Indonetwork, Tips & Trik – Era sekarang ini, bahasa Inggris sangat diperlukan dan harus dikuasai dengan baik untuk memudahkan kita berkomunikasi dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Terkhusus saat berkomunikasi dengan orang asing ketika meeting di kantor, business trip ke luar negeri, hingga liburan singkat dan bertemu dengan turisman dari belahan dunia mana pun. Maka tak heran jika kini banyak yang mencari cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan efisien.

Karena pentingnya mempelajari bahasa Inggris tersebut, Anda memerlukan langkah tepat, cepat dan efisien untuk berlatih dan menekuni bahasa tersebut sehingga kita tidak kehabisan kosakata atau vocabulary. Dan funfact-nya, Anda tidak perlu mengetahui seluruh kosakata kamus English karena hanya memerlukan sekitar 300 kata yang meliputi 65% bacaan termasuk dengan tulisan sehari-hari, loh! Yang artinya tidak perlu pusing dan tak perlu kesulitan lagi untuk mempelajari bahasa Inggris.

Namun, selain kosakata, Anda juga harus mempelajari tatabahasa bahasa Inggris yang baik  (grammar) minimal perlahan memahami mengenai S+V1 atau S+V2  (Subject and Verb). Lalu, bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan efisien tapi tetap menyenangkan? Berikut tipsnya.

1. Belajar Kosakata Dengan Flashcard

belajar kosakata dengan flashcards
Sumber: macys.com

Flashcard adalah kartu dengan kata-kata dan gambar dengan kategori tertentu seperti mengenai warna, buah, makanan dan lain sebagainya. Flashcard mungkin sering dibilang membosankan namun, jenis penghafalan cepat dengan kartu bila diulang terus menerus akan membuktikan hasil yang baik, loh!

Flashcard dapat dibuat sendiri dengan mudah. Dan juga dapat ditemukan di toko buku maupun market online yang biasa kamu kunjungi.

2. Mempelajari Bahasa Inggris dengan Mendengarkan Lagu

cara belajar bahasa inggris yang efektif dan efisien
Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio

Mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan mencoba menulis liriknya merupakan metode yang sering digunakan seseorang untuk menambah kosakata bahasa Inggris. Cobalah dengan memilih tipe lagu favorite terlebih dahulu agar lebih happy ketika menuliskannya tanpa melihat lirik aslinya.

Dan jangan lupa untuk mempelajari dan terjemahkan arti dari lirik tersebut untuk memperluas makna dan arti dari kata bahasa Inggrisnya.

Baca Juga: 3 Bahasa yang Wajib Dikuasai dan Tips Belajar

3. Gemar Membaca Buku Bahasa Inggris

membaca buku bahasa inggris
Sumber: Pexels/Christina Morillo

Untuk pemula, memahami dan membaca buku yang berisi tulisan bahasa Inggris dapat menambah kosakata dan tata Bahasa yang dapat digunakan sehari-hari untuk memudahkan berkomunikasi dengan bahasa yang berbeda. Carilah buku yang tidak membuat jenuh seperti terdapat gambar yang menarik dan pemandangan.

Nanti, bila sudah mulai terbiasa dan mahir, Anda bisa melanjutkan bertahap dengan buku yang lebih menarik seperti novel fiksi atau buku pengembangan diri dalam bahasa Inggris.

4. Membaca Artikel dan Berita Bahasa Inggris Setiap Hari

cara belajar bahasa inggris
Sumber: Pexels/Anna Shvets

Mulailah juga dengan tidak menutup diri dari berita dalam bahasa Inggris. Sering check berita dan artikel dengan mencari berita terkini dalam Bahasa Inggris, entah berita mengenai bisnis, kesehatan, pendidikan, maupun selebriti. Dan contoh website favorite yang digemari untuk dibaca seperti CNN, Dailymail, Yahoo, dan lain sebagainya.

5. Menonton Film Tanpa Subtitle

cara belajar bahasa inggris yang efektif
Sumber: Pexels/Ivan Samkov

Mungkin langkah yang satu ini sudah sering Anda dengar. Yap! Dengan menonton film dapat membuat berbicara Bahasa Inggris dengan lebih natural.

Namun langkah pertama yang harus dilakukan adalah setting subtitle menjadi bahasa Inggris atau dengan audio bahasa Inggris namun subtitle Indonesia. Dan pastikan kalian selalu mem-pause video pada setiap kalimat yang sekiranya membingungkan kalian dalam mengartikan kosakatanya.

Tulislah dan terjemahkan kalimat tersebut. Kemudian jangan bosan untuk mengulang langkah ini dengan baik dan terus menerus karena langkah ini begitu efektif, loh.

6. Mempelajari Kosakata Inggris Dengan Imbuhan

cara belajar bahasa inggris yang efektif
Sumber: Pexels/Julia M Cameron

Di dalam mempelajari Bahasa Indonesia, pastinya kita mengenal imbuhan seperti ber-, -an, dan -kan. Karena setiap imbuhan kata memiliki fungsi dan kegunaan yang dapat membentuk kata sifat, kerja, maupun kata keterangan. Begitupula dalam berbahasa Inggris. Kosakata Inggris juga membutuhkan beberapa deretan imbuhan yang disebut prefix dan sufflix.

Trik memberikan imbuhan pada kosakata merupakan langkah mudah untuk belajar berbahasa Inggris dengan mudah dan cepat, loh! Seperti dengan mempelajari kata “happy” atau senang, Anda sekaligus dapat mempelajari kata “unhappy” atau tidak senang.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Inggris Terbaik dan Terlengkap

7. Berlatih Bahasa Inggris didepan Cermin

cara belajar bahasa inggris yang efektif
Sumber: Andrea Piacquadio

Berbicara dengan diri sendiri di cermin mungkin terdengar lucu, namun cara ini merupakan salah satu metode yang disarankan beberapa ahli untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Melakukan metode ini minimal tiga kali seminggu selama 15 menit, dan nantinya kalian secara sadar akan fasih dan terbiasa berbahasa Inggris dengan lancar dan nyaman.

8. Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

cara belajar bahasa inggris yang efektif
Sumber: editorstorontoblog.com

Dengan adanya metode era digitalisasi seperti sekarang, podcast merupakan salah satu yang populer pada kalangan anak muda. Mulai dari cerita mengenai komedi, olahraga, sosial budaya, maupun informasi mancanegara, podcast dapat Anda dengarkan bersamaan dengan tetap menyelesaikan tugas dan aktifitas lainnya.

Cobalah untuk sesekali mendengarkan podcast berbahasa Inggris yang dapat kalian akses dengan mudah pada aplikasi podcast. Mulailah dengan mendengarkan podcast berita atau informasi sederhana maupun tema sesuai dengan kesukaan kamu.

Nah, itulah tips and tricks untuk langkah mempelajari Bahasa Inggris dengan efektif, dan efisien! Dan bagi Anda yang masih bingung untuk menterjemahkan kalimat atau dokumen, Anda bisa menggunakan jasa terjemahan bahasa Inggris dari CV. Solusindo Karya Nusa. Mereka sudah berpengalaman selama bertahun-tahun sebagai jasa penerjemah bahasa Inggris dengan kualitas baik.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks