Indonetwork, Mesin Alat Berat – Kehadiran alat berat menjadi salah satu hal terpenting dalam sebuah proyek. Perlu Anda ketahui juga, jenis alat berat dibuat dengan fungsinya masing-masing sehingga apabila penggunaan alat berat kurang tepat maka akan mengakibatkan suatu rendahnya produksi bahkan hingga tak tercapainya sebuah target pembangunan. Salah satu alat berat yang cukup terkenal digunakan yaitu bulldozer china.

Kehadiran bulldozer sendiri cukup sering Anda lihat pada segala aspek proyek kecil maupun besar. Berikut dibawah ini beberapa jenis sewa alat berat yang paling sering digunakan oleh jasa konstruksi, simak terus artikel dibawah ini!

Baca juga: 5 MANFAAT BULLDOZER DALAM PROYEK PEMBUKAAN LAHAN

Apa Itu Alat Berat?

Alat berat adalah sebuah mesin berukuran besar yang dirancang untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti mempermudah pengerjaan tanah ataupun memindahkan bahan bangunan. Alat berat sendiri umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implement, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya, serta sistem kendali. Sehingga sudah tidak heran apabila dalam lapangan kerja proyek pasti akan ditemui berbagai jenis alat berat.

Klasifikasi alat berat tidak hanya canggih namun kehadirannya dapat membantu agar pekerjaan konstruksi bisa lebih cepat selesai. Industri yang memakai alat berat dalam pekerjaannya yaitu :

  • Industri Pertambangan
  • Industri Konstruksi Bangunan
  • Pertambangan di Laut Lepas.
  • Agriculture (perkebunan)
  • Transportasi dan Logistik
  • Pelayanan di Pelabuhan.
  • Kelautan Dll .

Setiap alat berat tentunya memiliki perannya masing-masing mulai dari alat pengolahan tanah, penggali, pengangkut material, pemadatan, pemindahan material, pemrosesan bahkan hingga penempatan akhir material. Ketika sebuah proyek menggunakan alat berat tentu saja banyak kemudahan yang terjadi seperti hemat tenaga, biaya dan waktu para pekerja.

Jenis Alat Berat Konstruksi

Berikut dibawah ini beberapa jenis alat berat yang umum Anda lihat pada proyek dan digunakan dalam kebutuhan konstruksi, yaitu:

1. Crane

crane china

Crane merupakan alat konstruksi yang digunakan untuk memindahkan suatu material dalam jumlah yang banyak dan berat, penampakan dari crane sendiri berbentuk tinggi besar dan mampu berputar hingga 360 derajat dan jangkauan hingga puluhan meter. Crane dapat memindahkan material secara vertikal maupun horizontal, dalam jarak tertentu. Itulah sebabnya alat ini sangat dibutuhkan dalam konstruksi. Bahkan jika Anda ketahui pada penggunaan proyek bentuk crane sendiri terdiri dari berbagai model dan fungsi.

2. Excavator

excavator china shantui

Excavator merupakan alat berat yang berguna untuk menggali tanah dan dapat digunakan sebagai alat pemindah. Selain itu, mesin satu ini dapat juga digunakan untuk mengangkut material-material yang ada di proyek namun sayangnya alat ini tidak dapat memindahkan barang untuk jarak yang jauh. Penggunaan excavator haruslah menyesuaikan dengan lapangannya. 

Selain itu juga biasanya excavator digunakan untuk pekerjaan seperti, menggali, mengangkat material, mengangkat beban, menghancurkan bebatuan, mengebor, dsb. Umumnya excavator terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan penggali yang ada di bagian depan. Jenis Excavator ada 2 jenis ,berdasarkan jenis roda yang dipakai yaitu :

  • Wheel excavator dengan jenis roda penggerak yang dipakai berupa ban karet .
  • Crawler excavator adalah jenis roda penggerak yang dipakai berupa rantai roda baja atau track shoe

3. Bulldozer

Bulldozer adalah jenis alat berat yang berfungsi untuk meratakan material seperti seperti tanah, pasir, kerikil yang memiliki kemampuan dorong atau tenaga yang tinggi. Bulldozer juga digunakan untuk melakukan beberapa pekerjaan seperti mendorong, penggalian, menarik, menggusur, dan lain sebagainya. Bulldozer didesain agar mampu bekerja untuk semua jenis permukaan tanah, baik yang keras sampai yang halus. 

4. Wheel Loader

Wheel loader china

Wheel loader merupakan alat berat dengan roda karet yang dilengkapi bucket. Alat ini mempunyai kemampuan beroperasi di area rata, kering, dan keras. Pengoperasiannya harus dibantu Bulldozer karena tidak memiliki kemampuan mengambil material sendiri. Secara umum fungsi alat ini sebagai pengangkat material untuk dipindahkan ke tempat lain atau dimasukkan ke dalam Dump Truck.

5. Wales Stump

Wales Stump alat berat

Alat yang biasa Anda temukan dalam proses perbaikan jalan dengan upaya meratakan aspal maupun tanah. Fungsi utama dari alat ini dipakai untuk memadatkan permukaan tanah atau aspal sehingga lajur jalan bebas akan krikil dan bebatuan kasar.  Alat ini mempunyai ukuran yang cukup besar dan berat minimal 12 ton dengan kecepatan kerja sekitar 2,4 sampai 4,8 rpm. Proses perataan tanah dilakukan dengan getaran dari mesin wales stump.

6. Asphalt Finisher

Asphalt Finisher

Asphalt finisher adalah alat untuk menghamparkan campuran aspal hot mix yang dihasilkan dari alat produksi aspal pada permukaan jalan yang akan dikerjakan. Terdapat dua jenis asphalt finisher yaitu jenis crawler yang menggunakan track dan jenis roda karet dan Asphalt Finisher jenis track, penghamparannya lebih halus serta lebih datar dibandingkan asphalt finisher yang menggunakan roda karet dengan ukuran yang sama.

7. Motor Grader

Motor Grader

Jenis alat berat motor grader biasanya digunakan untuk meratakan jalan, perata tanah, pengurugan kembali galian tanah, bahkan untuk penggusuran tanah. Alat ini dilengkapi dengan pisau yang berukuran panjang di bagian depan dan  memiliki roda dari karet sehingga dapat dikendarai di jalanan beraspal. Sementara itu, rentang kapasitas dari blade mulai dari 2.50 sampai dengan 7.30 mm dari total rentang kapasitasnya mencapai 97 sampai 373 KW atau 125 sampai 500 HP.

Baca juga: 7 MODEL BLADE BULLDOZER UNTUK PROYEK BANGUNAN

Penyedia Bulldozer Shantui

Salah satu merk bulldozer China yang cukup terkenal yaitu merk Shantui, brand ini memasok mesin-mesin ke 150 negara, termasuk ke Indonesia. Selama lebih dari 30 tahun Shantui telah memimpin industri alat berat di China, dan sejauh ini merupakan pengekspor bulldozer terbesar di China. Shantui mendorong perkembangan ekonomi China selama 30 tahun terakhir dengan menyediakan bulldozer untuk mendukung pembangunan konstruksi di China.

Temukan berbagai model bulldozer shantui terbaik pada distributor resminya yaitu PT. Gaya Makmur Tractors. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2005 di Jakarta yang menyediakan beragam jenis alat berat sesuai kebutuhan Anda. Silakan melakukan konsultasi pada pelayanan GM Tractors untuk mendapatkan penawaran harga dan kualitas terbaik sesuai kebutuhan Anda.


Author

%d bloggers like this: