Bagi Anda yang sudah bekerja di konstruksi bangunan tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah besi baja hitam. Besi ini juga dikenal dengan sebutan Carbon steel pipe atau black steel pipe.

Besi baja hitam mempunyai rongga lingkaran yang terbuat dari material besi atau baja. Dengan begitu besi baja hitam ini punya daya tahan yang tidak perlu diragukan lagi ketika menahan beban yang berat.

Aplikasi Besi Baja Hitam

Jenis besi ini biasa digunakan dalam industri pembangkit listrik, kilang minyak dan gas, kapal, dan pabrik petrokimia. Fungsinya yaitu untuk mengangkut cairan atau gas yang punya tekanan yang sangat tinggi.

Fluida yang punya tekanan tinggi akan berbahaya jika mengalir di pipa yang terbuat dari material yang biasa-biasa saja. Oleh sebab itu besi baja digunakan sebagai pipa untuk fluida yang bertekanan tinggi.

Besi baja ini juga sering digunakan sebagai tiang billboard, tiang listrik, saluran air, atau rangka bangunan. Dulu jenis besi ini banyak digunakan sebagai saluran air dan gas di rumah-rumah pada tahun 1960.

Untuk sekarang, kebanyakan rumah modern lebih banyak yang memakai pipa PVC dibandingkan dengan pipa besi. Karena pipa PVC dijual dengan harga yang lebih murah dan pemasangannya juga sangat mudah dibandingkan besi baja hitam.

Cara Pembuatan Besi Baja Hitam

Ada tiga cara untuk pembuat blac steel pipe ini. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pertambangan bijih

Bijih atau besi mentah ini merupakan mineral besi yang kental dan bisa diekstraksi. Kualitasnya tergantung dari isi logam yang berasal dari bijihnya.

Besi ini akan menjadi bahan utama untuk proses pembuatan baja yang dilebur sebelum akhirnya melalui proses casting.

2. Peleburan Besi

Proses peleburan ini menggunakan ekstrak bijih logam atau besi mentah. Kemudian material tersebut dimasukkan ke dalam tungku yang sangat besar. Tungku ini berfungsi untuk membersihkan kotoran dan mengurangi kandungan karbonnya.

Dari dalam tungku ini juga akan menghasilkan karbon monoksida yang digunakan untuk proses penghilangan oksigen dari besi mentah. Jika kandungan oksigennya sudah tidak ada, maka akan masuk ke dalam proses casting.

3. Casting Iron

Suhu yang digunakan pada proses casting ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan proses peleburan. Logam yang telah dilebur akan dibentuk menjadi sebuah silinder dengan rongga di bagian tengahnya.

Pada proses ini juga menggunakan penusuk yang berbentuk peluru yang berfungsi untuk membentuk ukurannya. Penusuk ini nantinya akan didorong melalui rongga besi tersebut.

Supaya pipa itu bersih, maka diperlukan asam sulfat. Akhir dari produksi ini yaitu diminyaki yang berfungsi untuk melindungi besi. Setelah itu akan dipotong-potong sesuai dengan kebutuhannya.

Klasifikasi Besi Baja Hitam

Besi ini dikelompokan ke dalam tiga jenis berdasarkan komposisi bahan kimianya yaitu carbon steel, low alloy steel, dan high alloy steel.

Pipa baja adalah carbon steel atau baja karbon dengan bahan utama besi yang dicampurkan dengan 1,7% karbon dan 1,65% mangan serta bahan lainnya.

Baja karbon ringan mempunyai kandungan karbon di bawah 0,30% dan baja karbon menengah kandungan karbonnya di kisaran 0,30%-0,60%. Untuk baja karbon tinggi kandungan karbonnya di atas 0,60%.

Itulah ulasan kami kali ini mengenai aplikasi dan proses pembuatan carbon black steel. Untuk pembeliannya bisa dilakukan di distributor besi baja hitam seperti pabrikbesisurabaya.com.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks