Indonetwork, Peralatan Industri Kata enamel mungkin belum familiar bagi sebagain besar orang. Namun bagi orang industri kata enamel cukup sering terdengar. Nah, bagi Anda yang ingin tahu enamel atau mencari peralatan tangki enamel dan di mana jual tangki enamel. Simak artikel ini sampai selesai.

Di bidang industri, terutama untuk bidang pembangkitan energi dan pengolahan air akan kita jumpai tangki-tangki baja berukuran raksasa. Tangki-tangki tersebut tentunya bukan tangki baja biasa, lebih dari itu tangki tersebut terbuat dari bahan serta lapisan yang berguna untuk menghindari perusakan yang diakibatkan oleh perubahan reaksi kimia. Salah satu lapisan yang berguna untuk mencegah korosi adalah lapisan enamel.

Apa Itu Lapisan Enamel?

Lapisan enamel pada umunya juga dikenal dengan istilah lapisan dekoratif atau pelindung pada logam dan keramik. Adapun proses pembuatannya yakni dengan cara meleburkan campuran bahan anorganik pada suhu yang cukup tinggi.

Enamel sendiri sebenarnya telah digunakan sejak awal abad 13 SM. Penggunaannya waktu itu adalah untuk melapisi cincin emas. Dari situ kemudian lapisan enamel mulai banyak digunakan untuk berbagai macam hal.

Awal indistri enamel dimulai pada abad ke 18 di jerman, inggris, dan swedia, di mana enamel digunakan sebagai alat untuk melindungi logam dari korosi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian turut mengembangkan pemanfaatan enamel. Persyaratan untuk perlindungan berbagai logam, terutama baja yang tahan dengan korosi dan oksidasi terus meningkat. Namun perlindungan dari korosi adalah salah satu fungsi dari lapisan enamel. Adapaun enamel dalam beberapa peralatan logam umumnya digunakan untuk meningkatkan kualitas permukaan dan untuk membantu material baru.

Baca Juga: DAFTAR MERK DAN DISTRIBUTOR CAT BESI BERKUALITAS DAN MURAH

Jenis Enamel

Terdapat dua jenis enamel yang sering digunakan untuk peralatan kerja manusia

1. Enamel yang Dicat

Enamel yang dicat merupakan jenis enamel sederhana dalam bentuk cat berbasis pelarut yang biasanya disemprotkan ke objek logam. Enamel tersebut kemudian akan menjadi seperti lapisan cangkang yang keras. Penggunaan jenis enamel ini pada umumnya digunakan pada tahap finishing pada objek. Contoh penggunaannya adalah pada bathub.

2. Enamel Porselen

Enamel porselen atau yang juga disebut enamel vitreous merupakan lapisan kaca tipis yang menyatu pada objek benda logam yang direkatkan pada suhu tinggi. Selain berfungsi untuk mempercantik objek benda, enamel tersebut juga membantu memperkuat permukaan objek yang dapat meminimalkan goresan dan karat.

Proses Pembuatan Enamel

Enamel diproduksi dengan cara menggabungkan mineral dan oksida logam pilihan pada suhu yang tinggi. Selain itu, komponen terpenting dari enamel adalah siliki, oksida pembentuk kaca yang memberikan ketahanan kimiawi yang tinggi, kekuatan mekanik dan sifat termal dari enamel.

Semakin banyak silika yang terkandung dalam komposisi tersebut, semakin tinggi kualitas enamel tersebut. dengan kandungan siliki yang tinggi, viskositas enamel meningkat secara signifikan, oleh karena itu kalium oksida dimasukkan ke dalam komposisi awal yang mengurangi viskositas dan kecenderungan komposisi untuk mengkristal, meningkatkan kemampuan mengalir, meningkatkan kilap dan memurnikan enamel.

Enamel dileburkan dengan objek atau benda tertentu pada suhu yang tinggi. Setelah didinginkan, akan membentuk permukaan seperti kaca yang kemudian akan ditumbuk menjadi potongan-potongan halus yang dikenal sebagai frits. Frits inilah yang kemudian akan diaplikasikan pada permukaan logam atau objek yang akan dilapisi. Proses pelapisan tersebut dengan cara dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi sekitar antara 1100 o hingga 1600 o F atau sekitar 593,3 o  hingga 871,1 o C untuk dapat meleleh.

Proses pelehan dan pelapisan ini juga dikenal dengan sebagai fritting, yang akan membantu fits menciptakan lapisan yang kuat dan tidak dapat dipisahkan dengan permukaan objek atau logam.

Kelebihan Lapisan Enamel

Jual Tangki Enamel
Sumber: Indiamart.com

Enamel merupakan material yang bisa dikatakan mutakhir. Pada perkembangannya tersebut, lapisan enamel juga digunakan dalam peralatan rumah tangga. Terutama untuk penggorengan, enamel membuat permukaan penggorengan menjadi lebih kuat, anti lengket dan juga terlihat lebih cantik.

Adapaun kelebihan enamel pada umunya adalah sebagai berikut

  • Benda atau objek yang berbahan enamel lebih tahan lama dan lebih kuat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu sering membeli benda yang Anda butuhkan
  • Selain itu, objek atau benda yang dilapisi dengan enamel akan sangat mudah dibersihkan. Sebagai contohnya wajan yang berbahan enamel akan sangat mudah dilap hanya dengan spon.
  • Benda yang dilapisi dengan enamel akan kuat terhadap goresan alias anti gores

Baca Juga: CARA MENGECAT STAINLESS STEEL DENGAN MUDAH & CEPAT

Tangki Enamel

Kita telah mengetahui bagaimana lapisan enamel yang berkualitas tinggi dapat tahan terhadap suhu tinggi dan pada saat yang sama menawarkan perlindungan. Lapisan enamel yang berguna sebagai pelindung tersebut pada perkembangannya juga digunakan sebagai lapisan tangki. Ketahanan dari enamel yang cukup bagus terhadap suhu tinggi dan tahan lama merupakan alasannya. Lapisan enamel pada tangki terkadang juga digunakan untuk pelindung pada tangki bagian dalam. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kerusakan dan karat yang diakibatkan oleh reaksi kimia.  Oleh karena itu, penggunaan lapisan enamel pada tangki menjadi sesuatu yang sangat berguna.

Selain itu pada tangki penyimpanan air panas, lapisan enamel sangat bergunan untuk menghindari terjadinya korosi baja. Enamel juga melindungi kontak bahan industri dengan metal yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan warna dan rasa.

Untuk contohnya adalah terjadinya blackening yang diakibatkan oleh reaksi antara besi atau timah dengan sulfide pada pahan dasar pengolahan industri. Enamel pada tangki pada umumnya berupa bahan non metal yaitu seperti polibutadiena, epoxy, fenolik, epon, oleoresin dan vinil.

Nah, Setelah Anda memahami enamel dan kegunaannya terutama untuk tangki enamel, maka penting untuk Anda menemukan tangki enamel dengan kualitas yang baik. PT Tohoma Mandiri merupakan penyedia dan distributor utama tangki enamel di seluruh Indonesia untuk bidang pembaangkit dan energi, pengolahan air minum dan air bersih, pengolahan air limbah, dan pengumpulan air untuk industri. Selain itu, ada berbagai penawaran menarik yang akan Anda dapatkan.

Author

Enable Notifications OK No thanks