Indonetwork, Bahan Bangunan – Penggunaan besi beton yang berkualitas sangat membantu memperkokoh bangunan untuk jangka panjang. Jenis besi ini hadir dengan kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan agar konsumen merasa lebih yakin untuk menggunakannya. Bukan hanya itu, jual besi beton SNI juga banyak ditemukan di toko material, karena elemen besi ini dapat digunakan untuk berbagai fungsi kebutuhan konstruksi.

Berikut dibawah ini informasi untuk mengetahui besi beton SNI yang umum beredar, seperti.

Kelebihan Menggunakan Besi Beton

Kelebihan dari Besi Beton
Sumber: Istockphoto

Informasi dibawah ini menjelaskan kelebihan besi beton sehingga peminatnya sendiri cuku banyak di toko material. Berikut hal yang perlu Anda ketahui mengenai kelebihan besi beton, seperti:

  • Besi beton jenis ulir memiliki usia yang sangat panjang, sehingga sifat ini sangat baik untuk menjaga struktur bangunan untuk tetap kokoh.
  • Tidak memerlukan biaya pemeliharaan yang tinggi dibandingkan dengan bahan lain.
  • Besi beton mampu menahan tekanan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan bahan lainnya
  • Dapat dibuat dalam beragam bentuk seperti balok, pelat, kolom atau atap kubah dengan macam-macam fungsi.
  • Jenis besi ini tidak perlu tenaga ahli untuk pemasangan
  • Tidak memerlukan biaya pemeliharaan yang tinggi dibandingkan dengan bahan lain.
  • Jenis besi ini mudah ditemukan ditemukan di berbagai toko material, karena penggunaanya bersifat umum
  • Instalasi besi beton bisa dilakukan oleh tenaga berkeahlian rendah, dibandingkan dengan struktur lainnya.

Kekurangan dari Besi Beton

Besi sendiri memiliki kekurangan yang sangat umum seperti bisa berkarat, tidak tahan api hingga tidak fleksibel. Namun untuk spesifikasi besi beton sendiri terdapat penjelasan mengenai kekurangan besi beton yang perlu Anda waspadai sebelum menggunakannya, seperti:

  • Jenis besi beton polos, memiliki fungsi dengan rendahnya daya tarik, sehingga besi ini tidak terlalu kuat untuk kebutuhan konstruksi. Bahkan terkadang penggunaan besi poloh harus ditambah lagi dengan penyangga besi ulir yang lebih kuat.
  • Ukuran besi beton polos terlalu kecil untuk beberapa kebutuhan
  • Pada beberapa jenis pabrik, bahan campuran besi dan ukuran ketebalan besi beton masih berbeda-beda belum menyesuaikan standar khusus, sehingga setiap toko material belum tentu memiliki kualitas besi beton SNI yang sama.
  • Harga besi beton ulir sangat mahal sehingga cukup memberatkan pembeli.
  • Penggunaan jenis besi ini masih kurang optimal jika digunakan pada permukaan tanah yang tidak datar.
  • Beton keras masih mempunyai sifat mengembang atau menyusut jika terjadi perubahan suhu sehingga perlu di buat dilatasi untuk mencegah terjadinya retakan retakan.
  • Beton sulit untuk kedap air secara sempurna, sehingga selalu dapat dimasuki air, dan air yang membawa kandungan garam dapat merusakkan beton.

Tips Membeli Besi Beton SNI

Tentu jenis besi beton sangat umum digunakan oleh kontraktor pembangunan, akan tetapi bagi konsumen yang awam perlu diedukasi lebih mengenai tips membeli besi beton dengan label SNI, berikut beberapa tips yang dapat kamu pahami sebelum datang ke toko material.

1. Pahami Dulu Jenis Besi  Betonnya

Sebelum membeli produk besi beton berkualitas SNI pastikan Anda telah mengetahui fungsi dan beberapa jenis besi lainnya dipasaran. Jenis besi beton ini pada umumnya terdiri dari dua tipe yaitu polos dan ulir, dimana karakteristik yang ulir sangat sulit dibengkokkan sedangkan beton polos lebih mudah dibentuk jadi harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan konstruksinya. Umumnya banyak yang menggunakan besi ulir karena memiliki ketahanan tekan minimal 400 Mpa sedangkan besi polos hanya berkisar 240 Mpa.

Tips Membeli Besi Beton SNI
Sumber: Istockphoto

2. Pilihlah Besi Beton Sesuai Standar SNI

Dalam standar SNI, dikatakan bahwa tulangan beton tidak boleh mengandung lipatan,retakan, gelombang maupun serpihan. Panjang tulangan beton haruslah berukur 10 meter dan 12 mm dengan toleransi panjang maksimum 70 mm. pastikan tingkat kekerasan besi beton tersebut memiliki tingkat kekerasan yang baik. Anda bisa mengeceknya melalui alat bernama hardness tester yang biasa digunakan untuk mengukur ketahanan bahan logam dan non logam.

3. Perhatikan Harga Besi Beton

Setiap toko material memiliki standar harga yang berbeda-beda tergantung merk dan ukuran yang diperjualkan pada toko material. Biasanya jenis besi ulir memiliki harga yang lebih mahal karena ketahanan yang lebih padat. Akan tetapi jika Anda menginginkan produk besi beton dalam volume yang cukup banyak, lebih disarankan untuk mensurvey beberapa toko material atau distributor yang jual besi beton SNI berkualitas.

Hindari menggunakan besi dengan kualitas yang telah berkarat dengan iming-iming harga lebih murah, karena hal ini dapat membahayakan penghuni maupun kontraktor yang membangunnya

4. Ketahui Ukuran Besi Beton Yang Dibutuhkan

Pada toko material terdiri dari beragam jenis ukuran besi beton baik jenis ulir maupun polos, sehingga ada baiknya Anda untuk mengetahui berbagai ukuran dan jumlah produk yang dibutuhkan. Mengingat harga besi beton SNI tidaklah murah, terlebih lagi besi ini tidak boleh terlalu lama dibiarkan diluar terkena hujan dan sinar matahari karena dikhawatirkan akan berkarat.

5. Percayakan Pada Merk Terpercaya

Beberapa orang berpikir merk tertentu mempengaruhi kualitas produk besi beton. Tentu dipasaran terdapat banyak merk besi beton yang sudah mendapatkan izin ekspor ke negara lain, kualitas yang baik tentu didukung dengan harga yang lebih mahal dibanding produk besi yang belum banyak dikenal masyarakat. 

Baca juga:

Rekomendasi Jual Besi Beton SNI

Setelah mendapatkan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan besi beton serta tips sebelum membeli produknya, tentu penggunaan besi ini tidak dapat dinegosiasi lagi karena semua pembangunan pasti membutuhkan besi beton untuk bagian pondasi bangunan. Hal yang membedakan hanya bahan bangunan yang Anda beli menggunakan kualitas SNI atau bukan.

Jika Anda membutuhkan distributor lengkap yang jual besi beton SNI berkualitas dengan harga terjangkau, maka Anda dapat menghubungi  PT. Baja Mas Abadi. Hubungi perusahaan ini jika anda membutuhkan material besi untuk pembangunan konstruksi yang cukup besar karena  PT. Baja Mas Abadi akan memberikan harga terbaik.


Author

%d bloggers like this: