Indonetwork, PanduanKemasan yang digunakan suatu produk bertujuan untuk menambah nilai estetika produk. Dengan memiliki jenis kemasan yang menarik akan membuat seseorang akan tertarik untuk membeli produk Anda. 

Di jaman yang modern ini tidak heran jika banyak jenis kemasan yang digunakan oleh perusahaan sangat menarik mulai dari menggunakan box hingga plastik. Segala cara dilakukan agar produk yang dijual terlihat lebih lebih menarik.

Ada beberapa jenis kemasan yang biasa digunakan untuk bisnis. Setiap pembuatan kemasan tentu memiliki bahan baku dan kegunaan yang berbeda. Oleh karena itu, Indonetwork akan membahas jenis-jenis kemasan untuk bisnis. Pastikan Anda membacanya hingga selesai agar Anda tidak salah dalam memilih kemasan untuk produk jualan Anda. 

Jenis-Jenis Kemasan Untuk Bisnis

Berikut beberapa jenis kemasan untuk bisnis.

1. Tas Mika Hampers

tas mika plastik hampers
Sumber: Google

Jenis kemasan yang satu ini merupakan jenis kemasan yang cukup menarik. Dengan menggunakan tas yang berbahan mika akan membuat produk yang ada di dalamnya dapat terlihat dengan jelas. Selain itu, tas jenis ini juga dapat menghalau debu dan tidak meresap air, sehingga produk yang Anda jual tetap aman dan bersih. 

2. Paper Bag

paper bag kemasan produk
Sumber: Google

Paper bag merupakan tas dengan berbahan kertas. Tas jenis ini memiliki bentuk dan tampilan yang modis, sehingga banyak orang menggunakan paper bag untuk membawa keperluan. 

Banyak orang yang menyukai tas jenis ini karena sangat praktis, maka tidak heran banyak para pebisnis menggunakan paper bag sebagai kemasan produk mereka agar dapat menarik minat konsumen dan sebagai media branding perusahaan.

3. Box

brown cardboard box on white table

Box juga dapat Anda gunakan sebagai kemasan produk. Biasanya, jenis produk yang menggunakan box adalah jenis produk kado atau barang-barang besar lainnya. Hal ini karena ukuran dan bentuk box yang kotak mempermudah penjual untuk mendekorasi kotak box. Biasanya penjual mendekorasi box menggunakan pita, label, atau stiker, sehingga produk akan jauh lebih menarik.

Baca Juga: Mengenal Mika Plastik untuk Kemasan Produk Makanan

4. Kardus

tumblr box kemasan
Sumber: Google

Kemasan kardus memiliki bentuk yang sama seperti box. Kardus juga bisa dijadikan sebagai kemasan produk Anda. Biasanya produk yang menggunakan kemasan berupa tumbler, jam dinding, kaca dan barang-barang lainnya yang mudah pecah belah dan memiliki dimensi yang cukup besar.

Menggunakan kardus jauh lebih aman ketimbang Anda menggunakan kemasan seperti plastik saja. Selain itu, kardus juga relatif lebih murah dan lebih ramah lingkungan. 

5. Kemasan Plastik

kemasan plastik
Sumber: Google

Menggunakan plastik sebagai kemasan produk juga memiliki banyak manfaat yang dapat menguntungkan Anda. Plastik memiliki bentuk yang fleksibel, sehingga mudah mengikuti bentuk produk yang dikemas, memiliki yang bobot ringan, tidak mudah pecah, mudah diberi label dan dibuat dalam aneka warna, dapat diproduksi secara massal, serta harganya yang relatif murah.

Plastik juga memiliki berbagai jenis pilihan bahan dasar plastik. Namun, tidak semua produk bisa dikemas menggunakan kemasan plastik. Jika produk yang Anda miliki rentan atau mudah pecah, lebih baik jika Anda menggunakan kemasan kardus saja.

6. Kemasan Gelas Kaca

kemasan botol gelas kaca
Sumber: Google

Jika produk Anda berupa cairan seperti minuman atau bahan kecantikan yang berbahan cair, ada baiknya jika Anda menggunakan kemasan kaca. Hal ini dikarenakan kemasan gelas kaca dinilai lebih aman digunakan karena tidak bereaksi terhadap bahan yang dikemas. Namun kemasan jenis ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan menggunakan box atau plastik. 

Rekomendasi Produsen Souvenir Berkualitas 

Garuda Souvenir merupakan Vendor & Produsen Souvenir Merchandise yang terletak di Surabaya. Produk yang dihasilkan berupa tas, buku agenda, kotak tisu, clutch handbag. pesanan Anda dikerjakan langsung oleh para pengrajin lokal yang ahli dan terbaik dibidangnya. Garuda Souvenir siap mengirimkan pesanan ke berbagai kota seperti Jakarta, Malang, Bandung, Jogja, Semarang dan lain-lain.

Segera kunjungi websitenya untuk mendapatkan segala kebutuhan Anda!

Penulis: Wardah Aliya Rahmah
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks