Indonetwork, Tips dan TrikMempelajari berbagai bahasa asing diperlukan dalam hidup. Tidak hanya dalam pengembangan karir, tetapi juga dalam kehidupan pribadi. Pentingnya menguasai bahasa asing juga akan menolong Anda agar tetap bertahan di kehidupan modern dan global ini. Apa saja bahasa yang wajib dikuasai dan tips belajar?

Era globalisasi saat ini memudahkan masyarakat untuk bertukar informasi tanpa terbatas jarak dan waktu. Komunikasi antar negara terasa begitu mudah karena adanya teknologi. Untuk mempersiapkan diri dalam era globalisasi ini, Anda harus membekali diri Anda dengan beberapa bahasa yang wajib dikuasai di era globalisasi ini. 

Berikut beberapa bahasa yang sebaiknya Anda kuasai dan tips belajarnya, simak hingga akhir!

Pentingnya Bahasa Inggris

tips belajar bahasa

Bahasa Inggris bisa dikatakan sebagai bahasa yang paling banyak digunakan penduduk di dunia dan dianggap sebagai bahasa ibu oleh lebih dari 400 juta orang di dunia. Setiap hari, jutaan orang menggunakan Bahasa Inggris di tempat kerja maupun di kehidupan sosial. Ketika kepala negara saling bertemu dalam konferensi tingkat dunia, bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang paling sering digunakan.

Berikut beberapa alasan lain tentang pentingnya Bahasa Inggris:

1. Kesempatan Mendapatkan Karier yang Cemerlang

Fasih berbahasa Inggris biasanya menjadi salah satu persyaratan yang diajukan perusahaan dalam merekrut karyawannya. Dengan mempunyai kemampuan dalam berbicara menggunakkan dua bahasa, tentu hal itu akan menjadi nilai tambah untuk sebuah perusahaan. 

Penguasaan Bahasa Inggris juga dianggap menjadi hal yang penting karena Anda dapat berinteraksi dengan orang lain dengan mudah, terutama dengan rekanan yang merupakan pekerja asing.

2. Melanjutkan Pendidikan Ke Luar Negeri

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian banyak pelajar. Namun perlu diketahui jika Anda ingin melanjutkan pendidikan ke Luar Negeri, maka Anda juga harus dapat menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Karena itu adalah syarat utama agar Anda dapat diterima. 

Alasan mengapa Anda harus menguasai Bahasa Inggris dikarenakan bahasa inilah yang akan digunbkan sebagai bahasa pengantar di sana. Baik untuk materi pendidikannya, proses pembelajarannya hingga saat berkomunikasi. Dari sinilah dapat diketahui bahwa lancar berBahasa Inggris dapat memberikan Anda peluang untuk melanjutkan pendidikan di Luar Negeri.

3. Paham Teknologi

Hampir seluruh alat-alat teknologi keluaran terbaru selalu menggunakan Bahasa Inggris. Bahkan buku petunjuk dalam penggunaan alat-alat teknologi tersebut pun tidak jarang juga menggunakan Bahasa Inggris. 

Oleh karena itu, inilah alasan pentingnya bahasa Inggris. Dengan mempelajari bahasa Inggris, Anda akan sangat terbantu memahami teknologi dengan baik dan benar.

BACA JUGA: TIPS JUALAN ONLINE DI INDONETWORK, BISNIS MAKIN CUAN!

Tips Belajar Bahasa Inggris 

tips belajar bahasa

Pada zaman yang sudah serba canggih ini, lancar berbahasa Inggris dalam waktu singkat bukanlah hal yang mustahil. Sebagai bahasa yang digunakan secara internasional, Bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam berbagai macam kondisi.

Ini dia beberapa tips untuk belajar bahasa Inggris

1. Mendengarkan Musik dan Pelajari Liriknya 

Menggunakan musik sebagai media dalam mempelajari Bahasa Inggris dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Khususnya untuk Anda yang memiliki kelebihan audio visual dalam belajar, sangat cocok menggunakan tips ini.

2. Rutin Menulis Dalam Bahasa Inggris

Salah satu cara cepat dalam belajar Bahasa Inggris adalah dengan cara rutin menulis Bahasa Inggris setiap harinya. Tulislah kalimat sederhana yang mudah dengan menggunakan Bahasa Inggris. Cara ini juga dapat memudahkan Anda agar lebih familiar dengan Bahasa Inggris. 

3. Menonton Film Berbahasa Inggris

Tips ini mungkin sudah sering terdengar, tentunya dengan sering menonton dapat membantu Anda untuk berbicara lebih natural. Setidaknya, di dalam film terdapat banyak kosakata baru yang dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris 

Kegunaan Bahasa Mandarin

bahasa mandarin

Mempelajari Bahasa Mandarin sangat berguna karena ada lebih dari satu miliar orang yang berbicara menggunakan bahasa Mandarin saat ini. Selain itu, Tiongkok adalah negara dengan perekonomian terpesat. Karena itu, tidak ada salahnya bukan mempelajari bahasa Mandarin? Inilah beberapa kegunaan mempelajari bahasa Mandarin.

1. Memiliki Banyak Peluang Pekerjaan 

Ada banyak  perusahaan dari negeri Tiongkok yang ingin memperluas bisnis mereka di Indonesia. Dengan mempelajari Bahasa Mandarin bisa membuat Anda mempunyai nilai lebih pada saat akan melamar pekerjaan.

Berbicara bahasa Mandarin tidak hanya dapat membantu Anda bekerja sama dengan penyedia, produsen, distributor, hal ini juga membantu Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

2. Lebih Mudah Memahami Budaya Tiongkok

Untuk Anda yang ingin mempelajari budaya dan sejarah Tiongkok secara mendalam, Anda perlu mengerti bahasa Mandarin terlebih dahulu. Mempelajari budaya dan sejarah tidak hanya dapat dilakukan dengan berkaitan tentang sejarah nasional Tiongkok, tetapi ada banyak fakta yang hanya dapat Anda ketahui di dalam masyarakat Tiongkok dan tidak akan pernah bisa Anda terjemahkan ke dalam bahasa lain.

3. Memudahkan Saat Berwisata

Jika Anda tahu, tidak semua masyarakat Tiongkok bisa berbahasa Inggris. Karena itu, menu makanan yang ada di toko ataupun restoran hanya ditulis dengan menggunakan Bahasa Mandarin. Maka, dengan mengetahui dasar-dasar Bahasa Mandarin, Anda tidak akan salah memesan makanan yang tidak halal dan sebagainya. Apalagi, masyarakat Tiongkok kebanyakan mengkonsumsi banyak makanan yang mungkin tidak biasa dimakan oleh orang Indonesia, jadi Anda harus hati-hati agar tidak memesan menu dan restoran yang salah.

BACA JUGA: HARGA LEBIH MURAH DAN MUDAH, BERIKUT MANFAAT BELANJA ONLINE

Tips Mempelajari Bahasa Mandarin

woman teaching girl

1. Mengenali Pinyin

Tips belajar Bahasa Tiongkok yang pertama adalah mengenali Pinyin. Pinyin adalah ejaan bunyi atau penulisan romawi untuk cara membaca huruf Mandarin. Apabila Anda adalah pemula yang ingin sukses dalam mempelajari bahasa Mandarin, maka pastikan Anda bisa melafalkan huruf-huruf dalam Pinyin itu dengan baik.

2. Pahami Nada-Nada Bahasa Mandarin

Seperti yang kita ketahui, Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang bernada. Bahasa Mandarin sendiri memiliki empat nada yang berbeda. Apabila Anda beranggapan bahwa bahasa Mandarin itu sangat sulit untuk dibedakan, mungkin itu adalah anggapan yang benar, apalagi jika dalam tahap ini yang mempelajari bahasa Mandarin adalah pemula.

3. Melatih Penulisan Bahasa Mandarin

Setelah mempelajari tentang bagaimana memahami nada-nada Bahasa Mandarin, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan melatih kepenulisan dalam bahasa Mandarin. Latihan menulis huruf Mandarin ini dapat dilakukan setiap hari, lalu tidak lupa juga untuk menghafalkan arti dan bagaimana penggunaannya dalam setiap kalimat dalam Bahasa Mandarin.

Kegunaan Mempelajari Bahasa Arab

tips belajar bahasa arab

Bahasa Arab bisa dikatakan sebagai bahasa yang cukup sulit untuk dikuasai. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa. Karena itulah ini adalah beberapa kegunaan atau manfaat belajar bahasa Arab!

1. Merupakan Bahasa Dalam Kitab Suci

Alasan ini cukup kuat untuk menjadi alasan besar kenapa Anda harus mempelajari bahasa Arab. Keistimewaan bahasa Arab juga disebutkan dalam Al-Qur’an yaitu pada surat Az Zumar : 

 وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُ

“Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

2. Mudah Memahami Ajaran Agama Islam

Bahasa Arab dapat memudahkan Anda dalam memahami agama Islam, terutama jika Anda memahami kaidah-kaidah yang terkandung dalam Ilmu Nahwu dan Sharaf. Bagi seorang penyampai dakwah, tentu sangat memerlukan mempelajari Bahasa Arab. Penyampai dakwah dapat memberikan pemahaman yang benar mengenai ajaran agama Islam. Hal ini juga sangat penting karena penyampai dakwah akan memberi informasi bagi banyak orang, sehingga ia harus bisa memberikan informasi dengan benar.

3. Mudah Mempelajari Keilmuan

Umat Islam dapat lebih mudah belajar ilmu dari para ulama. Baik secara langsung atau tidak langsung. Bahasa Arab akan memudahkan pemahaman Anda saat menggali ilmu. Seseorang juga bisa lebih mudah dan cepat memahami arti karya ulama yang asli karena tidak mengandalkan kitab terjemahan dengan mempelajari Bahasa Arab.

BACA JUGA: TIPS MUDAH MEMILIH PLAYMAT UNTUK BERMAIN SI KECIL

Tips mempelajari bahasa Arab 

tips belajar bahasa arab

Sebagai negara muslim terbesar, sepertinya tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa Arab untuk percakapan sehari-hari. Terlebih lagi bahasa Arab merupakan salah satu dari 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Sebelum Anda mulai mempelajarinya, perlu diketahui bahwa Bahasa Arab sangat berbeda dengan Bahasa Indonesia, baik dalam bentuk maupun struktur penulisannya. Bahasa Arab juga berbeda-beda antara berbagai negara di bagian Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahasa Arab juga memiliki dua bentuk tulisan yang berbeda, bahasa Arab standar modern dan bahasa Arab klasik. Untungnya, perbedaan di antara keduanya tidak banyak. 

Berikut beberapa tips mempelajari bahasa Arab.

1. Niat yang Tulus 

Setiap perbuatan membutuhkan niat. Jika tidak disertai dengan niat, bisa saja Anda berhenti dan menyerah di tengah jalan. Cara menumbuhkan niat itu bisa Anda dapatkan lewat sebuah alasan. Carilah alasan yang kuat, mengapa Anda harus belajar bahasa Arab.

2. Pelajari Nahwu dan Sharaf 

Tips yang tak boleh Anda lewatkan adalah mempelajari Ilmu Nahwu dan Sharaf yang termasuk di antara wasilah terbesar yang akan menghubungkan Anda dalam memahami teks-teks bahasa Arab Al-Qur’an, hadits dan karya-karya para ulama. Ini menjadi keharusan bagi pemula untuk memahami dua ilmu ini sebab teks-teks bahasa Arab tidak akan dapat dipahami dengan baik tanpa ilmu ini.

Kemampuan berbicara dalam bahasa Arab tentu hal yang baik. Begitu juga dengan kemampuan memahami teks, Jika Anda bisa dan mampu menggapai dua keterampilan ini tentu akan lebih bagus lagi.

3. Berlatih Dengan Menulis

Menulis dapat membantu Anda dalam mengingat beberapa kata dalam bahasa Arab. Sering-seringlah menulis beberapa kosakata bahasa Arab, jika Anda ingin mengingat atau memperkuat ingatan. Cara ini cukup mudah untuk Anda coba dirumah.

Rekomendasi Jasa Penerjemah

Nah, itulah beberapa bahasa yang wajib dikuasai beserta tipsnya. Anda butuh jasa penerjemah legalisasi dokumen? Rekomendasi jasa penerjemah terpercaya dapat Anda temukan di  CV. Solusindo Karya Nusa.

Anda bisa mendapatkan jasa penerjemah berkualitas dan juga dengan harga yang terjangkau serta terpercaya disini. Kami menyediakan jasa penerjemahan berbagai bahasa asing, seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, Bahasa Korea, dan lain sebagainya.

Penulis: Wardah Aliya Rahmah

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks