Indonetwork, Tips & Trik - Tangki solar merupakan tabung tangki yang dirancang khusus untuk menampung dan tempat penyimpanan solar, sehingga dipastikan tahan terhadap zat kimia. Tangki satu ini sangat dibutuhkan dalam industri minyak dan gas, juga industri lain yang memanfaatkan solar sebagai bahan bakar untuk operasional sehari-hari. Tentunya, cara memilih tangki solar terbaik menjadi hal penting yang patut Anda perhatikan sebelum membelinya.

Terdapat dua model tangki solar yang beredar di pasaran, yaitu model duduk dan model pendam. Untuk tangki solar duduk peletakannya di atas tanah lapang yang aman dari jangkauan binatang buas dan anak-anak. Sedangkan tangki solar tanam, karena disimpan di dalam tanah, maka Anda perlu cermat dalam menentukan karakteristik lahannya.

Pada kali ini kami memiliki beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membeli tangki.

Cara Memilih Tangki Solar

Membeli di toko terpercaya

Anda harus memilih penjual yang terpercaya. Pada zaman sekarang susah sekali ditemukan penjual yang dapat di percaya, sebab di luar sana banyak sekali penjual abal-abal yang menipu konsumennya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Maka sebaiknya Anda riset dulu sebelum membeli.

Membeli sesuai kebutuhan

Sebelum membeli tangki solar pastikan Anda ketahui dulu kebutuhan anda, agar tidak terjadinya salah dalam membeli tangki solar supaya tidak membuang uang Anda.

Pilih yang memiliki garansi

Sebelum membeli tanyakan dan pastikan kepada penjual apakah tangki solar ini memiliki garansi atau tidak. Karena ini sangat penting untuk meminimalisirkan biaya yang harus di keluarkan jika tangki tersebut rusak.

Sesuaikan dengan budget

Nah, belanja sesuai budget yang ada juga harus Anda perhatikan. Karena jika Anda terlalu memaksakan diri untuk membeli tangki yang mahal Anda akan rugi. Padahal masih ada tangki yang berkualitas namun dibanderol dengan harga murah. Karena itulah, riset kembali sembari menghitung budget sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga: Mengenal Tangki Enamel dan Kegunaannya

Fungsi dan Macam-macam Tangki Solar

Tangki solar pada umumnya berfungsi sebagai wadah atau tempat penyimpanan minyak mentah hasil dari proses kilang dan gas, dll. Nah, di bawah ini, Anda bisa simak macam-macam tangki solar yang sering digunakan, antara lain:

Fixed Roof Tank

Fungsi dari fixed roof tank adalah untuk menyimpan semua jenis produk seperti crude oil, gasoline, benzene, fuel, termasuk produk atau bahan baku yang bersifat korosif dan mudah terbakar. Tangki ini ekonomis bila digunakan hingga volume 2000 m3. Tangki fixed roof ini dibagi menjadi tiga jenis lagi yaitu:

Cone Roof Tank

tangki cone roof tank
Sumber: pipingengineer.org

Jenis tangki ini adalah paling umum di antara semua tangki silinder dan memiliki atap kerucut yang tetap dengan atau tanpa struktur atap.

Dome Roof Tank

tangki dome roof tank
Sumber: winteco.id

Tangki ini memiliki bentuk struktur atap memiliki sphere. Dome tank  dikategorikan menjadi dua tipe yaitu tipe compression ring dan tipe knuckle ring pada umumnya.

Umbrella Roof Tank

tangki Umbrella Roof Tank
Sumber: atecsteel.com

Tangki umbrella kegunaannya sama saja dengan fixed cone roof. Bedanya ada di bentuk tutup nya melengkung dengan titik pusat meredian di puncak tangki.

Floating Roof Tank

Fungsi floating roof tank adalah untuk menyimpan minyak mentah dan premium. Keuntungan dari tangki ini adanya vapour space dan mengurangi kehilangan akibat penguapan. Tangki ini dibagi menjadi dua jenis, Antara lain:

External Floating Roof

tangki External Floating Roof
Sumber: worldbridge.co.kr

Tangki penyimpanan yang biasa digunakan untuk menyimpan produk minyak bumi dalam jumlah besar seperti minyak mentah atau kondensat.

Internal Floating Roof

tangki Internal Floating Roof
Sumber: mtrth.com

Tangki ini digunakan untuk menyimpan cairan dengan tekanan uap sedang dalam kondisi atmosfer normal.

Baca Juga: Fungsi dan Kelebihan Sand Filter dalam Pengolahan Air

Kapasitas dan Harga Tangki Solar

Ternyata kapasitas dan harga tangki solar banyak macam nya mulai dari 5000 Liter sampai 10000 Liter. Berikut ada beberapa  contoh kapasitas, ketebalan, dan harga tangki solar:

  1. Tangki solar 5000 Liter 4mm Rp35.000.000
  2. Tangki solar 8000 Liter 3mm Rp46.000.000
  3. Tangki solar 8000 Liter 4mm Rp54.000.000
  4. Tangki solar 10000 Liter 3mm Rp58.000.000
  5. Tangki solar 10000 Liter 4mm Rp64.000.000

Itulah informasi mengenai tangki solar. Jadi jika Anda ingin membeli tangki solar Anda harus membaca dengan teliti poin poin di atas. Tentunya supaya Anda dapat memilih tangki solar jenis yang terbaik dan tidak di tipu oleh penjual yang abal-abal, dan pastikan jangan sampai salah dalam memilih tangki solar.

PT. Gema Teknindo Perkasa merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai jenis tangki penyimpanan. Selain tangki solar, Anda bisa mencari tangki pressure, tangki filter, storage tank, diesel hydrant pump, hingga diesel fire pump dan electric fire pump. Dengan komitmen mereka menyediakan produk-produk yang berkualitas serta melakukan inovasi yang berkelanjutan, Anda bisa memercayakan kebutuhan tangki untuk bisnis Anda di PT. Gema Teknindo Perkasa.

Penulis: Muhammad Nabil Musyary

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Enable Notifications OK No thanks