Excavator merupakan alat berat yang banyak digunakan untuk melakukan pekerjaan seperti penggalian, perataan, penanganan material, dan pekerjaan-pekerjaan berat lainnya. Mesin ini tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Dalam artikel ini, Anda akan mendapat panduan untuk memilih excavator yang tepat bagi pekerjaan Anda.

Ukuran-Ukuran Excavator

Excavator
Sumber: Pexels

Ukuran Mini

Excavator ukuran ini, dapat memikul beban kurang dari 7 ton. Jenis ini biasa digunakan untuk melakukan pekerjaan kecil di tempat yang sempit, karena menawarkan presisi yang lebih besar daripada excavator lainnya. Namun, kapasitas angkatnya lebih kecil dan tidak sekuat mesin yang lebih besar.

Ukuran Menengah

Sementara, ukuran menengah dapat memikul beban 7 hingga 10 ton. Ini akan menjadi pilihan yang baik untuk ruang kecil yang membutuhkan jangkauan dan daya lebih besar daripada excavator mini. Mesin ini juga memiliki kemampuan manuver yang baik untuk pekerjaan Anda.

Ukuran Standar

Alat berat ukuran ini adalah yang paling umum dan dapat memikul beban 10 hingga 45 ton. Ukuran ini menyediakan daya dan kapasitas angkat yang cukup untuk proyek ukuran komersial. Excavator berukuran standar, menawarkan manfaat penggunaan terbesar.

Ukuran Besar

Alat berat ukuran besar, banyak digunakan untuk proyek berskala besar. Alat berat jenis ini dapat memberikan daya dan kapasitas angkat yang sangat besar. Jenis ini dirancang untuk memindahkan sejumlah besar tanah dan berbagai material lainnya. Alat berat berukuran besar ini dapat memikul beban hingga 45 ton.

Baca juga: 7 Jenis Alat Berat Konstruksi yang Paling Sering digunakan

Cara Memilih Excavator yang Tepat

Excavator
Sumber: Pexels

Kunci dalam memilih jenis excavator yang tepat untuk pekerjaan Anda adalah disesuaikan dengan apa, di mana, dan bagaimana mesin tersebut akan digunakan. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk membelinya.

Lingkungan Tempat Kerja

Ketika akan membeli peralatan pekerjaan, Anda perlu mengetahui dan mengenali bagaimana lingkungan kerja tempat mesin berat tersebut akan digunakan. Apakah memiliki jalur kering atau berair, struktur tanahnya, bermedan ekstrim atau tidak, dan lain sebagainya. Jika lingkungan dengan lahan kering, Anda dapat memilih excavator yang dilengkapi dengan trek atau roda. Namun jika lingkungan berair, maka excavator dengan kemampuan amfibi bisa menjadi pilihan terbaik.

Pengetahuan terhadap lingkungan kerja mencakup struktur tanah yang lunak atau tidak, mampu menopang beban berat, tanahnya keras atau padat, atau memiliki permukaan aspal yang rentan kerusakan disebabkan oleh kendaraan beroda. Jika permukaan tanah lembut seperti pasir atau kerikil lepas, maka excavator dengan track adalah pilihan yang tepat untuk lingkungan tempat kerja seperti itu. Namun apabila permukaan tanah keras dan rentan terhadap kerusakan, excavator beroda bisa menjadi pilihan yang tepat.

Untuk medan yang ekstrim seperti lereng bukit dan lokasi terpencil, Anda bisa menggunakan excavator laba-laba yang dirancang khusus untuk digunakan pada lingkungan yang ekstrim. Anda juga dapat menambahkan aksesoris GPS untuk penentuan posisi dan memastikan bahwa jalur yang dilalui mesin-mesin berat adalah jalur aman.

Pekerjaan yang dilakukan

Pekerjaan yang akan Anda lakukan termasuk dalam pertimbangan penting yang harus dipikirkan. Apabila peralatan yang dibeli tidak dapat memenuhi kebutuhan pekerjaan, memungkinkan Anda harus mengeluarkan biaya tambahan.  Hal ini juga akan berdampak pada pekerjaan yang tidak terselesaikan sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan, mengalami penundaan, dan sejumlah kerugian lainnya.

Baca juga: 7 Jenis Excavator yang Biasa dipakai Pada Berbagai Proyek

Kapasitas Angkat

Dalam memilih jenis mana yang tepat untuk pekerjaan Anda, Anda harus dapat memperkirakan beban maksimal yang akan diangkat oleh alat berat tersebut pada pekerjaan Anda. Kapasitas angkat adalah kombinasi dari gaya angkat hidrolik dan stabilitas atau beban angkut alat berat. Faktor umum untuk menentukan kapasitas pengangkatan, mencakup panjang boom, panjangan stick, counterweight, ukuran bucket, dan tekanan sirkuit.

Jenis Excavator

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli excavator, setidaknya Anda harus mengetahui jenis-jenis yang disediakan oleh produsen alat berat yang sudah Anda pilih. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Mintalah penjelasan yang lebih detail mengenai jenis dan fungsinya terlebih dahulu apabila Anda tidak mendapat informasi yang cukup jelas.

Ukuran Excavator

Ukuran alat berat juga perlu untuk menjadi pertimbangan, karena besar badan mesin akan berpengaruh dengan lingkungan di mana mesin ini akan digunakan. Jika lingkungan Anda memiliki lahan yang sempit, maka ukuran ini bisa Anda gunakan dalam pekerjaan Anda. Namun jika penanganan pekerjaan cukup berat, Anda bisa menggunakan excavator besar untuk menyelesaikan pekerjaan

Baca juga: 5 Manfaat Bulldozer dalam Proyek Pembukaan Lahan

Jual Excavator 20 Ton

Kehadiran peralatan pekerjaan dalam konstruksi atau proyek pembangunan, akan sangat membantu dalam kelancaran pekerjaan Anda. Namun kesesuaian antara peralatan pekerjaan dengan kebutuhan Anda juga menjadi hal penting yang akan menentukan kelancaran pekerjaan.

PT. Gaya Makmur Tractors adalah salah satu perusahaan yang menjual berbagai macam excavator, termasuk excavator 20 ton dengan harga termurah dan kualitas terbaik. Anda dapat melakukan konsultasi dan menanyakan beberapa hal terkait keputusan Anda membeli jenis excavator yang mana, sehingga hal ini tidak akan merugikan Anda dan mengharuskan Anda mengeluarkan biaya tambahan. Jadi tunggu apalagi? Buat penawarannya hari ini di PT. Gaya Makmur Tractors!

Author

Enable Notifications OK No thanks