Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Besi merupakan salah satu elemen struktural yang sering digunakan dan menjadi bagian dalam konstruksi. Namun, saat ini penggunaan besi dalam elemen interior cukup sering ditemukan dan populer. Salah satunya adalah pada desain interior pada hunian atau bangunan bergaya industrial. Tidak hanya itu, harga besi Surabaya yang terjangkau dan mudah ditemukan, membuat besi dikreasikan dalam berbagai elemen di interior.

Tidak hanya pada elemen pembentuk interior seperti dinding, atap, dan lantai. Anda juga bisa menemukan kreasi furniture serta dekorasi yang terbuat dari material besi. Bahkan tidak jarang besi yang digunakan merupakan jenis besi yang digunakan pada konstruksi bangunan seperti besi hollow.

Baca juga: 7 INSPIRASI PEMASANGAN BESI HOLLOW PADA HUNIAN

Interior Dengan Konsep Industrial

Hunian atau bangunan dengan gaya industrial saat ini sangat populer di berbagai kalangan, khususnya milenial. Tidak hanya pada rumah, cafe serta kantor sering menggunakan gaya ini untuk tampilan ruang yang modern. Gaya industrial sendiri merupakan salah satu konsep desain interior suatu ruang atau bangunan yang memperlihatkan komponen serta elemen struktural dari sebuah bangunan. Komponen tersebut dapat berupa besi, pipa, dan concrete. Sehingga, tampilan ruang dan bangunan bergaya industrial memiliki kesan seperti bangunan yang belum jadi (unfinished).

Karakteristik gaya industrial pada interior terlihat dari penggunaan warna gelap yang dipadukan warna netral. Serta memanfaatkan bahan atau material hasil daur ulang. Salah satu ciri khas utama pada gaya ini adalah atap terbuka yang menampilkan langit-langit struktural seperti pipa, kerangka. Lalu juga pada dinding yang unfinished dan minimnya dekorasi menjadi ciri khas dan keunikan pada gaya industrial.

Penggunaan Besi pada Ruang Bergaya Industrial

Penggunaan besi menjadi salah satu ciri khas yang mudah dikenali pada desain interior bergaya industrial. Sehingga terdapat berbagai kreasi serta kombinasi besi pada elemen interior yang unik dan modern. Berikut ini adalah penggunaan dan kreasi besi pada interior bergaya industrial.

1. Elemen Pembentuk Ruang

Dalam desain interior, satu kesatuan pada elemen pembentuk ruang sangat penting. Elemen pembentuk ruang tersebut terdiri dari lantai, dinding, dan plafon (ceiling). Pada gaya industrial, Anda dapat menemukan kreasi penggunaan besi pada dinding berupa ornamen simple. Biasanya kreasi ini memanfaatkan besi hollow yang didesain menjadi ornamen dengan pola yang unik.

Selain itu, material besi pada interior industrial terdapat pada atap ruang yang mengekspos besi struktur. Tidak jarang, besi juga didesain menjadi dekorasi ceiling yang digantung untuk menghiasi plafon. Sehingga kesan industrial dan modern sangat terasa pada ruang tersebut. 

Untuk kebutuhan tersebut, jenis dan harga besi Surabaya yang digunakan beragam. Mulai dari besi polos hingga besi konstruksi seperti besi hollow. Jenis besi plat juga banyak digunakan pada lantai hunian bergaya industrial.

2. Furniture Interior

Furniture industrial
Sumber : danetti.com

Karakteristik besi yang kokoh dan tahan lama menjadi salah satu keunggulan furniture yang terbuat dari besi. Furniture yang sering dan mudah ditemukan adalah kursi dan meja yang memiliki desain unik dan terbuat dari besi yang dikombinasikan dengan kayu atau material lainnya. Anda bisa menemukannya pada furniture kursi bar yang banyak menggunakan material besi.

Lalu pada rak dan lemari yang terbuat dari besi tersusun dan terbuka. Rak yang dikombinasikan dengan kayu, sering digunakan untuk meletakkan dekorasi seperti frame foto, buku, vas, dan lainnya. Lalu pada lemari atau kabinet  biasanya dikombinasikan dengan kaca yang difungsikan untuk menggantung baju dan menyimpan barang-barang pada walk-in closet.

Furniture tersebut banyak Anda jumpai dan digunakan dalam desain interior bergaya industrial. Tampilannya yang minimalis dan modern dengan material besi atau kayu yang tidak jarang unfinished.

3. Elemen Dekorasi

Penggunaan sedikit dekorasi dalam interior bergaya industrial menjadi salah satu ciri khas gaya ini. Dekorasi pada ruangan bergaya ini dapat difungsikan sebagai aksen pada ruangan agar lebih unik dan menarik. Salah satunya adalah lampu yang terbuat dari besi industri. Penerapannya terdapat pada kap lampu yang terbuat dari besi yang dilebur dan dibentuk dengan tetap mempertahankan warnanya. 

Selain itu, besi juga dikreasikan menjadi frame kaca yang menjadi suatu aksen ruang. Biasanya besi didesain dan disusun dengan pola yang unik dan menarik. Jenis besi yang dapat digunakan adalah besi strip, besi wiremesh, atau besi plat. Anda bisa mencari distributor dengan harga besi terjangkau di Surabaya untuk kreasi dekorasi yang terbuat dari material besi. 

Dekorasi gaya industrial
Sumber: cgtricks.com

Tips Memilih Besi Untuk Interior Bergaya Industrial

Sebelum menggunakan besi pada interior hunian, Anda perlu mengetahui jenis-jenis besi yang tepat untuk digunakan. Tujuannya adalah agar sesuai dengan gaya industrial dan tetap terlihat indah juga nyaman. Berikut ini adalah tips memilih besi yang tepat untuk interior industrial.

  • Menentukan jenis besi yang digunakan pada elemen pembentuk ruang atau furniture. Hal ini dikarenakan banyaknya jenis dan harga besi yang beragam. Misalnya seperti pada penggunaan besi hollow pada railing tangga.
  • Memilih ukuran besi yang sesuai dengan kebutuhan merupakan hal yang penting. Hal tersebut dapat menghemat biaya serta pengerjaan dalam waktu singkat.
  • Memastikan besi dalam kondisi baik atau tidak dalam kondisi berkarat. Kondisi besi yang berkarat membuat tampilannya jadi tidak menarik. Selain itu, besi berkarat dapat menyebabkan penyakit.
  • Pastikan besi dengan merk berkualitas yang akan digunakan pada interior hunian Anda. Hal tersebut cukup penting agar besi memiliki kualitas baik dan tahan lama. Pastikan besi memiliki cap SNI (Standar Nasional Indonesia). Sehingga tidak jarang, untuk mendapatkan kualitas besi terbaik, Anda harus mengeluarkan biaya lebih. Hal ini karena harga besi seperti di Surabaya disesuaikan dengan jenis dan ukurannya.

Baca juga: KELEBIHAN & KEKURANGAN BESI BETON SNI

Memilih besi berkualitas akan menentukan ketahanan besi yang digunakan pada interior hunian bergaya industrial Anda. Untuk menemukan besi dengan kualitas dan harga besi terjangkau seperti di Surabaya, CV. Aneka Steel Teknik adalah pilihan tepat. Disini Anda bisa menemukan berbagai jenis besi untuk kebutuhan industri dan lainnya dengan harga terjangkau serta sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

 


Author

%d bloggers like this: