Indonetwork, Tips & TrikSeiring dengan berkembangnya teknologi saat ini khususnya di dunia digital tentu saja dapat mempermudah semua jenis pekerjaan. Termasuk dalam hal berbisnis.

Kini, Anda dapat berjualan melalui marketplace. Selain aman, berjualan di marketplace juga bisa dibarengi dengan berbagai macam jenis produk dan promo yang menarik sehingga banyak orang yang lebih tertarik berbelanja melalui marketplace.

Maka dari itu, dengan berjualan melalui marketplace bisa lebih menguntungkan. Namun untuk berjualan melalui marketplace tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut ini beberapa cara mudah berjualan di marketplace. Pastikan Anda membacanya hingga selesai.

Cara Berjualan Melalui Marketplace

black and orange card on brown wooden table

Membuka sebuah bisnis online tentu saja memiliki banyak keuntungan. Tidak hanya berjualan melalui sosial media seperti Instagram atau Facebook yang dapat menguntungkan, Anda dapat berjualan melalui berbagai marketplace. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Iinilah cara berjualan di marketplace. 

1. Pilih Produk Yang Ingin Dijual

Sebelum membuka sebuah usaha, tentu saja hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih produk yang akan dijual. Entah itu produk hasil sendiri atau atau buatan orang lain (reseller). 

Jika Anda ingin menjual hasil produk Anda sendiri, Anda perlu memperhatikan kualitas bahan baku untuk produk yang akan Anda jual. Namun, jika Anda memilih untuk menjual produk buatan orang, Anda tidak perlu repot-repot untuk  memilih bahan baku. Anda hanya perlu mencari supplier yang mau meminjamkan atau memodalkan produknya terlebih dahulu, sehingga Anda dapat memulai berjualan online tanpa modal.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Ecommerce Dengan Marketplace?

2. Pilih Harga Yang Sesuai

Menentukan harga yang ramah di kantong  tentu saja akan dapat memikat banyak pembeli dan dapat membandingkan harga dengan lapak sebelah sehingga akan banyak yang tertarik.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan dan pertimbangkan keuntungan yang akan Anda dapat. Akan tetapi, jika produk yang Anda jual memiliki kualitas yang bagus, Anda tidak perlu ragu untuk memberikan harga yang tinggi karena ada harga disitu ada barang.

3. Melakukan promosi 

Jika Anda baru memulai berjualan, Anda dapat memberikan sebuah promosi atau diskon melalui akun sosial media Anda. Atau, jika bisnis Anda susah cukup lama, cobalah berjualan melalui marketplace dengan memberikan diskon dengan mengikuti campaign yang diadakan oleh pihak marketplace. 

Misalnya saja pada saat tanggal cantik yaitu 6.6 dan 7.7 atau saat Harbolnas di tanggal 12.12. Jadi, kemungkinan lapak Anda dapat dilihat oleh orang banyak semakin tinggi. Namun, Anda juga perlu memperhatikan promosi dengan hitung-hitungan yang cermat sehingga tidak akan membuat rugi.

4. Berikan Deskripsi & Foto Produk

Mencantumkan deskripsi dan foto produk cukuplah penting karena Jika informasi produk yang Anda jual tidak lengkap, maka calon pembeli harus bertanya terlebih dahulu kepada Anda yang malah akan memakan banyak waktu namun jika produk yang Anda jual memiliki deskripsi yang lengkap akan mempermudah calon pembeli berbelanja. Anda dapat mencantumkan deskripsi produk seperti spesifikasi, warna, ukuran, material, stock, dan sebagainya.

Anda juga harus menggunakan  foto dengan gambar yang jelas dan berkualitas sehingga orang akan tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang Anda jual. 

5. Manfaatkan Fitur-Fitur Marketplace

Manfaatkan fitur yang terdapat pada marketplace Anda dapat membantu meningkatkan penjualan anda. Salah satu contoh fitur yang tersedia adalah fitur  premium seller  yang terdapat di sejumlah  marketplace .

Di Tokopedia, sebutannya adalah Power Merchant. Di Shopee disebut Star Seller, sementara di Bukalapak disebut Super Seller.

Dengan meng-upgrade  toko Anda, biasanya toko bisa mendapat manfaat seperti muncul di halaman khusus atau manfaat-manfaat lainnya. Akan tetapi  toko  premium seller  biasanya mengenakan biaya layanan. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca terlebih dahulu dengan jelas sebelum Anda mulai meng-upgrade.

Fitur premium seller juga tidak hanya dapat meningkatkan viewer , tetapi juga menciptakan tingkat kepercayaan kepada pelanggan Anda.

6. Lakukan Pelayanan Dengan Baik

Dengan memberikan pelayanan terbaik tentu saja akan memberikan kesan baik pula kepada pelanggan, Usahakan untuk membalas  chat  dengan cepat sehingga pelanggan tidak merasa diabaikan dan kecewa karena menunggu terlalu lama. Jika Anda memberikan layanan yang baik maka  rating  dan  review  dari pelanggan juga bisa lebih bagus sehingga akan membuat orang lain melirik produk Anda.

Baca Juga: Tips Menentukan Harga Jual Barang Yang Sesuai


Itulah cara berjualan di marketplace semoga dapat membantu bisnis yang sedang Anda bangun dan dapat menambah wawasan Anda mengenal bisnis online.  Jika Anda sedang mencari tempat untuk memasarkan produk Anda, Anda dapat menggunakan platform B2B marketplace seperti Indonetwork.

Sebagai pelopor B2B marketplace yang sudah terkenal di Indonesia, Indonetwork akan membuat produk dan perusahaan Anda lebih dikenal lebih luas karena setiap bulannya, ada ratusan ribu orang yang mengunjungi website Indonetwork. Segera daftarkan diri Anda menjadi member Indonetwork dan rasakan keuntungannya!

Penulis: Wardah Aliya Rahmah
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks