Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Mika plastik merupakan bahan yang biasa ditemui di berbagai peralatan rumah tangga sehari-hari. Seperti digunakan sebagai bahan dasar toples, baskom, maupun berbagai wadah serbaguna lainnya.

Meskipun memiliki perawatan yang tampak mudah, tak jarang mika plastik yang sudah lama digunakan akan berubah buram sehingga tampak pucat dan kurang cantik. Maka dari itu sebelum membuang atau membuang mika plastik yang buram, Anda dapat mencoba membersihkannya terlebih dahulu.

Lantas bagaimana cara membersihkan mika plastik yang buram agar cantik kembali? Selengkapnya berikut ini tips yang bisa dicoba.

Cara Membersihkan Mika Plastik yang Buram

Mika plastik yang sudah buram dapat dibersihkan dengan menggunakan bahan-bahan alami atau produk pembersih khusus. Berikut adalah beberapa tips membersihkan mika plastik yang sudah buram:

Cuka

Cuka adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis permukaan, termasuk mika plastik. Cairan ini dapat membantu menghilangkan noda, kotoran, dan plak yang menyebabkan mika plastik menjadi buram.

Cara membersihkannya adalah dengan mencampurkan 1 bagian cuka dengan 2 bagian air. Basahi kain lembut dengan larutan cuka dan gosok permukaan mika plastik secara merata. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih.

Lemon

Lemon juga dapat digunakan untuk membersihkan mika plastik yang buram. Hal ini dikarenakan buah satu ini mengandung asam sitrat yang dapat membantu menghilangkan noda dan kotoran.

Langkah-langkan dalam membersihkannya adalah dengan mengoleskan jus lemon ke permukaan mika plastik. Diamkan selama beberapa menit, lalu gosok dengan kain lembut. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih.

Soda kue

Soda kue adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda membandel.
Cara membersihkannya adalah dengan mencampurkan soda kue dengan air hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta soda kue ke permukaan mika plastik dan gosok dengan kain lembut. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih.

Produk pembersih khusus

Ada beberapa produk pembersih khusus yang dapat digunakan untuk membersihkan mika plastik yang buram. Produk pembersih ini biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat menghilangkan noda, kotoran, dan plak secara efektif.

Cara menggunakan produk pembersih khusus ini adalah dengan mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan.

Tips Tambahan Membersihkan Mika Plastik yang Buram

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membersihkan wadah mika yang buram:

Persiapkan Bahan dan Alat:

  • Air hangat
  • Cuka putih
  • Deterjen lembut
  • Sikat lembut atau spons lembut
  • Kain lembut
  • Rendam dalam Air Hangat

Cara Membersihkan:

  • Isi mangkuk dengan air hangat dan rendam wadah mika selama beberapa menit. Air hangat akan membantu melunakkan kotoran dan mempermudah proses pembersihan.
  • Basahi spons lembut atau sikat lembut dalam campuran air dan cuka, lalu gosok perlahan permukaan wadah mika yang buram. Hindari menggosok terlalu keras, karena mika bisa saja tergores.
  • Perhatikan area yang buram atau kotor dan gosok dengan lembut dab memberi tekanan lebih pada area tersebut. Gosok area buram tersebut dengan perlahan hingga warna memudar dan kembali jernih.
  • Bilas wadah mika dengan air bersih untuk menghilangkan residu campuran cuka dan kotoran yang telah larut.
  • Periksa hasilnya. Jika masih ada buram atau noda, ulangi langkah-langkah di atas sampai wadah mika benar-benar bersih.
  • Keringkan wadah mika dengan lembut menggunakan kain lembut untuk menghindari bekas atau noda.
  • Untuk mencegah buram dan kotoran menumpuk, rutin membersihkan wadah mika setelah penggunaan dan pastikan untuk menyimpannya dengan baik.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kualitas Kemasan Mika Plastik Untuk Produk Anda

Perawatan Wadah Mika Rumah Tangga

cara merawat wadah mika plastik rumah tangga
Sumber: Google

Perawatan wadah mika untuk rumah tangga sangat penting agar wadah tetap bersih, awet, dan berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat wadah mika dengan baik:

Hindari Paparan Panas Tinggi

Hindari meletakkan wadah mika di dekat sumber panas langsung, seperti oven atau kompor, karena mika dapat meleleh jika terpapar suhu tinggi.

Jangan Mencuci dengan Air Panas

Jangan mencuci wadah mika dengan air panas yang berlebihan, karena hal ini dapat menyebabkan deformasi atau kerusakan pada wadah.

Gunakan Deterjen Lembut

Apabila mencucinya menggunakan detergen, maka gunakan deterjen lembut dan spons lembut untuk membersihkan wadah mika. Hindari menggunakan spons kasar atau bahan abrasif yang dapat merusak permukaan mika.

Jangan menggunakan Pisau Tajam

Hindari menggunakan pisau tajam atau alat tajam lainnya langsung di atas wadah mika, karena bisa merusak atau mencacat permukaan mika.

Hindari Pewarna yang Kuat

Jangan menyimpan makanan atau minuman dengan pewarna yang kuat dalam wadah mika, karena mika dapat menyerap warna dan mempengaruhi penampilan wadah.

Bersihkan Secara Rutin

Bersihkan wadah mika secara rutin setelah penggunaan untuk mencegah penumpukan kotoran dan noda yang sulit dihilangkan.

Keringkan dengan Baik

Pastikan wadah mika benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali. Keringkan dengan handuk atau kain bersih sebelum disimpan.

Hindari Pemakaian untuk Makanan Panas

Hindari menggunakan wadah mika untuk makanan atau minuman panas secara langsung, biarkan makanan atau minuman agak dingin sebelum dimasukkan ke dalam wadah.

Baca Juga: 5 Penerapan Mika Plastik pada Toko Kue

Berapa Lama Penggunaan Wadah Mika yang Ideal?

Penggunaan wadah mika yang ideal tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis mika plastik, kondisi penyimpanan, dan frekuensi penggunaan. Namun, secara umum, wadah mika dapat digunakan hingga 2 tahun jika dirawat dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat wadah mika agar lebih awet:

  • Cuci wadah mika dengan tangan menggunakan sabun cuci piring yang lembut.
  • Jangan gunakan sikat atau spons yang terlalu keras, karena dapat menyebabkan goresan.
  • Bilas wadah mika dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih.
  • Jangan simpan wadah mika di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang lembab.
  • Jangan gunakan wadah mika untuk menyimpan makanan atau minuman panas.
  • Jangan gunakan wadah mika untuk menyimpan makanan atau minuman yang bersifat asam, karena dapat menyebabkan mika plastik menjadi rusak.

Baca Juga: Mengenal Mika Plastik untuk Kemasan Produk Makanan

Demikian ulasan mengenai cara membersihkan mika plastik yang buram dan beberapa tips yang bisa Anda coba. Bagi Anda yang ingin mencari beragam jenis kemasan mika plastik untuk beragam kebutuhan dapat menuju situs PT Vackpack Indonesia. Semoga bermanfaat.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks