Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Membersihkan lantai vinyl tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena jenis lantai ini punya karakteristik yang berbeda dengan lantai lainnya. Lantai ini tidak sekuat lantai pada umumnya. Dengan begitu cara membersihkan lantai vinyl cukup berbeda dengan lantai pada umumnya.

Meskipun tidak sekuat lantai lainnya, namun lantai vinyl dapat bertahan hingga 20 tahun jika perawatannya dilakukan dengan benar. Namun jika tidak dirawat dengan cara yang benar, maka lantai akan tergores. Karena lantai ini menempel langsung di atas lantai aslinya.

Jenis lantai ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Toko yang jual lantai vinyl Jakarta atau yang jual lantai vinyl sticker juga sangat banyak. Namun pastikan untuk memilih toko yang menjual lantai berkualitas.

Cara Membersihkan Lantai Vinyl

9 Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl - RumahLia.com

Berikut ini kami berikan beberapa tips cara membersihkan lantai vinyl dengan baik dan benar.

1. Pakai Keset

Pantas Keset Tetangga Gak Pernah Dekil, Ternyata Harus Direndam dalam Seember Air Dicampur Bahan Buat Kue Ini, Kotoran Rontok Semua - Semua Halaman - Sajian Sedap
Sumber : sajiansedap.grid.id

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan lantai vinyl adalah dengan menggunakan keset. Ini adalah langkah yang preventif ketika ada kotoran di atas lantai karena sangat mudah Anda lakukan.

Jika Anda memakai lantai vinyl, keberadaan keset sangat diperlukan karena bisa dengan cepat membersihkan kotoran. Jika tidak pakai keset, maka kotoran akan lebih cepat menyebar ke permukaan lantai, jadi Anda perlu waktu dan tenaga yang ekstra untuk membersihkannya.

Bahan-bahan kimia yang menempel pada permukaan sol sepatu juga dapat merusak lantai vinyl dengan mudah. Jadi segeralah untuk membersihkannya dengan memakai keset.

2. Rajin Sapu

Cara Menyapu Lantai Rumah yang Benar agar Bebas Debu - Berkeluarga
Sumber : berkeluarga.id

Cara yang paling sederhana untuk membersihkan lantai vinyl adalan rajin menyapunya supaya tetap bersih. Aktivitas ini juga sangat ampuh untuk mencegah kotoran membandel menempel pada lantai.

Jika ada kotoran yang menempel, segeralah untuk membersihkannya. Sebaiknya sapu lantai setelah ada kegiatan, apalagi jika lantai berada di aers dapur.

3. Gunakan Shampo Untuk Membersihkan Hairspray

Cartoon vector illustration object shampoo bottle 2794279 Vector Art at Vecteezy
Sumber : www.vecteezy.com

Kalau Anda sering memakai hairspray, di permukaan pasti akan banyak sisa-sisanya. Untuk membersihkan hairspray tersebut, Anda harus menggunakan sampo.

Cara sangat mudah dimana Anda tinggal mencampur shampo dengan air hangat. Setelah itu, mulailah mengepel lantai air dengan campuran shampo tersebut. Setelah itu bilas dengan lap atau kain pel yang basah.

4. Pakai Pembersih yang Tepat

Waspada, Ini Kesalahan dalam Penggunaan Produk Pembersih Rumah Halaman all - Kompas.com
Sumber : www.kompas.com

Lantai yang terbuat dari vinyl tanpa lapisan seperti lilin dapat dibersihkan dengan memakai cairan pembersih khusus. Cairan pembersih tersebut harus sesuai dengan tipe lantainya.

Jika lantai mempunyai lapisan, membersihkannya dengan air hangat dan deterjen saja sudah cukup. Kemudian basahi kain pel atau spon dengan campuran air hangat dan deterjen tersebut. Lalu gosok lantai secukupnya dan bilas permukaan lantai untuk menghilangkan residu yang tertinggal.

5. Lantai Tidak Terlalu Basah

4 Fungsi Lantai Vinyl Berikut Ini Wajib Anda Ketahui! - Global Karpet Indonesia | Distributor Karpet Lantai Jakarta
Sumber : globalkarpet.com

Perlu Anda perhatikan bahwa air tidak selalu menjadi pembersih terbaik untuk lantai vinyl. Karena air bisa masuk ke dalam celah-celahnya dan membuat lantai jadi longgar dan bergelombang.

4 Merk Cairan Kimia Penghilang Minyak Paling Populer

Baca juga: 4 MERK BAHAN KIMIA PENGHILANG MINYAK PALING POPULER

6. Bilas dengan Benar

Tips Mengepel Lantai agar Keluarga Nyaman Beraktivitas | Cleanipedia
Sumber : www.cleanipedia.com

Busa dari pembersih bisa meninggalkan busa pada lapisan yang mungkin saja mengandung kotoran. Oleh sebab itu hindari untuk menggunakan sabun kecuali jika ingin membersihkannya secara menyeluruh.

Jika untuk membersihkan biasa, gunakan saja air secukupnya lalu bersihkan lantai dengan kain pel.

Demikianlah 6 cara membersihkan lantai vinyl yang bisa Anda coba. Anda perlu memberikan perhatian khusus ketika membersihkan lantai vinyl karena cukup berbeda dengan lantai pada umumnya. Untuk pembelian lantai vinyl di Jakarta bisa Anda lakukan di Citra Royal Bintang. Anda bisa cek laman resminya di crbflooring.com

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks