Indonetwork, Tips & TrikSebagai orang tua, tentunya Anda ingin anak Anda mendapatkan yang terbaik dan memberikan kenyamanan agar tumbuh kembangnya bisa baik. Cara yang dapat Anda berikan yaitu dengan memberikan kenyamanan pada saat mereka bermain. Memberikan playmat sebagai alas saat mereka bermain adalah salah satunya.

Playmat adalah alas yang biasa digunakan untuk melindungi si kecil saat mereka sedang bermain di lantai. Bayi yang berusia 4-6 bulan biasanya sudah mulai aktif merangkak, tengkurap, dan belajar duduk. Playmat inilah yang akan melindungi mereka.

Bukan hanya itu saja, playmat juga masih bisa digunakan saat si kecil tumbuh besar. Ayah bunda masih bisa menggunakan playmat sebagai pengganti karpet, karena kini banyak playmat yang didesain tidak hanya untuk anak-anak, tetapi menggunakan gambar dan warna-warna yang kalem, menarik dan sesuai (misalnya gambar pola, huruf, angka, atau gambar lainnya) agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Berikut tips memilih playmat untuk si kecil.

Playmat Terbuat Dari Bahan Apa?

Waktu yang Tepat Menggunakan Playmat

Playmat biasanya dibuat menggunakan bahan yang aman untuk kulit si kecil, serta dapat melindungi mereka agar tidak sakit saat jatuh. Bahan yang cocok untuk membuat playmat, biasanya harus bisa memenuhi kriteria berikut:

  • Bebas BPA (bisphenol A),
  • Tidak menimbulkan alergi,
  • Tidak beracun,
  • Telah lulus uji dan sertifikasi, dan
  • Bahan waterproof dan mudah dibersihkan.

Bahan playmat yang sering digunakan adalah bahan XPE atau Cross-linked Polyethylene Foam. Bahan ini dibuat menggunakan busa polietilen dengan densitas rendah dengan tambahan berbagai pengisi, lalu ditambahkan juga zat penghubung silang kimia dan zat pembusa. Bahan ini sangat cocok untuk playmat, sehingga cukup banyak digunakan.

BACA JUGA: 5 MERK PLAYMAT BAYI TERBAIK DAN AMAN DIGUNAKAN

Manfaat Playmat

Fungsi utama playmat memang untuk keamanan dan kenyamanan pada saat si kecil sedang bermain, tengkurap, merangkak, atau duduk di lantai. Namun, playmat juga memiliki segudang manfaat lainnya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata, sekaligus melatih kemampuan motorik si kecil karena ada beberapa jenis playmat yang dilengkapi dengan mainan di atasnya,
  2. Merangsang indera si kecil karena playmat didesain dengan warna dan motif yang cerah sehingga menarik perhatian si kecil. Tekstur playmat juga biasanya dibuat sedemikian rupa agar bisa melatih sensoris mereka,
  3. Sebagai pilihan variasi aktivitas si kecil, dan
  4. Meningkatkan perkembangan kognitif si kecil karena desain yang bisa meningkatkan pengetahuan si kecil dari hal yang sederhana, seperti warna dan bentuk.

Maka dari itu, menggunakan playmat di rumah cukup bermanfaat, bukan?

Tips Memilih Playmat

karpet puzzle yang aman

Nah, jika Anda sudah yakin untuk memiliki playmat di rumah untuk si kecil, maka jangan sampai salah pilih. Memilih playmat yang benar dan sesuai tentunya akan membantu si kecil dapat bermain dengan nyaman, sehingga mereka pun dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat sedang memilih playmat untuk si kecil.

  1. Pilih jenis playmat yang sesuai dengan kebutuhan. Ada playmat yang hanya berupa karpet saja. Namun, banyak pula playmat yang dilengkapi dengan mainan dan berbentuk seperti pagar. Anda bisa menyesuaikan playmat yang dipilih dengan memperhatikan kebutuhan dan melihat luas tempat untuk menaruhnya,
  2. Pilih playmat dengan busa atau bahan berlapis karena lembut, kenyal, dan cukup nyaman bagi mereka, baik saat bermain atau istirahat (tidur siang),
  3. Playmat dari bahan kain adalah pilihan yang lebih baik untuk balita dengan umur lebih besar karena bahannya yang lebih keras. Sebaiknya pilih jenis kain yang tidak mudah kusut atau bergeser saat diletakkan di lantai ketika digunakan oleh anak yang aktif bermain
  4. Pilih playmat bayi yang terbuat dari bahan organik dan tidak beracun. Jenis playmat ini sering kali menyertakan penutup katun dan memiliki interior berbahan dasar nabati, seperti gabus alami dan serat bambu, dan
  5. Playmat harus bebas dari bahan-bahan berbahaya, seperti formamide, PVC, BPA, PBS, formaldehida, fire-retardant, phthalates, dan VOC. Playmat biasanya dibuat dari bahan XPE yang aman untuk bayi.

BACA JUGA: Waspada! Pilih Playmat Bayi yang Aman untuk Perkembangan Si Kecil

Rekomendasi Produsen Jual Playmat

Raja Karpet merupakan produsen dan pabrik bantal, karpet, kasur, keset, playmat terlengkap di Surabaya, Jawa Timur. Produk karpet bulu karakter yang diproduksi oleh Raja Karpet terdiri dari bantalan dacron yang kemudian ditutup menggunakan sarung karpet bulu. Sehingga sarung karpet bulu bisa dicuci dengan mudah dan bisa diganti sarung karpet jika berkeinginan mengubah warna dan karakter. Material foam karpet bulu lembut anti selip sehingga sesuai untuk bersantai atau digunakan sebagai alas main keluarga.

Selain itu, produk playmat yang dijual oleh Raja Karpet pun memiliki kualitas yang sangat baik pula. Produk ini dibuat dari bahan XPE yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya untuk produk sejenis. Harga jual playmat pun sangat murah dan terjangkau, mulai dari Rp100.000,- saja. Yuk, cek selengkapnya di website Raja Karpet di sini.

Enable Notifications OK No thanks