan. Dengan memakai marmer yang tepat, rumah Anda akan terlihat lebih berkelas dan lebih menarik untuk dilihat.

Dari sekian banyak batu marmer yang tersedia di pasaran, terdapat beberapa jenis saja yang bisa Anda gunakan. Untuk mengetahui lebih detail mengenai jenis batu marmer, simak ulasan kami berikut ini:

1. Batu Marmer Onyx

Batu marmer yang ini secara sekilas mempunyai bentuk seperti onyx, tetapi batu ini mempunyai karakteristik yang berbeda. Marmer Onyx terbuat dari mineral chalcedony, cryptocrystalline, moganite, dan silika halus.

Semua material tersebut akan membentuk lapisan transparan dengan varian warna yang lebih unik. Tak heran jika jenis marmer ini banyak dipakai dan disukai oleh kebanyakan orang, terutama mereka para arsitek maupun desainer interior.

2. Marmer Ornamental

Konon batu marmer oriental ini sudah ada sejak zaman mitologi Yunani kuno. Saat itu para pemahat tengah membuat bangunan berpilar dan patung para dewa Olympus.

Jenis batu ini mempunyai pola yang sangat unik, menarik dan penampakannya simetris. Anda tidak akan begitu kesulitan untuk membandingkan marmer ornamental dengan marmer lainnya meskipun mempunyai tekstur yang tergolong kasar.

3. Batu Marmer Cipolin

Jenis batu marmer ini mempunyai warna gelap dengan tekstur berlapis-lapis. Jika Anda perhatikan, lapisannya itu tidak tetap. Kadang lapisannya itu menyerupai bentuk abstrak, tapi kadang juga menyerupai layer cake.

Kebanyakan orang memakai marmer Cipolin ini untuk interior rumah. Tapi tak sedikit juga yang menggunakannya untuk countertop dapur sehingga akan menghasilkan ruangan yang terlihat lebih mewah.

4. Marmer Statuary

Jenis marmer ini memiliki pola retakan, sehingga sangat mudah untuk dikenali. Kebanyakan orang memakai jenis batu marmer Statuary ini untuk lantai rumah.

Terdapat tiga jenis batu marmer Stationary yang tersedia yaitu Polished marble, Honed marble, dan Acid Marble.

Polished marble mempunyai permukaan yang halus dan mengkilap. Honed marble adalah marmer dengan tekstur permukaan, dan acid marble memiliki permukaan yang timbul dan agak kasar.

5. Marmer Limestone

Banyak orang yang menyukai jenis batu marmer Limestone karena mempunyai corak yang sangat menarik. Selain itu, marmer ini juga sangat mudah untuk dibersihkan, tidak licin, dan anti lumut.

Jika Anda mempunyai kolam renang dan ingin dipasang batu marmer, jenis marmer Limestone merupakan pilihan yang sangat tepat. Dijamin batu marmer ini tidak akan licin dan berlumut.

6. Marmer Hijau

Jenis batu marmer ini adalah buatan manusia, bukan terbuat secara alami. Sesuai dengan namanya, jenis batu marmer ini mempunyai permukaan berwarna hijau lumut, tapi polanya mirip seperti marmer statuary.

Kebanyakan orang memakai marmer ini untuk interior bagian ruangan dapur, alas meja, dan elemen eksterior. Untuk Anda yang suka dengan warna hijau juga bisa memakai jenis marmer yang satu ini.

7. Marmer Architectural

Marmer yang satu ini mempunyai pola dan tekstur yang bervariasi. Untuk ketahanannya juga tergolong sangat kuat, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk interior maupun eksterior rumah.

Untuk dari sisi estetik, jenis marmer ini bisa membuat lantai rumah Anda terlihat lebih elegan.

8. Marmer Shell

Ini adalah jenis marmer yang dijual dengan harga yang sangat mahal. Karena selain unik, marmer shell ini juga sangat langka sehingga tidak mudah untuk ditemukan. Untuk pembentukannya sendiri, Shell marble terbuat dari fosil makhluk hidup yang kemudian membentuk lapisan batu artistik.

Marmer ini bisa menjadi titik fokus di dalam ruangan sehingga akan membuat rumah Anda terlihat lebih istimewa. Untuk Anda yang punya budget yang berlebih bisa menggunakan jenis marmer yang satu ini.

9. Marmer Breccia

Jika Anda memerlukan marmer dengan tekstur yang agak kasa, maka marmer Breccia merupakan pilihan yang tepat. Jenis marmer ini mempunyai corak yang cantik dan terkesan cerah. Ketika digunakan, marmer ini akan lebih mudah untuk menyatu dengan ruangan rumah.

10. Marmer Ruin

Marmer ini terbentuk dari endapan kristal yang akhirnya membentuk pola yang sangat unik. Salah satu karakteristik dari marmer ini adalah teksturnya yang sangat halus. Ciri khas lainnya yaitu memiliki warna coklat dan krem.

Marmer ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang menyukai ruangan bernuansa tanah baik untuk interior maupun eksterior rumah.

11. Batu Marmer Budidaya

Karakteristik batu marmer ini hampir mirip seperti marmer hijau yaitu tidak dibuat secara alami. Marmer Budidaya terbuat dari campuran semen dan batu yang kemudian dibentuk sedemikian rupa.

Jenis marmer ini biasa digunakan sebagai hiasan pada kolam renang atau elemen jalan setapak karena punya tekstur yang sangat kasar. Untuk harganya pun tentu saja lebih terjangkau dibandingkan marmer alami.

Untuk mendapatkan berbagai varian batu marmer bisa Anda lakukan disini.

Baca juga: 8 Merk Lem Kayu Terbaik dengan Daya Rekat Terkuat

Demikianlah ulasan kali ini tentang batu marmer yang bisa dijadikan referensi oleh Anda yang ingin memilikinya. Pastikan untuk memiliki marmer sesuai dengan kesukaan dan budget yang dimiliki.

  • Penulis: Cecep S
  • Editor: Agus S