Indonetwork, Peralatan Industri – Bagi Anda yang sudah lama bekerja di industri konstruksi atau bangunan pasti tidak akan asing lagi dengan mesin es flake. Kebanyakan mesin ini memang hanya berfungsi untuk menyimpan dan mengawetkan produk saja. Namun ternyata mesin ini juga bisa digunakan sebagai pendingin beton.

Es flake sendiri merupakan jenis es serpihan karena jika dilihat dari bentuknya tidak beraturan. Bentuknya ini hampir mirip seperti pecahan kaca dengan ketebalan yang kecil yaitu 1-1,2 mm.

Karakteristik dari es flake sendiri yaitu tidak mudah menggumpal satu sama lainnya. Dengan begitu bisa mendinginkan bahan material dengan lebih cepat dibandingkan es biasa.

Cara Kerja Mesin Es Flake

Cara kerja dari mesin es flake ini tidak jauh berbeda dengan mesin es pada umumnya. Berikut ini adalah cara kerja dari mesin es flake hingga bisa menghasilkan es serpihan.

JUAL MESIN ES FLAKE, HARGA MESIN ES FLAKE INDUSTRI
Sumber: indotara.co.id

Proses refrigerasi mesin flake sama dengan mesin es tube, cube, atau balok. Gas yang bertekanan rendah akan langsung masuk ke dalam pipa evaporator yang melingkari seluruh tabung drum. Tabung ini mempunya dua lapisan.

Di saat yang bersamaan, bahan baku air dipompa sehingga akan mengaliri semua tabung drum es sisi permukaannya. Air yang mengaliri tabung itu dengan cepatnya akan berubah menjadi es yang mengelilingi semua permukaan tabung.

Setelah terbentuknya es flake, pisau yang ada di dalam mesin akan memotong dan menghancurkan es flake yang menempel. Es flake yang sudah terpotong akan jatuh ke dalam penampung es yang letaknya tepat di bawah tabung drum es.

Waktu yang diperlukan dari bahan baku hingga menjadi es sangat singkat yaitu sekitar 15-20 menitan. Daya yang diperlukan oleh mesin yang terbilang sangat rendah dan efisien. Untuk menghasilkan es flake 500 kg setiap harinya membutuhkan 2,34 kw saja.

Untuk kompresor yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya adalah dengan merek pabrikannya.

Aplikasi Mesin Es Flake

Saat ini mesin ini sudah banyak digunakan oleh supermarket ataupun swalayan. Karena mereka membutuhkan es yang berfungsi untuk mengawetkan aneka macam frozen food, daging, dan ikan.

Mesin Es Flake / Ice Flake Machine - Mesin Es Batu
Sumber: mesin-es-kristal.com

Perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan produk perikanan juga sangat memerlukan mesin ini. Karena mereka akan mengawetkan tuna hasil tangkapan sebelum akhirnya diproses lebih lanjut.

Jika saat ini Anda tengah mempunyai usaha pemasok ikan, tentu saja es flake ini sangat dibutuhkan. Kesegaran ikan akan tetap terjaga sebelum akhirnya habis terjual. Anda perlu menyimpannya dalam suhu rendah supaya tekstur dan kesegaranya terjaga dengan baik.

Aplikasi mesin es flake juga banyak digunakan di bidang konstruksi, terutama ketika proses pembuatan beton. Setelah semua komposisi bahan seperti semen, kerikil, pasir, dan air siap diproses, maka diaduk hingga saling bersatu.

Harga Polytron PCF315 & Spesifikasi Januari 2023 | Pricebook

Baca juga: 5 MERK FREEZER ES BATU YANG BAGUS UNTUK KEBUTUHAN USAHA ANDA

Ketika proses pengadukan, maka bahan-bahan tersebut akan saling bergesekan dan menghasilkan panas. Untuk mengurangi panas tersebut, maka dibutuhkan es flake.

Es tersebut dimasukkan ke dalam mixer yang beroperasi ketika mencampurkan bahan-bahan beton. Oleh sebab itu untuk proses pendinginan adonan beton sebaiknya tidak dijemur di bahan terik sinar matahari karena akan timbul retak-retak.

Dari penjelasan di atas, mesin ini  tidak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan produk makanan saja. Namun juga berperan sangat penting untuk bidang konstruksi dan bangunan.

Bagi Anda yang tengah merintis bisnis stok makanan tentu memerlukan perangkat ini. Untuk mendapatkan mesin es flake dengan harga terjangkau, Anda bisa mendapatkannya di Snowman Mandiri Indonesia.

Editor: Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks