Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Bayi yang berusia 3 bulan umumnya sudah mengalami banyak perkembangan. Salah satunya leher yang mulai terbentuk dan tegap. Biasanya bayi yang berusia 3 bulan sudah mulai bisa mengangkat kepalanya, bahkan saat digendong pun lehernya sudah bisa mulai tegak.

Perkembangan yang baik ini tentunya baik juga ketika Anda memperhatikan untuk melatih motoriknya menggunakan mainan anak. Tentunya Anda harus memilih mainan yang aman dengan tetap dalam pengawasan. Meskipun sudah mulai bisa mengangkat kepala, jangan sampai ketika Anda lalai, hal yang tidak- tidak bisa saja terjadi.

Mainan yang mulai disukai oleh bayi berusia 3 bulan umumnya adalah mainan gantung. Bentuknya yang beragam dan gerakannya yang dinamis membuat bayi penasaran dan biasanya mata akan mengikuti gerak mainan yang menggantung di atasnya. Maka dari itu, perhatikan cara memilih mainan bayi 3 bulan digantung yang ada dalam artikel di bawah ini.

Amankah Memberikan Bayi Mainan yang Digantung?

mainan bayi gantung
Sumber: Unsplash

Namun, apakah aman memberikan bayi mainan gantung sedangkan dia saja masih terlalu kecil. Tenang saja Bunda dan Ayah, mainan gantung ini juga sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil, mulai dari belajar penglihatan mata dan juga mengasah motoriknya. Untuk melihat keamanan dari mainan yang diberikan, tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan tahapan usia dan perkembangannya.

Baca Juga : TIPS MUDAH MEMILIH PLAYMAT UNTUK BERMAIN SI KECIL

Cara Memilih Mainan Bayi 3 Bulan Digantung yang Aman

Berikut di bawah ini merupakan cara yang harus dilakukan sebelum membeli mainan bayi 3 bulan digantung agar tidak salah pilih.

1. Pilih mainan gantung yang memiliki gerak dinamis maupun simetris

Mainan Bayi 3 Bulan
Sumber: Pexels.com

Mainan gantung yang bergerak simetris ketika tertiup angin atau tersenggol tangan sangat aman digunakan untuk bayi berusia mulai dari 0 bulan. Bayi yang berusia 3 bulan bisa mulai dikenalkan dengan mainan gantung yang gerakannya dinamis bisa berputar- putar kemudian naik turun. Tipe mainan gantung satuan juga bisa menjadi pilihan ketika bayi sedang melakukan tummy time.

2. Pilih bahan yang awet dan bisa digunakan untuk beberapa tahap pertumbuhan bayi

Mainan Gantung Bayi
Sumber: Pixabay.com

Bahan yang awet digunakan untuk bayi seperti kain, resin, kayu, dan juga plastic menjadi pilihan utama bahan mainan gantung bayi yang bisa Anda pilih. Jangan lupa pilih mainan yang tali maupun komponennya bisa dilepas pasang untuk memudahkan ketika akan naik tingkat pertumbuhan.

3. Pilih mainan gantung yang bisa mengasah pendengaran bayi

Mainan gantung ada beberapa yang berbunyi, ada juga yang tidak. Keduanya memang tidak ada salahnya untuk dipilih. Alangkah lebih baiknya memang pilih yang menghasilkan bunyi untuk meningkatkan pendengaran bayi agar lebih optimal. Bayi menjadi lebih banyak mengenal suara dan berlatih mendengarkan sekitar.

4. Pilih Bahan yang Aman untuk Bayi Anda

Dikarenakan bayi masih berusia 3 bulan maka bahan yang dipilih untuk menjadi mainannya haruslah baik, cocok, dan aman untuk lingkungan. Bisa yang berbahan kain agar ketika jatuh tidak melukai bayi. Untuk yang berbahan kayu harus menjadi perhatian bersama dan membutuhkan kehati-hatian yang lebih.

5. Pilih ukuran yang pas

Jangan memilih mainan yang terlalu kecil karena khawatir akan dimakan oleh bayi ataupun bahkan susah untuk dipegang. Jangan juga pilih yang terlalu besar karena akan terlalu mengganggu bayi, apalagi jika kondisinya menggantung maka akan menghalangi penglihatan dan fokus bayi. Pilihlah ukuran yang yang sedang dan pas untuk dimainkan.

6. Mainan berwarna-warni

Warna- warni mainan gantung menjadi hal yang menarik bagi setiap bayi yang melihatnya, hal ini juga sangat berguna melatih pengelihatan mereka yang masih terbatas, sehingga berikan warna- warna yang mencolok dan warna warni.

7. Cari tinggi gantungan yang sesuai dengan bayi Anda

Mainan gantung yang Anda pilih usahakan yang bisa diatur panjang pendeknya, agar sesuai dengan usia bayi Anda. Hal ini mengingat penglihatan bayi masih belum optimal dan masih terbatas. Umumnya untuk bayi dibawah 2 bulan buat ukuran panjangnya 20 cm dan bayi di atas 3 bulan bisa dibuat menjadi ukuran 30 cm.  

8. Mainan memiliki bentuk yang beragam dan fitur yang banyak

Ragam bentuk yang diberikan di mainan gantung akan membuat bayi semakin menarik dan pilihlah bentuk bentuk yang aman untuk bayi seperti gambar binatang, bentuk bentuk lingkaran, kotak, segitiga, dll. Lalu pilihlah juga mainan gantung yang memiliki fitur menarik, seperti tambahan musik yang bisa menjadi pengantar tidur untuk bayi.

9. Cari Mainan yang mudah dibersihkan

Berhubung bayi 3 bulan masih tergolong sensitif, apalagi kulit bayi. Memilih bahan mainan yang mudah untuk dibersihkan harus menjadi perhatian utama bagi para ayah dan bunda. Jangan sampai mainan yang mudah kotor akan menimbulkan banyak penyakit bagi bayi.


Memilih mainan yang aman untuk anak memang memerlukan kehati-hatian terutama bagi orang tua. Hal- hal yang sudah dituliskan di atas menjadi hal yang harus diperhatikan bersama sebelum membeli mainan yang pas untuk bayi anda yang berusia 3 bulan. Usahakan cari mainan yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama agar menghemat pengeluaran Anda. Pastikan juga cari mainan yang bisa tahan lama dan pastinya mudah untuk dibersihkan karena esehatan dan kebahagiaan si bayi adalah kebahagiaan bagi setiap orang tua. 

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks